Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
eproduk
katam
juknis pengendalian ulat bulu
bank ilmu padi
jambi dlm angka
pustakadigital
epetani
Sinartani

Forum Litbang/Katalog Online

Kalender Kegiatan 2014

Pengunjung online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini80
mod_vvisit_counterKemarin178
mod_vvisit_counterMinggu ini714
mod_vvisit_counterBulan ini4621
mod_vvisit_counterAll180595
Berita Terkini
Pengelolaan Lahan Rawa Pasang Surut dengan Inovasi Teknologi dapat Meningkatkan Pendapatan Petani PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sari Yanti Hayanti   
Kamis, 27 Juni 2013 00:00

Bertempat di Desa Makmur Jaya, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, pada tanggal 27 Juni 2013 telah diadakan “Temu Lapang Pengelolaan Lahan Rawa Pasang Surut Berkelanjutan”. Acara di hadiri oleh Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat beserta Jajarannya. Pada acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian, Kepala Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa dan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi.

Pada acara temu lapang dilakukan rangkaian kegiatan diantaranya peninjauan pada sistem pengelolaan tata air, panen perdana oleh Bupati dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat beserta jajarannya, penebaran bibit ikan dan juga ramah tamah dengan petani. Bupati sangat antusias pada saat melakukan pemanenan buah melon, semangka, sayur kubis dan jagung, karena beliau menduga tidak mungkin tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik pada lahan rawa   pasang surut.

Dalam sambutan, Bupati Tanjung Jabung Barat menyampaikan bahwa Kabupaten Tanjung Jabung Barat memiliki lahan rawa pasang surut seluas 52.052 Ha, yang merupakan modal dan harapan untuk mengembangkan pertanian khususnya pertanian tanaman pangan, guna meningkatkan pendapatan petani dan ekonomi daerah.

Bupati Tanjung Jabung Barat juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Badan Litbang Pertanian, yang telah membuat model/percontohan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan beliau mengharapkan petani untuk lebih memaksimalkan pengelolaan lahan rawa pasang surut sehingga kebutuhan akan sayur dan buah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat tidak lagi bergantung pada daerah lain. Bupati juga mengharapkan agar Desa Makmur Jaya dapat menjadi sentra produksi sayuran, semangka dan melon di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

LAST_UPDATED2
 
Kiprah M-KRPL pada HKP ke-41 di Desa Sido Rukun Kab. Tebo PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Endang S   
Rabu, 26 Juni 2013 19:39

Kabupaten Tebo ditunjuk sebagai penyelenggara puncak peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-41 tingkat Provinsi Jambi. Peringatan yang dipusatkan di Desa Sido Rukun, Kecamatan Tebo Ulu, Kabupaten Tebo, yang telah berlangsung dari tanggal 23-25 Juni 2013. Desa Sido Rukun merupakan lokasi kegiatan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) salah satu kegiatan BPTP Jambi di Kabupaten Tebo Tahun Anggaran 2013. Kegiatan ini turut mempercantik  lokasi HKP berupa penataan halaman dengan penanaman beraneka ragam tanaman sayuran dan kolam ikan lele di rumah-rumah kelompok wanita tani (KWT) Lestari.

Puncak acara, selasa (25/6) dihadiri Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, beserta Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi Yusniana Hasan Basri Agus. Ketua DPRD Provinsi, Bupati/Walikota, Muspida, Sekda dan Ka. SKPD Provinsi Jambi. Total peserta diperkirakan mencapai 2000 orang yang terdiri dari para petani, penyuluh, petugas-petugas pertanian diseluruh kabupaten/kota di Provinsi Jambi. Acara di ramaikan dengan tarian massal para siswi dan siswa setempat, penyerahan hadiah/penghargaan bagi petani dan petugas pertanian berprestasi dan pemenang lomba serta penyerahan bantuan pertanian dari provinsi/pusat dan diakhiri dengan peninjauan stand pameran.

Keberhasilan BPTP Jambi dalam mengembangkan M-KRPL di seluruh kabupaten terbukti sudah. Hal ini ditunjukkan oleh keberhasilan KWT Sindai Jaya Sari Kabupaten Sarolangun telah mendapatkan Tropi juara I dalam rangka memenangkan lomba pemanfaatan lahan pekarangan tingkat kabupaten. KWT Sindai Jaya Sari merupakan petani binaan BPTP Jambi pada kegiatan M-KRPL di Kabupaten Sarolangun pada tahun 2012. Sedangkan pada tahun 2013 kegiatan M-KRPL di seluruh kabupaten/kota dikembangkan lagi di dua desa dan di dua kecamatan yang berbeda.

Selain itu BPTP Jambi juga telah terlibat sebagai anggota pelaksana asah terampil dalam mempersiapkan soal-soal sekaligus sebagai juri saat pelaksanaan berlangsung. Seperti biasa BPTP Jambi turut mendirikan Stand Pameran bertemakan KRPL.

 
FGD Intern m-AP2RL2 dan Pengelolaan Lahan Rawa di BPTP Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Rima P   
Sabtu, 15 Juni 2013 00:00

Sebagai tindak lanjut dari Joint Workshop Penyusunan Decentralized Action Plan dalam pengembangan Model Akselerasi Pembangunan Pertanian Ramah Lingkungan Lestari (m-AP2RL2), BPTP Jambi mengadakan Fokus Group Diskusi Intern sebelum dilaksanakan di Pemda untuk merumuskan causal loop model dinamik AP2RL2 di masing-masing BPTP.  Untuk itu pada hari Jumat 14 Juni 2013, Dr. Salwati memaparkan model dinamik AP2RL2 BPTP Jambi.  Tujuan pemaparan ini adalah memberi informasi tentang AP2RL2 serta menampung saran dan input untuk menambah kesempurnaan causal loop model dinamik BPTP Jambi.  Dalam diskusi ini cukup banyak yang memberikan saran dan masukan untuk kelengkapan dan kesempurnaan model dinamis yang telah dirancang oleh tim AP2RL2 BPTP Jambi ini.  Diharapkan saat FGD nanti lebih banyak masukan dari instansi terkait demi terlaksananya operasional berdasarkan causal loop model dinamik AP2RL2, yang dikaitkan dengan surplus 10 juta ton beras tahun 2014,  dan khusus untuk Prov. Jambi dicanangkan surplus 1 juta ton beras pada tahun 2014.

Setelah diskusi AP2RL2 juga dipaparkan oleh Dr. Khairil Anwar dari Balai Penelitian Lahan Rawa mengenai “ Pengelolaan serta Teknologi Budidaya Padi dan Kedelai pada Lahan Rawa “,”.  Beliau berkenan datang ke BPTP Jambi bersamaan dengan kunjungan beliau ke Laboratorium Lapang  kegiatan Forum Komunikasi Profesor Riset (FKPR) pada Lahan Sub Optimal (pasang surut) di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.  Dalam paparannya, beliau menjelaskan mengenai spesifikasi lahan rawa dan berbagai hasil penelitian yang telah dilakukan selama kurun waktu 5 tahun terakhir.  Sangat menarik keberhasilan budidaya padi dan kedelai yang dilaksanakan di lahan pasang surut Proyek Lahan Gambut (PLG), sehingga diharapkan BPTP Jambi dapat mengimplementasi hal yang sama di Provinsi Jambi.

LAST_UPDATED2
 
Wacana Prov. Jambi menjadi Orchid Centre di Indonesia PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Endang S   
Jumat, 14 Juni 2013 00:00

Sebagai tindak lanjut kunjungan Kapuslitbanghor dan beberapa Kapus serta Ka. BB Pengkajian ke Pemda Prov. Jambi, telah datang ke Jambi Ka. Balithi dan peneliti Anggrek (Ketua PAI) Dr. Budi Marwoto. Pertemuan Anggrek telah diadakan di Aula Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jambi tanggal 13 Juni 2013 yang dibuka oleh Asisten II Sekda Bidang Kesejahteraan Sosial didampingi Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan. Diskusi yang langsung dipimpin oleh Asda 2 dihadiri oleh Karo Ekbang, Kadis Dinas Pertanian Kota, Dinas Pekerjaan Umum Provinsi, Dinas Kehutanan, Tim-Penggerak PKK Provinsi, BPTP Jambi, Balai Pelatihan Pertanian, UPTD Balai Pengembangan Taman Anggrek & Kultur Jaringan, dan Tim Persatuan Anggrek Indonesia (PAI) Provinsi Jambi.

Pertemuan digelar usai kunjungan ke Taman Anggrek Prof. Dr. Sri Soedewi SH sebagai wacana Jambi akan menjadi Orchid Centre di Indonesia ke tiga setelah Kalimantan Timur dan Pontianak. Taman ini terletak di Kecamatan Telanaipura, kota Jambi dengan luas areal kurang lebih 25.056 meter persegi yang telah diresmikan penggunaannya pada tahun 1984. Di dalam taman ini terdapat bangunan utama yaitu plaza, bangunan terbuka dalam bentuk joglo sebagai pusat layanan informasi, bangunan untuk budidaya anggrek, sebuah laboratorium, kolam alam dan sebagainya.

Penyampaian materi dari Kepala Balithi Dr. Rudy Suhendi dan Peneliti senior Balithi Dr. Budi Marwoto serta materi UPTD Balai Pengembangan Taman Anggrek & Kultur Jaringan menjadi topik bahasan penting terkait mekanisme pelaksanaan pembangunan Taman Anggrek sebagai Orchid Centre dan pengembangan tanaman anggrek alam yang sebagian besar speciesnya semakin langka. Orchid Centre adalah lembaga pusat pengembangan anggrek yang memfasilitasi kegiatan konservasi, pengembangan varietas unggul baru, penangkaran/perbenihan, budidaya dan komersial, promosi, taman rekreasi, pusat studi  dan  pelatihan, pembinaan organisasi profesi serta pusat informasi. Diskusipun berjalan lancar, semua perwakilan instansi memberikan pendapat dan saran sebagai solusi percepatan tindak lanjut kedepan. Kesepakatan yang dihasilkan dari pertemuan ini akan ditindaklanjuti dengan SK Gubernur terkait organisasi pelaksana pembangunan Orchid Centre dan akan dirancang adanya Penandatannganan MOU antara Badan Litbang Pertanian dan Pemprov Jambi.

LAST_UPDATED2
 
Rakor P2BN 2013 di Provinsi Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Endang S   
Rabu, 12 Juni 2013 00:00

11 Juni 2013, tepat di ruang Mayang Mengurai kantor Bappeda Provinsi Jambi, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Program Peningkatan Produksi Beras Nasional  (P2BN) di Provinsi Jambi. Rakor ini merupakan bentuk koordinasi  Badan Litbang Pertanian dengan Pemda Provinsi Jambi dalam mencapai Peningkatan produksi pangan sesuai dengan rencana strategis Kementrian Pertanian 2010-2014 yang menargetkan swasembada berkelanjutan padi, jagung, dan kedelai, serta surplus beras 10 juta ton  pada 2014.

Rakor dihadiri Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Kepala Balai Besar Litbang Bioteknologi & Sumber Daya Genetik Pertanian (BB BIOGEN), Kepala Balai Besar Penelitian  Padi, Kepala BPTP Jambi beserta para peneliti dan penyuluh, Kepala Karantina Pertanian Jambi, Kepala Balai Pelatihan Pertanian Jambi, Kepala Bappeda Propinsi Jambi, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jambi, Sekretaris Badan Koordinasi Penyuluhan Provinsi Jambi, perwakilan dari Universitas Jambi dan Universitas Batanghari, Para Kepala Dinas, Badan, dan Kantor Tingkat Kabupaten se-Propinsi Jambi.

Acara dibuka oleh Asisten II Sekda Bidang Kesejahteraan Sosial mewakili Gubernur Jambi. Turut memberikan sambutan Kepala Badan Litbang Pertanian yang diwakili oleh Kepala BB BIOGEN, diakhir sambutannya, beliau mengharapkan agar Rakor ini dapat menjadi media koordinasi antar kelembagaan terkait, untuk mengidentifikasi semua permasalahan,  sertamenghasilkan rumusan bersama berupa tindak lanjut efektivitasdukungan terhadap program P2BN dalam mencapai target sukses Kementrian Pertanian,khususnya swasembada pangan berkelanjutan.

Maraknya diskusi setelah pemaparan 2 materi yaitu dari Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian dan Sekretariat Bakorluh Provinsi Jambi. Usai penutupan dan istirahat siang, acara dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi penangkar padi di Desa Kasang Pudak, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com