Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustakadigital
epetani
Sinartani
eproduk
katam
juknis pengendalian ulat bulu
bank ilmu padi
jambi dlm angka

Forum Litbang/Katalog Online

Kalender Kegiatan 2014

Pengunjung online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini176
mod_vvisit_counterKemarin258
mod_vvisit_counterMinggu ini1654
mod_vvisit_counterBulan ini4890
mod_vvisit_counterAll187412
Berita Terkini
Konsolidasi Laporan Keuangan Kementerian Pertanian TA 2013 UAPPA/B-W di Provinsi Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Rima Purnamayani   
Jumat, 17 Januari 2014 00:00

Dalam rangka meningkatkan kualitas laporan keuangan Kementerian Pertanian tahun 2013 dari opini “Wajar Dengan Pengecualian (WDP) menjadi “Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)”, maka Kementerian Pertanian melaksanakan Konsolidasi Laporan Keuangan di seluruh Propinsi, salah satunya adalah di Provinsi Jambi.  Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari dari tanggal 17 Januari sampai 21 Januari 2014 di Hotel Novita Jambi yang diikuti oleh para operator SAK dan SIMAK BMN Satker lingkup Kementerian Pertanian Provinsi Jambi.  Acara ini mengusung tema “Menuju Laporan Keuangan Kementerian Pertanian Tahun 2013 dengan Kualitas Terbaik”

Pembukaan dilangsungkan pada hari Jumat 17 Januari 2014 oleh Asisten II Bidang Kesejahteraan Sosial Ir. H. Havis Husaini MM. Acara diawali dengan sambutan dari Kepala Sekretariat UAPPA/B-W Provinsi Jambi yang juga Kepala BPTP Jambi Ir. Endrizal, M.Sc, yang mengharapkan dengan adanya konsolidasi pembuatan laporan ini, Kementerian Pertanian dapat menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas mencapai WTP.  Selanjutnya penanggung jawab yang membidangi Pelaporan Keuangan dan Barang Eselon I Jambi, Ir. Hanny Hendari, MM (Kepala Bagian Keuangan dan Perlengkapan Dijen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementan) menargetkan hasil laporan wilayah harus selesai usai kondolidasi ini dilaksanakan. Dalam arahannya, Asisten II Provinsi Jambi membacakan Sambutan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, yang menghimbau agar semua pihak yang terlibat dalam pembuatan Laporan Keuangan Kementerian Pertanian Ini untuk menaruh perhatian yang lebih serius guna tercapainya kualitas laporan keuangan yang lebih baik.  Dalam kesempatan ini, Asisten II juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi karena sektor pertanian memberikan dukungan konkret atas kenaikan ekonomi di Provinsi Jambi.

Acara pembukaan ditutup dengan ramah tamah dan dilanjutkan dengan verifikasi bahan laporan keuangan dari masing-masing satker lingkup Kementerian Pertanian.

LAST_UPDATED2
 
Melalui BPTP Jambi Penerus Bangsa Mengenal Dunia Pertanian PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sari Yanti Hayanti   
Kamis, 16 Januari 2014 09:26

Tepat pada tanggal 16 Januari 2014, BPTP Jambi menerima kunjungan dari anak didik TK At Taufiq, Kota Jambi. Kunjungan ini dilaksanakan oleh 116 orang anak-anak, yang didampingi oleh 10 orang guru pendamping dan hampir  30 orang tua.  Anak-anak yang hadir berusia antara tiga sampai lima tahun. Anak-anak dengan usia tersebut sangat suka untuk dikenalkan pada hal-hal baru seperti dunia pertanian.

Kunjungan anak-anak Tk At Taufiq bertujuan untuk lebih dini mengenal dunia pertanian melalui percontohan-percontohan yang telah ada di BPTP Jambi. Pada kunjungan ini, anak-anak disambut langsung oleh Kepala BPTP Jambi. Dalam sambutan Kepala BPTP Jambi menyampaikan pesan kepada anak-anak untuk mau mengenal dunia pertanian seperti tanaman sayuran, buah-buahan, tanaman karet, tanaman jagung, ternak ayam dan kambing beserta ikan. Kepala BPTP Jambi juga berharap anak-anak mau menyampaikan apa yang dipelajari hari ini kepada orangtua masing-masing. Dalam sambutan Kepala BPTP Jambi menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah berinisiatif membawa anak-anak TK At Taufiq berkunjung ke BPTP Jambi.

Setelah sambutan dari kepala BPTP Jambi, acara selanjutnya anak-anak di bawa ke green house, ke display  tanaman palawija (jagung), display longyam dan tanaman sayuran yang ada dipekarangan BPTP Jambi. Di green house anak-anak dikenalkan bagaimana cara membuat pupuk kompos. Di petak display tanaman palawija anak-anak dikenalkan bagaimana cara menanam jagung yang benar. Di display kolam ikan, anak-anak diperkenalkan contoh kolam ikan sistem longyam. Selain melihat kolam anak-anak juga mengenal ternak ayam. Terakhir, anak-anak di kenalkan pada jenis-jenis sayuran yang ada di pekarangan BPTP Jambi yang juga dapat di tanaman di pekarangan rumah masing-masing.  Anak-anak sangat antusias ketika dikenalkan bagaimana cara memanen berbagai jenis sayuran. Antusias anak-anak semakin bertambah ketika anak-anak mengaplikasikan sendiri cara memanen sayuran dan memasukkan hasil panen ke wadah yang telah dipegang masing-masing anak. Diharapkan melalui pengenalan komoditas pertanian kepada anak-anak TK At Taufig akan tumbuh rasa cinta pada dunia pertanian.

LAST_UPDATED2
 
Pertemuan dengan KWT Mekar Asri di Desa Sri Agung Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Masito, SPt   
Rabu, 15 Januari 2014 00:00

Salah satu kegiatan Model Pengembangan Pertanian Perdesaan Melalui Inovasi (m-P3MI) adalah KRPL yang diterapkan di RT 4 oleh BPTP Jambi. Dengan adanya KRPL di RT 4, timbul rasa ingin melakukan hal yang sama oleh rt.15 yaitu pemanfaatan pekarangan dengan tanaman sayuran yang berwawasan lingkungan dengan menanam bermacam sayuran di pekarangan rumah masing-masing. Keinginan tersebut disambut baik oleh para ibu lainnya. Atas inisiatif salah satu Ibu Rumah Tangga di RT 15, Ibu Eti berkoordinasi dengan penyuluh pertanian lapangan (PPL) setempat untuk membuat kelompok wanita tani (KWT) agar koordinasi dan kerjasama dengan para ibu menjadi lebih mudah. Dengan bantuan PPL setempat dan BPTP Jambi, terbentuklah kelompok wanita tani “Mekar Asri” dan ketua kelompoknya adalah ibu Eti Wahyuni.

KWT Mekar Asri mengadakan pertemuan hari Rabu (15/1/2014) dengan mengundang BPTP Jambi sebagai motivator dan berbagi untuk meningkatkan motivasi, berbagi informasi mengenai KRPL yang ada di seluruh kabupaten Provinsi Jambi. Respon ibu-ibu cukup antusias dan lebih semangat pada saat sebagian rumah dikunjungi oleh tim BPTP. Setiap rumah sudah menanam sayuran dengan model sendiri-sendiri. Secara umum, para ibu sudah bisa menanam sayuran namun masih perlu pendampingan dan pembinaan seperti persiapan media tanam. Oleh karena itu dalam kunjungan juga dijelaskan tentang pentingnya media tanam yang baik. Selain itu, KWT ini pun sudah membangun Kebun Bibit sederhana. Komoditas sayuran yang dikembangkan adalah kangkung, bayam, seledri, timun, kacang panjang, cabe, tomat, terong dan pare. BPTP sendiri telah membantu penyediaan bibit sayuran. Hal ini sebagai apresiasi dari keinginan para ibu untuk mengoptimalkan pekarangan mereka.

LAST_UPDATED2
 
Launching Kegiatan Percepatan, Perluasan, Dan Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (Krpl) Melalui Kerjasama Dengan Mitra Salimah PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Rima Purnamayani   
Sabtu, 21 Desember 2013 00:00

Launching kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi, Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian bermitra dengan Persaudaraan Muslimah (Salimah), PW Salimah Provinsi Jambi, dilaksanakan pada hari Sabtu 21 Desember 2013 bertempat di Kompleks Splatur Permata Sari Jl. Dharma Karya RT. 37 Kelurahan Kenali Asam Bawah Kecamatan Kotabaru Jambi.  Acara ini bertujuan untuk menyerahkan pengelolaan  Kebun Bibit dari BPTP Jambi dan Salimah kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Anggrek untuk  lebih dikembangkan dan diberdayakan guna keberlanjutan KRPL di kompleks perumahan tersebut dan pengembangan ke tempat lain.

Kegiatan diawali dengan peninjauan langsung oleh peserta ke Kawasan Rumah Pangan Lestari yang berjumlah 40 buah rumah, terdiri dari strata I, II dan III. Selanjutnya dilakukan penguntingan pita di depan gapura Kebun Bibit oleh Wakil Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Jambi Ibu Nursiah Hamid disaksikan oleh PP Salimah Pusat Ibu Sinta Shanti LC, Wakil Ketua TP  PKK Kota Jambi Ibu Nuraini Daru Pratomo dan Kepala BPTP Jambi Ir. Endrizal, M.Sc, serta peserta lainnya. Selanjutnya dilakukan kunjungan ke dalam Kebun Bibit yang dipandu oleh peneliti dan koordinator KRPL BPTP Jambi Syafri Edi, sekaligus memberikan penjelasan fungsi dan manfaat dari Kebun Bibit tersebut. Pada kesempatan ini juga dilakukan panen sayuran selada dan kaylan serta panen ikan lele yang dipelihara di kolam terpal. Ditambahkan oleh ketua KWT Anggrek Kartika, SE bahwa sayuran yang dibudidayakan pada kebun bibit ini diproduksi secara organik.

Launching KRPL dilaksanakan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi yang diwakili oleh Wakil Ketua TP PKK Provinsi Jambi, yang dalam arahannya menyatakan bahwa PKK mendukung penuh kegiatan KRPL ini melalui 10 Program Pokok PKK. Dalam setiap kesempatan, PKK selalu mengajak kader PKK dan masyarakat luas untuk memanfaatkan pekarangan sehingga dapat dijadikan sumber pendapatan keluarga.  Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Pokja III TP PKK Provinsi Jambi, , Ketua PW Salimah Provinsi Jambi, Kepala Bidang dari Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan Kota Jambi, Camat Kotabaru, Lurah Kenali Asam Bawah, Peneliti dan Penyuluh, tokoh masyarakat, serta pengurus dan anggota KWT Anggrek.

Dalam sambutannya, Kepala BPTP Jambi Ir. Endrizal, M.Sc menjelaskan fungsi KBD yang akan diserahkan pengelolaannya ke KWT Anggrek dan memotivasi agar keberlanjutan KRPL ini dapat lestari untuk menjaga ketahanan pangan keluarga dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.  Perwakilan dari PW Salimah Pusat Ibu Sinta Shanty LC, menjelaskan bahwa sejak MoU 10 Oktober 2011, hingga saat ini kerjasama Badan Litbang Pertanian dengan Salimah telah dilaksanakan di 22 provinsi di seluruh Indonesia termasuk Jambi.  Prinsipnya adalah Salimah ikut membantu dalam mewujudkan ketahanan pangan Nasional.  Selain itu, kegiatan KRPL ini juga memberi interaksi sosial sesama warga dan juga meningkatkan nilai ekonomi keluarga.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penyerahan buku Pedoman Umum Pengembangan KRPL dan modul pengembangan KRPL dari BPTP Jambi kepada Ketua Penggerak PKK Provinsi Jambi, untuk pedoman dalam pelaksanaan dan pengembangan KRPL di Provinsi Jambi. Pada acara Launching ini juga dilakukan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Kebun Bibit kepada KWT Anggrek. Ditegaskan bahwa yang diserahkan adalah pengelolaan Kebun Bibit, sedangkan pendampingan teknologi dan pembinaan, KWT Anggrek dapat berkoordinasi dengan BPTP Jambi dan Salimah. Sebelum acara ditutup, dilakukan talk show dengan narasumber Ketua TP PKK Provinsi Jambi, PW Salimah Pusat dan Kepala BPTP Jambi, kemudian diakhiri dengan silaturahmi dan makan siang bersama.

LAST_UPDATED2
 
Kegiatan Laboratorium Lapang (LL) Awal dari Produk Pertanian Organik Kerinci PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sari Yanti Hayanti   
Kamis, 12 Desember 2013 00:00

Pada, tanggal 11 sampai 12 Desember 2013 telah dilakasanakan Temu Lapang dan Sosialisasi Inovasi Teknologi Pertanian di Kabupaten Kerinci. Acara temu lapang diawali dengan panen tanaman kubis yang dilaksanakan oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Kerinci, Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Kerinci, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan, Kepala Pusat Penelitian, Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Tanaman Sayuran, dan Kepala BPTP Jambi yang diwakili oleh Korwil Kab. Kerinci. Acara temu lapang yang dilaksanakan selama dua hari diisi dengan kegiatan pengenalan dan pengendalian OPT pada tanaman sayuran, inovasi teknologi Kampoeng Kelinci dan pengolahan pangan berbahan sayuran dan daging kelinci. Temu lapang ini merupakan kegiatan puncak dari pelaksanaan konsorsium UPT/UPK Badan Litbang Pertanian yaitu Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura, Balai Besar Pascapanen, Balai Besar Mekanisasi Pertanian, Balai Penelitian Tanaman Sayuran dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi.

Pada pembukaan temu lapang Sekda Kabupaten Kerinci menyampaikan pesan dari Bupati Kabupaten Kerinci diharapkan melalui kegiatan LL Kerinci, petani sayuran mampu menghasilkan produk pertanian dengan sertifikat angka residu rendah, peternak kelinci mampu menghasilkan produk utama daging kelinci yang menjadi sumber pangan hewani dan petani di Kabupaten Kerinci mampu menjadi masyarakat petani yang mandiri.  Kepala Puslitbangnak juga mengharapkan  dengan pelaksanaan kegiatan LL ini, petani dapat melihat nilai-nilai unggul dan mengaplikasikan langsung, yang tentunya diperlukan kerjasama dan dukungan dari pemerintah daerah Kabupaten Kerinci.

Komoditas yang dikembangkan pada kegiatan LL Kerinci adalah tanaman suyuran dan ternak kelinci. Konsep simbiosis mutualisme antara tanaman sayuran dengan ternak kelinci pada kegiatan LL Kerinci, diharapkan mampu meningkatkan nilai tambah petani dan kesejahteraan masyarakat Kerinci. Pemanfaatan kotoran kelinci sebagai pupuk organik diharapkan mampu menghasilkan sayuran organik, dan limbah sayuran organik dapat dijadikan sebagai sumber pakan dengan angka residu rendah bagi ternak kelinci. Produk sayuran organik dan kelinci dengan pakan limbah sayuran organik merupakan bahan pangan yang sehat bagi masyarakat.

Pada acara temu lapang juga dilakukan penyerahan bantuan satu paket peralatan/alsintan yang terdiri dari perajang manual, perajang mekanik, pengering, penepung dan pengemasan. Bantuan alat pengolahan produk pertanian yang diharapkan menjadi motivasi bagi petani dalam mengembangkan kreatifitas untuk mengolah produk pertanian sehingga meningkatkan nilai ekonomi dari produk pertanian. Terimakasih atas kehadiran Kapuslitbangnak dan Kapuslitbanghor besertat tim dari Bogor.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com