Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
eproduk
juknis pengendalian ulat bulu
bank ilmu padi
katam
jambi dlm angka
pustakadigital
epetani
Sinartani

Forum Litbang/Katalog Online

Kalender Kegiatan 2014

Pengunjung online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini14
mod_vvisit_counterKemarin276
mod_vvisit_counterMinggu ini1279
mod_vvisit_counterBulan ini6594
mod_vvisit_counterAll189116
Berita Terkini
Motivasi Kuat : M-KRPL “Desa Semau” Wakili Tanjung Jabung Barat Pada Lomba Tingkat Provinsi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Linda Yanti   
Rabu, 04 September 2013 00:00

Motivasi dan kerjasama yang kuat telah membuahkan hasil gemilang yang saat ini sedang dirasakan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Usaha Tani Bersatu Desa Semau. Hal tersebut diperoleh berkat kerja keras dan kegigihan dari Penyuluh pendamping dengan seorang anggota kelompok wanita tani “motivator” yang luar biasa yang berperan aktif di M-KRPL Desa Semau, Kecamatan Bram Itam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat.  Upaya membangun motivasi warga dalam mengoptimalkan pekarangan yang rata-rata berlahan sempit dengan berbagai macam tanaman sayuran telah berhasil membawa perubahan lingkungan di wilayah ini. Sehingga lokasi ini mewakili Kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk mengikuti lomba Pemanfaatan Lahan Pekarangan Tingkat Provinsi.

 

Kelompok Wanita Tani Usaha Tani Bersatu yang berangotakan 35 orang secara swadaya memfasilitasi penambahan polybag dan menyediakan media tanam untuk menanam sayuran. Desa Semau merupakan wilayah lahan gambut, dimana tanah yang layak untuk media tanam cukup sulit didapatkan. Oleh karena itu masyarakat sekitar memanfaatkan media tanam yang ada dilingkungan tersebut dan juga mendatangkan dari luar desa. Melihat hasil dari kegiatan ini, beberapa warga sekitar lokasi yang tidak terlibat pada kegiatan tersebut mulai mengadopsi pemanfaatan pekarangan sempit dengan berbagai teknik menanam sayuran seperti menggunakan potongan batang pinang, bambu dan lainnya sebagai tempat menanam. Masyarakat sekitar ini meminta kebutuhan bibit sayuran ke Kebun Bibit Desa yang ada di lokasi KRPL.

Pada saat Tim BPTP Jambi melaksanakan pendampingan kegiatan M-KRPL ke Desa Semau, sedang berlangsung pertemuan Sosialisasi kegiatan PKK Kecamatan Bram Itam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang dipimpin langsung oleh Tim Pembina PKK Kecamatan Bram Itam. Pada kesempatan ini BPTP ikut bergabung dalam pertemuan dan diminta untuk memberikan arahan terkait rencana pelaksanaan lomba. Adapun kategori lomba pemanfaatan lahan pekarangan meliputi ; HATINYA PKK (Halaman, Asri, Teratur, Indah, dan Nyaman), TOGA (Tanaman Obat Keluarga), LBS (lLingkungan Bersih Sehat), Acara ini dihadiri oleh Camat Kecamatan Bram Itam beserta Ibu sebagai ketua penggerak PKK kecamatan, Kepala Desa dan para pemuka masyarakat serta para warga desa di Desa Semau. Pada kesempatan ini terlihat bagaimana bersemangatnya ibu Camat sebagai Ketua pembinan PKK berusaha menggerakkan seluruh warga untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan dengan sungguh-sungguh. Tidak hanya sampai disitu, pada Senin, 2 September 2013 Semau dikunjungi Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten (Ibu Bupati) didampingi oleh seluruh SKPD Kabupaten Tanjung Jabung Barat meliputi Kepala Kantor Ketahanan Pangan, Kepala BP4K, Kepala Dinas Pertanian, Kepala PU dan Kepala Dinas Tata Kota yang turut terjun kelapangan melihat kesiapan lokasi dan memfasilitasi segala sesuatu yang diperlukan. Sepertinya semua pihak memberikan dukungun agar Lokasi KRPL Desa Semau meraih sukses dalam lomba. Semoga dukungan ini juga berlanjut untuk kelestarian KRPL di wilayah tersebut. Untuk KWT Usaha Tani Bersatu teruslah maju dengan KRPL nya.

LAST_UPDATED2
 
Tebar Bibit Ikan di Kolam Visitor Plot BPTP Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sari Yanti Hayanti   
Selasa, 03 September 2013 00:00

BPTP Jambi memiliki satu kegiatan yang berperan  sebagai model percontohan hasil-hasilteknologi Badan Litbang Pertanian, yang dapat dikunjungi oleh masyarakat dan khususnya petani diProvinsi Jambi. Visitor Plot memiliki beberapa display diantaranya komoditas perkebunan,hortikultura, peternakan dan perikanan. Display komoditas perikanan yang ada di visitor plot berupa3 petak kolam ikan dengan ukuran masing2  ;  260  , 650 dan 550 m persegi, 650 m persegi.

Tepat pada tanggal 2 September 2013, Kepala BPTP Jambi beserta jajarannya melaksanakanacara tebar bibit ikan sebagai tanda telah dimulainya pelaksanaan kegiatan budidaya Ikan. Bibit ikanyang ditebar sebanyak 15.000 ekor yang terdiri dari bibit ikan Nila, Lele dan Patin. Penebaran bibitikan dimulai  oleh kepala BPTP Jambi dan dilanjutkan oleh Kasubbag TU, Kasie  KSPP, Ketua Kelji, PPK,Penanggungjawab kegiatan, perwakilan peneliti dan penyuluh. Dalam kesempatan tersebut KepalaBPTP Jambi menyampaikan pesan bahwa Visitor Plot memiliki peranan penting sebagai mediapercontohan dan juga pembelajaran baik itu bagi petani maupun bagi siswa magang. Di samping ituharapkan juga dari display budidaya ikan dapat menghasilkan nilai tambah berupa keuntungan darihasil panen yang dapat digunakan untuk biaya operasoonal visitor plot dan sebagai sumber PNBP

LAST_UPDATED2
 
Daun Beluntas Dapat Kurangi Bau Amis pada Daging Itik PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Endang, S   
Senin, 26 Agustus 2013 00:00

“Daun Beluntas dapat Kurangi Bau Amis pada Daging Itik” Itulah inti yang disampaikan pada Sosialisasi Peningkatan Kualitas Karkas Itik Kerinci pada tanggal 23 Agustus 2013 yang bertempat di Gedung Serba Guna Desa Koto Majidin Kecamatan Air Hangat. Acara ini diselenggarakan oleh Gapoktan Maju Karya yang diinisiasi oleh BPTP Jambi. Disampaikan juga materi teknik penyiapan karkas itik dan kesehatan ternak itik oleh Tim Peneliti Peternakan dari BPTP Jambi. Dihadiri tidak kurang dari 100 orang yang terdiri dari para ketua Gapoktan dan Poktan dari 4 Kecamatan (Kecamatan Air Hangat, Air Hangat Timur, Air Hangat Barat dan Depati VII) dan juga para pemuka masyarakat. Turut hadir Kabid Budidaya beserta staf Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kerinci dan Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Kerinci beserta staf.

Pemanfaatan tanaman beluntas belum begitu optimal, yaitu hanya sebagai tanaman pagar atau dibiarkan tumbuh liar yang bisa mencapai tinggi dua meter atau lebih. Tanaman Beluntas mempunyai banyak kegunaan baik sebagai tanaman pagar maupun tanaman obat dengan menggunakan seluruh bagian tanamannya baik dalam bentuk segar maupun kering. Selain itu beluntas juga dipercaya dapat menghilangkan bau badan. Beluntas mengandung asam amino (leusin, isoleusin, triptofan, treonin), alkaloid, flavonoida, minyak atsiri, asam chlorogenik, natrium, kalium, aluminium, kalsium, magnesium, fosfor, besi, vitamin A dan C. Kandungan senyawa flavonoid, vitamin C dan beta-karoten yang ketiganya mempunyai efek sebagai antioksidan dan juga sebagai fitofarmaka (bahan obat).

Di Provinsi Jambi, Kabupaten Kerinci merupakan sentra penghasil ternak itik untuk bibit maupun penghasil telur dengan pola pemeliharaan semi intensif yang hanya diumbar ke sawah setiap usai panen. Hanya saja masyarakat setempat pada umumnya tidak menyukai daging itik. Salah satu penyebab tidak disukainya daging itik adalah karena bau amisnya lebih tajam dari daging ayam. Oleh karenanya BPTP Jambi melakukan pengkajian mengurangi bau amis daging itik dengan pemberian antioksidan alami (tepung daun beluntas) dan dipadukan dengan penambahan Vitamin E. Telah dilakukan uji rasa (uji organoleptik) pada daging itik rebus tanpa bumbu oleh beberapa peserta acara sosialisasi tersebut. Dari hasil sementara uji organoleptik tersebut diketahui bahwa dengan pemberian tepung daun beluntas dan vitamin E terbukti dapat mengurangi bau amis pada daging itik. Dengan pengkajian ini diharapkan dapat meningkatkan animo masyarakat terhadap daging itik dan meningkatkan kemampuan masyarakat dalam hal pengelolaan daging itik yang lebih berkualitas.

LAST_UPDATED2
 
Kunjungan Kerja Menteri Pertanian Ke Desa Pudak, Muaro Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Linda Yanti   
Jumat, 26 Juli 2013 13:37

Sekalipun sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan, ternyata tidak menyurutkan semangat Menteri Pertanian, bapak Ir. H.Suswono,MMA untuk melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jambi pada hari Jum’at, Tanggal 26 Juli 2013. Salah satu agenda beliau dalam rangkaian Kunjungan Kerja tersebut adalah melakukan panen padi di Kasang Pudak Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro jambi. Wilayah ini merupakan “lumbung pangan” untuk kota Jambi dan wilayah sekitarnya.

Pada kunjungan ini Menteri Pertanian di dampingi juga oleh Kepala Pusat Penyuluh dan Pengembangn SDM Pertanian (Dr.Ir.Momon Rusmono, MS), Kepala Badan SDM Pertanian (a.i. bapak Prof.Dr.Ir.Achmad Suryana, MS). Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus,MM, Bupati Kabupaten Muaro Jambi,H.urhanuddin Mahir.SH ,SKPD lingkup Propinsi dan Kabupaten Muaro Jambi, Instansi vertikal Kementerian Pertanian yang ada di provinsi Jambi, penyuluh, peneliti BPTP dan petani. Disamping melakukan panen padi bersama Gubernur jambi dan Bupati, Menteri Pertanian juga berkenan melakukan temu wicara dengan penyuluh dan petani. Pada kesempatan ini, juga dserahkan sarana pasca panen padi, jagung, hand tracktor, bantuan untuk kawasan pengembangan ternak ruminansia dan unggas kepada beberapa kelompok tani.

Dalam pidato arahannya Menteri Pertanian menghimbau Kepala Daerah untuk serius menangani cetak sawah terutama keberlanjutan penggarapannya, dan beliau juga menegaskan pentingnya untuk melaksanakan program Gerakan Perempuan Optimalisasi Lahan dengan memanfatkan lahan pekarangan melalui penerapan konsep KRPL. Pada acara temu wicara yang dipandu oleh Bapak Bupati, Menteri Pertanian sangat merespon positif aspirasi dari penyuluh dan petani dalam menghadapi masalah peningkatan kapasitas penyuluh maupun petani serta  kesejahteraannya. Pada akhir acara beliau berpesan agar semua pihak menjalin kerja sama yang harmonis baik antara aparat pengambil kebijakan, peneliti, penyuluh dan petani dalam mewujudkan pertanian yang mandiri dan meningkatkan kesejahteraan petani di wilayah ini.

LAST_UPDATED2
 
Kepala BPPKP Kabupaten Batanghari Kunjungi M-KRPL Desa Lubuk Ruso, Batanghari PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Rima P.   
Jumat, 19 Juli 2013 00:00

Desa Lubuk Ruso Kecamatan Pemayung Batanghari merupakan salah satu lokasi kegiatan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) di Provinsi Jambi yang didampingi oleh BPTP Jambi.  Sampai saat ini tahap kegiatan yang telah dilaksanakan adalah koordinasi, sosialisasi serta penataan dan desain pekarangan.  Jumlah rumah tangga yang mendapat pendampingan teknologi dalam kegiatan ini sebanyak 25 rumah.   Anggota Kelompok Wanita Tani Anggrek yang merupakan KWT yang melaksanakan kegiatan M-KRPL ini sangat antusias dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan M-KRPL ini.  Hal ini terlihat dari cepatnya adopsi inovasi teknologi yang telah diberikan oleh BPTP Jambi untuk diterapkan di rumah mereka masing-masing.

Pada hari Selasa 16 Juli 2013, Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Batanghari berkenan mengunjungi lokasi M-KRPL di Desa Lubuk Ruso ini.  Beliau didampingi oleh Sekretaris Badan, Kepala Desa Lubuk Ruso, Kepala BP3K Kecamatan Pemayung dan petugas penyuluh pertanian.  Koordinator Wilayah Kabupaten Batanghari BPTP Jambi beserta penanggung jawab kegiatan di lokasi menyambut kunjungan Kepala BPPKP ini.  Dalam kesempatan ini, beliau menyarankan pada Kepala Desa agar RPL ini bukan hanya terbatas pada 25 rumah yang didampingi oleh BPTP Jambi saja, tetapi lebih meluas ke rumah-rumah lainnya sehingga tujuan kegiatan ini dapat tercapai.  Di lahan Kebun Bibit Desa, beliau juga melakukan panen perdana pakchoy didampingi oleh Kepala Desa Lubuk Ruso.

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com