Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
epetani
Sinartani
eproduk
katam
juknis pengendalian ulat bulu
bank ilmu padi
jambi dlm angka
pustakadigital

Forum Litbang/Katalog Online

Kalender Kegiatan 2014

Pengunjung online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini162
mod_vvisit_counterKemarin243
mod_vvisit_counterMinggu ini1244
mod_vvisit_counterBulan ini5151
mod_vvisit_counterAll181125
Berita Terkini
Kunker Ka. BBP2TP ke BPTP Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Ir. Linda Yanti, M.Si   
Rabu, 15 Mei 2013 06:55

Pada Kunjungan Kerja Ka.BB Pengkajian yang di dampingi oleh Kabag TU BB untuk pertama kalinya ke BPTP Jambi diawali  mengunjungi rencana lokasi Kebun Percobaan (KP) BPTP Jambi yang berlokasi di Desa Sungai Gelam, Kab. Muaro Jambi, kemarin 14 Mei 2013. Menurut beliau lokasi yang cukup bagus untuk menjadi Kebun Percobaan yang nantinya dapat dijadikan sebagai agro-inovasi, agro edukasi dan sebagai agro-wisata yang juga sangat diharapkan oleh Pemda Prov. Jambi.  Ka.BB Pengkajian juga sempat bertemu dengan Bapak Assisten 2 Prov. Jambi Ir. H. Havis Husaini. MM., beliau menyampaikan terima kasih Badan Litbang Pertanian kepada Pemda yang akan menghibahkan lahan seluas 25 ha yang akan dijadikan KP BPTP Jambi. Bapak Asisten 2 juga menyampaikan terima kasihnya kepada Badan Litbang Pertanian yang sudah banyak membantu Pemda Prov. Jambi melalui berbagai kegiatan yang dilakasanakan oleh Badan Litbang di Prov.  Jambi.

Ka. BB Pengkajian juga sempat melihat Kebun Bibit Inti BPTP Jambi, sambil berkelakar beliau mengatakan bahwa untuk memulai suatu hal yang baru kadang bersifat “Terpadu” yaitu terpaksa pakai duit dulu, namun kalau setelah jadi akan menjadi  “serdadu” yaitu serba datang duit, inilah KBI yang sudah berhasil sebagai sumber bibit, begitu  ungkapan yang menggelitik dari Bapak Kepala Balai Besar Pengkajian Dr. Agung Hendriadi saat meninjau Kebun Bibit Inti (KBI) BPTP Jambi. Beliau memberikan pujian terhadap apa yang sudah dilakukan oleh BPTP Jambi untuk membangun KBI. Hal ini diungkapkan beliau terkait pengelolaan KBI agar dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk mensuplai bibit untuk stakeholder lingkup Provinsi Jambi.  Acara kunjungan beliau diakhiri dengan acara sambung rasa dengan staf BPTP Jambi dalam suasana yang cukup santai.   Suksess pak  Ka. BB Pengkajian.

LAST_UPDATED2
 
Tiga UPT Kementerian Pertanian di Provinsi Jambi Lakukan Sumpah PNS PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Endang Susilawati   
Sabtu, 04 Mei 2013 16:03


Sumpah PNS merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan bagi setiap PNS. Diatur dalam Peraturan Pemerintah RI No. 21 Tahun 1975 dan Peraturan Pemerintah RI No. 53 Tahun 2010 Bab II pasal 3, yaitu sumpah/janji PNS dan sumpah/janji pejabat. Sumpah pun dilakukan oleh Kepala Biro Organisasi Kepegawaian Kementerian Pertanian kepada 24 PNS yang belum melakukan sumpah PNS yang merupakan gabungan dari 3 Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Kementerian Pertanian di Provinsi Jambi yaitu Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi dan Balai Karantina Pertanian Jambi yang dilaksanakan di Aula Agro Inovasi Kantor BPTP Jambi, Jum’at 3 Mei 2013.

Karena bertepatan dengan hari Jum’at, sebelum pelaksanaan sumpah pegawai, diadakan penyegaran jasmani melalui senam bersama yang dilaksanakan setiap bulan bergantian di UPT Lingkup Kementerian Pertanian. Dalam rangka menjalin silaturahmi antar ketiga UPT lingkup Kementerian Pertanian di Provinsi Jambi  juga dilaksanakan pertemuan Dharma Wanita Persatuan secara bergantian dilakukan setiap 3 bulan sekali.

Pengambilan sumpah janji pegawai dilakukan oleh Kepala Biro Organisasi Kepegawaian, didampingi Kepala Bagian Kepegawaian Badan Litbang Pertanian, Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, Kepala BPTP Jambi, Kepala Bapeltan Jambi dan Kepala Balai Karantina Pertanian Jambi serta disaksikan seluruh staf ketiga UPT lingkup Kementerian Pertanian di Provinsi Jambi.

Kepala Biro Organisasi Kepegawaian Kementerian Pertanian RI, dalam arahannya dalam rangka  pembinaan mental pegawai, mengingatkan kembali peningkatan kinerja pegawai kementerian pertanian sesuai tugas dan jabatan. Tahun 2013 akan dilaksanakan evaluasi penerimaan tunjangan kinerja (Tukin) yang akan disesuai dengan tugas dan jabatan yang diemban setiap PNS lingkup Kementerian Pertanian. Sebagai tolak ukur Tukin setiap pegawai berkewajiban melaporkan semua kegiatan atau tugas kedinasan dalam bentuk buku laporan harian/log book, selain itu kedisiplinan kehadiran harus berdasarkan jam kerja 07.30 sampai 16.00 menggunakan alat perekam kehadiran seperti finger print. Wacana dibulan Juli 2013 akan dilakukan redistribusi pegawai pegawai dimana semua pegawai sudah harus menduduki jabatan fungsional umum lingkup Kementerian Pertanian.

Kepala Bagian Kepegawaian Badan Litbang Pertanian pada penutupan acara menyampaikan pesan dari Kepala Badan Litbang Pertanian untuk fokus pada tujuh aspek manajemen yaitu manajemen program, anggaran/keuangan, sumber daya manusia, sarana prasana, mindset, waktu, serta manajemen konflik. Pimpinan Unit Kerja agar bisa menciptakan agar tidak ada konflik atau meminimalkan konflikyang terjadi.

LAST_UPDATED2
 
Wamentan dan Gubernur Jambi berkunjung ke Laboratorium Lapang Kegiatan Pendampingan PSDSK PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sari Yanti Hayanti   
Senin, 29 April 2013 00:00


Hari Minggu (28 April 2013) menjadi moment penting bagi peternak di Desa Purwodadi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, karena menjadi lokasi pencanangan Gerakan Serentak IB (Gertak IB) se Provinsi Jambi. Pencanangan dilakukan oleh Wamentan Dr. Rusman Heriawan dan dihadiri oleh Gubernur Jambi, Dirjend Peternakan dan Kesehatan Hewan, Sekda Provinsi Jambi, Bupati Tanjung Jabung Barat dan beberapa pejabat dijajaran Kementan dan pemerintah daerah. Pencapaian tingkat kebuntingan sapi potong sebelumnya masih sekitar 50-60%, sedangkan tahun ini akan ditargetkan mencapai 70%.

Wamentan dalam sambutannya menyatakan bahwa “Dengan semua potensi yang dimiliki dan dengan perhitungan yang tepat serta disiplin dalam menjalankan program, Jambi pasti bisa menjadi provinsi sejuta ekor sapi”. Beliau juga menyampaikan bahwa di Jambi akan dibangun Balai Inseminasi Buatan sehingga kebutuhan semen di Jambi dan sekitarnya tidak perlu lagi didatangkan dari Jawa. Akan dibangun juga RPH yang berkualitas sehingga sapi-sapi potong yang selama ini hanya melewati Jambi untuk dipotong di Batam dan diekspor ke Singapura, selanjutnya bisa di potong di Provinsi Jambi. Harapan yang lebih menggembirakan khususnya bagi BPTP Jambi adalah kesepakatan Wamentan dengan Gubernur Jambi untuk menyediakan lahan seluas 25 Ha bagi keperluan Kebun Percobaan BPTP Jambi yang nantinya akan dirancang menjadi Kawasan Agrowisata dan Agroinovasi.

Dalam rangkaian acara tersebut rombongan berkesempatan meninjau lokasi kandang Kelompok Peternak Sumber Rezeki yang menjadi Laboratorium Lapang kegiatan Pendampingan PSDSK BPTP Jambi. Kelompok tani beranggotakan 20 orang dan memiliki 106 ekor sapi potong. Usaha pemeliharaan sapi potong yang dijalankan selain berupa pembibitan juga melakukan penggemukan. Sumber pakan selalu tersedia sepanjang tahun diareal perkebunan sawit milik perusahaan ataupun masyarakat sekitar, berupa hijauan tanaman sela dan pelepah/daun sawit. Wamentan berpesan kepada peternak bahwa untuk meningkatkann populasi ternak salah satu caranya adalah dengan tidak memotong betina produktif. Peternak juga diharapkan agar memanfaatkan sebaik mungkin feses dan urin sapi sehingga memiliki nilai ekon omi yang lebih tinggi.

LAST_UPDATED2
 
BPTP Jambi di Jamsinas dan Jambi Expo 2013 PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Endang Susilawati   
Senin, 29 April 2013 00:00

24 – 28 April 2013, di halaman Gedung Olah Raga Kotabaru Jambi, ramai dipenuhi masyarakat yang sedang mengunjungi stand pameran dan pedagang pada acara tahunan yaitu Jambi Expo 2013 mendukung kegiatan Ajang Jambore siaran Nasional (Jamsinas) ke-3 di Jambi.

BPTP Jambi dalam mendiseminasikan hasil-hasil inovasi teknologi pertanian menampilkan produk hasil pengkajian dan produk petani hasil binaan BPTP Jambi. Stand BPTP Jambi bertemakan 4 Program Strategis Kementerian Pertanian 2010-2014, kali ini menampilkan hasil publikasi terbaru berupa brosur dan leaflet-leaflet inovasi teknologi pertanian, kompos dan pupuk organik, olahan pangan lokal mendukung program diversifikasi pangan lokal serta kerajinan tangan berbahan baku limbah kemasan produk rumah tangga. BPTP Jambi pun membawa 5 orang petani hasil binaan yang tergolong berhasil dalam usahataninya untuk menghadiri sarasehan dalam acara Jamsinas di areal Candi Muara Takus di Kabupaten Muaro Jambi.

Jamsinas telah terlaksana dengan lancar dan dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) H.R Agung Laksono pada Kamis, 25 April 2013 di Lapangan Kantor Gubernur Jambi. Kegiatan Jamsinas dan Jambi Expo 2013 membawa dampak positif baik bagi Pemerintah Provinsi Jambi maupun stake holder terkait. Karena melalui Jamsinas, tidak semata-mata urusan siaran saja tapi juga ada kegiatan lain seperti seni budaya, penghijauan, seminar nasional tentang pemberdayaan masyarakat, serta pameran expo hasil pertumbuhan ekonomi.

Sementara Menteri Koperasi (Menkop), DR Syarifuddin Hasan MM MBA membuka Jambi Expo 2013, di GOR Kotabaru, Kota Jambi, Jum'at, 26 April 2013 sekaligus meluncurkan produk-produk unggulan Provinsi Jambi. Turut hadir Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA), anggota BPK RI DR Rizal Djalil dan Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj Yusniana Hasan Basri. Menkop memuji meningkatnya ekonomi rakyat dan turunnya angka pengangguran di Provinsi Jambi berkat kinerja Pemprov Jambi melaksanakan berbagai program yang menyentuh langsung ke masyarakat. Ia optimis program yang dicanangkan pemerintah berjalan baik. Pertumbuhan ekonomi Jambi rata rata di atas tujuh persen.

LAST_UPDATED2
 
Sosialisasi Kegiatan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) di Kota Sungai Penuh PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Desy Nofriati   
Rabu, 24 April 2013 00:00

BPTP Jambi melaksanakan kegiatan M-KRPL di dua desa di setiap Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kota Sungai Penuh dimulai dari Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP), Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan, Dinas Peternakan dan Perikanan, tingkat kecamatan (BP3K Kecamatan Sungai Bengkal dan Pondok Tinggi, Camat Kecamatan Sungai Bengkal dan Pondok Tinggi), tingkat desa (Kepala Desa, Pelayang Raya Kecamatan Sungai Bengkal dan Karya Bhakti Kecamatan Pondok Tinggi). Hasilkoordinasi  menetapkan Desa Pelayang Raya Kecamatan Sungai Bengkal dan Desa Karya Bhakti Kecamatan Pondok Tinggi sebagai tempat pelaksanaan kegiatan M-KRPL BPTP Jambi tahun 2013.

Dalam rangka memantapkan kegiatan M-KRPL, diselenggarakan Sosialisasi padahari Rabu, 24 April 2013 bertempat di Musholla Nurul Huda Desa Karya Bakti Kecamatan Pondok Tinggi. Sebagai bentuk apresiasi dan antusiasme yang tinggi dari pemerintah Kota Sungai Penuh, acara ini dihadiri oleh BP2KP Kota Sungai Penuh, Kepala BP3K Kecamatan Sungai Bengkal dan Pondok Tinnggi, Camat Kecamatan Pondok Tinggi dan Camat Kecamatan Sungai Bengkal,  Kepala Desa Pelayang Raya dan Karya Bhakti, Tokoh adat setempat, Tim Penggerak PKK tingkat Kecamatan dan Desa Pelayang Raya, Karya Bakti.  Dan dihadiri oleh masyarakat peserta kegiatan M-KRPL  dari dua Desa lokasi M-KRPL yang berjumlah 50 orang serta Penyuluh Lapang dari dua kecamatan. Sebagai penyelenggara, BPTP Jambi diwakili oleh Koordinator Wilayah Kota Sungai Penuh sekaligus sebagai Penanggung jawab kegiatan M-KRPL dan anggota Tim M-KRPL Kota Sungai Penuh.

Dalam arahannya, Camat Kecamatan Pondok Tinggi Bapak Haidir menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPTP Jambi atas dipilihnya kedua desa tersebut sebagai tempat pelaksanaan kegiatan M-KRPL BPTP Jambi Tahun 2013. Beliau sangat antusias dan memberikan dukungan sepenuhnya untuk kesuksesan kegiatan M-KRPL.Pihak BP2KP  yang diwakili oleh Bapak Marfendi juga turut memberikan dukungan penuh. Beliau menambahkan, pada tahun ini terdapat 8 desa penerima dana program P2KP pusat dan 16 desa penerima APBD dengan kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), dengan jumlah ini diharapkan program ketahanan pangan nasional atau daerah akan dapat diwujudkan yang berawal dari rumah tangga masing-masing anggota. Selanjutnya dikatakan kedatangan BPTP Jambi  di Kota Sungai Penuh dalam pelaksanaan kegiatan M-KRPL bagaikan gayung bersambut dengan harapan konsep pemanfaatan pekarangan di seluruh desa lingkup Kota Sungai Penuh dapat diaplikasikan.

Pada sosialisasi yang disampaikan oleh Syafri Edi,  selaku penanggung jawab kegiatan M-KRPL di Kota Sungai Penuh, menyampaikan bahwa semangat mengembangkan program ini adalah suatu keharusan bagi BPTP Jambi dalam melaksanakan  intruksi Presiden RI Bapak Susilo Bambang Yudoyono dan implementasi  empat sukses Kementerian Pertanian terkait program diversifikasi pangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pada kesempatan ini juga dijelaskan tahapan pelaksanaan kegiatan dan lembaga yang terkait dengan kegiatan M-KRPL.

Acara sosialisasi secara keseluruhan dapat terselenggara dengan baik, lancer dan sukses dan diakhiri dengan pembacaan doa serta ramah tamah. Besar harapan agar selama pelaksanaan kegiatan akan selalu mendapat dukungan dan partisipasi dari seluruh peserta M-KRPL dan Pemerintah Daerah Kota Sungai Penuh. Sebagai bukti keseriusan BPTP Jambi dalam melaksanakan kegiatan M-KRPL,melalui penanggung jawab kegiatan telah memberikan Panduan Kegiatan kepada Penyuluh Lapang lingkup BP3K kecamatan secara simbolis diterima oleh kedua Kepala BP3K dan selesainya pembangunan Kebun Bibit Desa (KBD) di dua lokasi kegiatan M-KRPL.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com