Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
eproduk
katam
juknis pengendalian ulat bulu
bank ilmu padi
jambi dlm angka
pustakadigital
epetani
Sinartani

Forum Litbang/Katalog Online

Kalender Kegiatan 2014

Pengunjung online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini109
mod_vvisit_counterKemarin231
mod_vvisit_counterMinggu ini1084
mod_vvisit_counterBulan ini6469
mod_vvisit_counterAll182443
Berita Terkini
Mahasiswa UNJA Berburu Bibit ke KBI BPTP Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Endang S   
Jumat, 31 Mei 2013 00:00

Kemarin sore, 30/05/13 beberapa orang mahasiswa Universitas Negeri Jamb (UNJA) yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata, mendatangi Kebun Bibit Inti (KBI) BPTP Jambi untuk memperoleh 300 bibit sayuran (Cabe merah, cabe rawit, terong, selada, kailan dan pakcoy) yang rencananya akan dibagi-bagikan ke rumah-rumah warga, tepatnya di Desa Pulau Kayu Aro, Kecamatan Sakernan, Kabupaten Muaro Jambi ditempat lokasi KKN mereka ditugaskan. Sembari memilih bibit yang dibutuhkan, merekapun berkesempatan belajar bagaimana cara teknis pemindahan bibit ke media yang lebih besar dan pemeliharaan selanjutnya. Program dibidang pertanian yang mereka laksanakan di desa tersebut adalah pemanfaatan pekarangan, pemanfaatan kotoran sapi menjadi pupuk dalam mendukung sistem tanam jajar legowo. KKN mahasiswa di desa tersebut sudah dimulai dari 20 April 2013. Kedatangan mahasiswa UNJA dan kedatangan beberapa kelompok tani sebelumnya membuktikan bahwa KBI benar-benar dibutuhkan keberadaannya dalam mensuplai bibit dan menjadi ajang pelatihan budidaya sayuran.

LAST_UPDATED2
 
Pak Lurah Siap Kader Warga Kembangkan KRPL di Kabupaten Tanjung Jabung Barat PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Endang S   
Kamis, 30 Mei 2013 00:00

Pak Lurah di Kelurahan Patunas Kecamatan Tungkal Ilir mendukung sepenuhnya kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di kelurahan tersebut. Beliaupun telah kerahkan warganya untuk membangun Kebun Bibit Inti (KBD) usai sosialisasi dan penyerahan secara simbolis bahan-bahan KBD kemarin, 29 Mei 2013. Beliau juga mengundang TV lokal (Tungkal TV) untuk meliput kegiatan sosialisasi dan pembangunan KBD, dan langsung disiarkan pada hari yang sama. Dilanjutkan dengan memberikan pelatihan kepada anggota KWT cara menyemai, langsung dipandu oleh tim peneliti BPTP Jambi. Selanjutnya sosialisasi KRPL dilaksanakan di Desa Semau Kecamatan Bram Itam, kemudian dilanjutkan dengan pembangunan KBD. Saat sosilisasi dikedua desa tersebut, hadir Kepala BP3K Kecamatan Tungkal Ilir dan Kecamatan Bram Itam, Pak lurah, Pak RT, anggota KWT Kelurahan Patunas (Tunas Harapan) dan KWT Desa Semau (Usaha Tani Bersatu), turut serta para penyuluh lapang dan para suami ibu-ibu anggota KWT yang terlibat di kegiatan KRPL di kedua desa tersebut. Diharapkan kerjasama kelompok dan dukungan para perangkat desa/kelurahan menjadi modal awal demi keberlanjutan kegiatan KRPL di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

LAST_UPDATED2
 
KWT Gajah Mada Kunjungi KBI BPTP Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Rima P.   
Rabu, 29 Mei 2013 15:40

Kelompok Wanita Tani Gajah Mada merupakan salah satu KWT M-KRPL yang menjadi binaan BPTP Jambi di Kelurahan Jelutung Kecamatan Jelutung Kota Jambi.  Pada hari Rabu 29 Mei 2013, anggota KWT Gajah Mada berkunjung ke Kebun Bibit Inti (KBI) BPTP Jambi.  Tujuan kunjungan ini adalah untuk memberi pandangan mengenai kebun bibit desa  (KBD) serta melihat secara langsung proses-proses pembibitan tanaman sayuran yang nantinya akan diaplikasikan di Kebun Bibit Desanya, diantaranya tanaman cabai, tomat dan sawi.

Para anggota KWT Gajah Mada yang berjumlah 30 orang ini mendapat penjelasan dari Ibu Widya Sari Murni, SP mengenai proses pembibitan di KBI ini.  Beberapa anggota KWT juga mendapatkan kesempatan untuk praktek langsung tahapan pembibitan, yaitu pembibitan tanaman tomat.  Semua anggota KWT antusias mengikuti praktek dan kunjungan ke KBI ini dan diharapkan kunjungan ini dapat memotivasi para anggota KWT tersebut untuk lebih memanfaatkan kebun bibitnya dan secara berkelanjutan mengelola dengan bertahap memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat sekitar.

LAST_UPDATED2
 
Percepatan, Perluasan Dan Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Melalui Kerjasama Dengan TNI-AD PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Defira Suci Gusfarina., SP   
Minggu, 26 Mei 2013 15:00

Salah satu misi dari Balai pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) adalah mengembangkan jejaring kerjasama nasional dan internasional dalam rangka peningkatan kapasitas pengkajian, pendayagunaan hasil pengkajian dan pengembangan inovasi pertanian.  Badan Litbang Pertanian mengembangkan jejaring kerjasama dengan stakeholders tahun 2013 ini ,salah satunya adalah dengan TNI-Angkatan Darat yang dimulai dari nota kesepahaman No.03/MoU/PP.310/ M/4/2012 dan No.NK/9/IV/2012, ditandatangani Menteri Pertanian dan Panglima Angkatan Darat pada tgl 13 April 2012. Kemudian Nota kesepahaman ini diturunkan dalam Kesepakatan Kerjasama antara Badan Litbang Pertanian dengan TNI-AD (KKS No.1160/HM.240/I/11/2012 dan No. Kerma/10/XII/2012 tanggal 13 November 2012). Bertitik tolak dari perlunya kerjasama dengan mitra dalam mengembangkan KRPL, maka peran BPTP Jambi pada tahun 2013 adalah melakukan pengembangan M-KRPL bekerjasama dengan Salimah dan TNI-AD.

Sosialisasi Percepatan, Perluasan dan Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dilaksanakan pada Selasa, 21 Mei 2013 melalui kerja sama dengan mitra TNI-AD di Desa Paku Aji Kecamatan Bathin XXIV, Kabupaten Batang Hari. Pemilihan Desa Paku Aji sebagai tempat pengembangan KRPL disinergikan dengan Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-90 di Provinsi Jambi bertempat di Kabupaten Batanghari tepatnya di Kecamatan Bathin XXIV.  Puncak acara direncanakan pada tanggal 3 Juni 2013. Kegiatan TMMD diantaranya adalah pembuatan jalan desa, pembangunan rumah ibadah, bedah rumah dan pengembangan KRPL.  Hadir dalam sosialisasi Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Bathin XXIV, Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP), Dinas Pertanian, TNI-AD, PPL seKecamatan Bathin XXIV dan Masyarakat Desa Paku Aji. Dalam sambutannya Ketua Tim Penggerak PKK menyampaikan harapannya kepada masyarakat Desa Paku Aji, agar kegiatan KRPL ini bukan hanya sebatas karena ada acara saja, tetapi dijadikan kebiasaan dan jika ada permasalahan bisa menghubungi PPL setempat.

Lebih lanjut, ketua Tim Penggerak PKK juga menyampaikan terima kasih kepada BPTP Jambi dan TNI-AD yang telah memberi sumbangsih untuk Kecamatan Bathin XXIV umumnya dan khususnya Desa Paku Aji.  Bertindak sebagai narasumber dari BPTP Jambi adalah Syafri Edi, SP, yang juga menyerahkan secara simbolis Pedoman Umum Kegiatan dan beberapa leaflet cara penanaman sayuran dalam pot kepada Ketua Tim Penggerak PKK Bathin 24 dan Kepala BP3K Bathin XXIV. Untuk  menjaga keberlanjutan KRPL di Desa Paku Aji 3 hari sebelum sosialisasi telah dibangun Kebun Bibit Desa (KBD) dengan ukuran 4 x 8 m dan telah disemai bibit berbagai macam sayuran buah, sayuran daun dan buah.

LAST_UPDATED2
 
KRPL di Desa Sungai Arang dan Danau Buluh, Bungo PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Endang S   
Jumat, 24 Mei 2013 00:00

Desa Sungai Arang Kecamatan Bungo Dani dan Desa Danau Buluh Kecamatan Pasar Muaro Bungo di Kabupaten Bungo adalah lokasi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) kedua dan ketiga setelah Desa Teluk Pandak Kecamatan Tanah Sepenggal. Mengawali kegiatan tersebut, maka dilaksanakanlah sosialisasi KRPL di Desa Sungai Arang (21 Mei 2013) dan sehari berikutnya dilaksanakan di Desa Danau Buluh (22 Mei 2013). Turut hadir Kepala BP3K  Bungo Dani dan Pasar Muaro Bungo, para PPL, seluruh anggota KWT Legenda dan  KWT Hijau Lestari. Dalam sosialisasi disampaikan secara luas tentang pemanfaatan pekarangan dengan tanaman pangan, hortikultura dan ternak serta menampilkan gambar-gambar KRPL yang sudah dilaksanakan BPTP di lokasi-lokasi yang tersebar di delapan kabupaten pada tahun 2012. Antusias Ibu-ibu terlihat saat diskusi  berlangsung, membahas masalah bahan-bahan dan cara teknis pelaksanaannya, mulai dari penyemaian, pemindahan bibit dan pemeliharaan. Setelah sosialisasi, dilanjutkan dengan kegiatan membangun KBD didua desa tersebut. Karena kedua lokasi dekat dengan kota, diharapkan tidak ada kendala dalam pemasaran hasil panen dan kebetulan beberapa angota KWT merupakan pedagang sayur di pasar.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com