Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Selamat Datang di BPTP-Jambi
katam
krpl
Sinartani
eproduk
jambi dlm angka

Forum Litbang/Katalog Online

Pengunjung online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini106
mod_vvisit_counterKemarin209
mod_vvisit_counterMinggu ini1722
mod_vvisit_counterBulan ini106
mod_vvisit_counterAll209483
Berita Terkini
Mempertahankan Laporan Keuangan Kementerian Pertanian dengan Kualitas Terbaik PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Kamalia Muliyanti   
Senin, 19 Januari 2015 00:00

Acara Konsolidasi Laporan Keuangan Tahun 2014 Tingkat Satker dan Wilayah di Propinsi Jambi dilaksanakan di BPTP Jambi sebagai sekretariat UAPPA/B-W Propinsi Jambi dari tanggal 19 – 23 Januari 2015. Acara dibuka oleh Ir. Endrizal, M.Sc selaku Kepala Sekretariat UAPPA/B-W Propinsi Jambi dan dihadiri oleh penanggung jawab kegiatan konsolidasi laporan keuangan tahun 2014 UAPPA/B-W Propinsi Jambi yaitu tim Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, tim Verifikator SAK dan SIMAK BMN Tingkat Pusat, tim reviuw dan Inspektorat Jendral Kementerian Pertanian, panitia pusat dari Biro Keuangan dan Perlengkapan Kementerian Pertanian, Operator SAK dan SIMAK BMN Satker lingkup Pertanian Propinsi Jambi.

Maksud dan tujuan dilaksanakannya konsolidasi laporan keuangan di Propinsi Jambi adalah untuk meningkatkan komitmen pimpinan tentang pentingnya laporan keuangan yang berkualitas, akuntabel dan sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), baik di tingkat Satker, Wilayah, Eselon I dan Kementerian, dan memelihara Opini Laporan Keuangan Kementerian Pertanian agar tetap dalam opini WTP sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Konsolidasi merupakan kegiatan secara integral dan terpadu dimana laporan keuangan dapat dikonsolidasikan dari seluruh satker dengan diverifikasi dan direviuw atau dibimbing/dimonitor serta dievaluasi oleh Tim Pusat dan Daerah termasuk didalamnya verifikasi dokumen sumber mulai dari DIPA, POK, SPJ, SPM-SP2D dan lain-lain.

Kualitas laporan keuangan Kementrian Pertanian Tahun 2013 dari opini “Wajar Dengan Pengecualian (WDP)” menjadi “Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)”,  tak terlepas dari dukungan masing-masing satker untuk menghasilkan laporan keuangan dengan kualitas terbaik.  Kepala sekretariat UAPPA/B-W sangat mengharapkan kepada seluruh satker jangan segan-segan mengutarakan bila ada permasalahan yang dihadapi ataupun masukan positif pada acara konsolidasi ini sehingga diharapkan Propinsi Jambi dapat memberikan dukungan yang positif bagi penilaian Laporan Keuangan Kementrian Pertanian tahun 2014 dan pada akhirnya opini WTP akan tetap diraih dan dapat terus dipertahankan.

LAST_UPDATED2
 
Latihan Menulis itu perlu... PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sari Yanti Hayanti   
Jumat, 16 Januari 2015 00:00

Bisa ala biasa sering kali diucapkan untuk meyakinkan orang-orang yang mulai menyerah ketika mencoba hal baru dan itu termasuk dalam kegiatan menulis. Bagi peneliti, penyuluh, teknisi dan pustakawan untuk dapat menyampaikan hasil pengkajian kepada masyarakat luas maka perlu memiliki kemampuan yang baik dalam menulis. Guna membangkitkan semangat dan memperbaiki kemampuan menulis bagi peneliti, penyuluh, teknisi dan pustakawan maka perlu dilakukan pelatihan.

Pada tanggal 16 Januari 2015 telah dilaksanakan pelatihan singkat penulisan karya ilmiah populer  yang bertempat di kantor BPTP Jambi. Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Populer tersebut dikuti oleh peneliti, penyuluh dan pustakawan BPTP Jambi yang berjumlah 13 orang. Pelatihan singkat tersebut diisi dengan materi Penulisan Buku Ilmiah Populer yang disampaikan oleh peneliti senior BPTP Jambi. Pelatihan yang diadakan dengan prinsip 3S yaitu serius, santai dan selesai tersebut diselingi antara latihan membuat kalimat ilmiah populer dengan diskusi.

Melalui pelatihan singkat tersebut diharapkan peneliti, penyuluh, teknisi dan pustakawan BPTP Jambi dapat meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah populer melalui website dan media cetak.

LAST_UPDATED2
 
UPSUS: Dukungan dari Walikota Jambi sampai ke Petani PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Dr. Lutfi Izhar, SP, M.Sc   
Kamis, 15 Januari 2015 15:00

Kota Jambi merupakan salah satu daerah yang siap meningkatkan produksi padi jagung dan kedelai. Upsus Padi Jagung Kedelai (PJK) telah ditindaklanjuti dengan melakukan rapat koordinasi dan sinkronisasi di tingkat Kota Jambi yang melibatkan pelaksana dan stakeholders yang terkait di lapangan. Kota Jambi mendapat target luas tanam padi mencapai 1.465 ha dengan produktivitas mencapai 4,79 ton/ha dan jagung seluas 50 ha dengan produktivitas 3,6 ton/ha.

Strategi untuk mencapai target tersebut dilakukan dengan melakukan koordinasi dan sinkronisasi tingkat lapangan yang melibatkan petani, kelompok tani, gabungan kelompok tani, penyuluh lapang, unsur TNI (Danramil seluruh Kota Jambi), Dinas Pertanian, BP3K, BP4K, Camat wilayah sentra produksi  dan BPTP Jambi. Pertemuan dilakukan pada tanggal 15 Januari 2015 yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan,  Peternakan dan Perikanan Kota Jambi di Kantor BP4K Kota Baru. Hasil pertemuan tersebut antara lain  mengklarifikasi data dan menyediakan informasi administrasi yang rill tentang luas lahan tersedia, komitmen dan menyemangati petani untuk bercocok tanaman lebih baik, pengenalan program Upsus, sinergitas dilapangan dan keterlibatan TNI, penentuan sementara petani dan lokasi penerima program Upsus dan tindak lanjut pada masa yang akan datang.

Realisasi awal dari kegiatan Upsus adalah ditindaklanjutinya pencanangan sarana pertanian utama yaitu perbaikan jaringan irigasi. Gerakan perbaikan jaringan irigasi tersier melalui peletakan batu pertama di Kota Jambi dilakukan pada tanggal 20 Januari 2015, di lahan Kelompoktani Pematan Luat Rt.05, Kelurahan Tanjung Johor, Kecamatan Pelayangan (1®33’32,7” LS dan 103®37’49,2” BT). Pencanangan dilakukan oleh Bapak Walikota Jambi yang dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, Kasdim 0415 Batanghari, Babinsa, Dinas Pertanian Provinsi, Dinas Pertanian Kota, BP3K,  Bakorluh, PPL, Gapoktan, Poktan dan Peneliti BPTP Jambi. Arahan Bapak Walikota antara lain menerangkan pentingnya tanaman pangan khususnya padi untuk masyarakat Kota Jambi, banyak beras yang masuk dari luar provinsi bahkan impor dari negara lain yang di konsumsi oleh penduduk Kota Jambi, konsep pertanian perkotaan, pertumbuhan penduduk 3,14% pertahun dan alih fungsi lahan yang intensif merupakan salah satu kendala yang dihadapi pertanian di Kota Jambi.

Kegiatan kedepan yang akan dilakukan mendukung Upsus ini adalah penetuan Petani dan Lokasi kegiatan, penyiapan dokumen administrasi, proses tranfer dana langsung ke rekening petani dan pelaksanaan fisik.

LAST_UPDATED2
 
Siapakah Ketua PERHIMPI Cabang Jambi? PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Kamalia Muliyanti   
Kamis, 15 Januari 2015 00:00

Kepala BPTP Jambi mendapatkan mandat dari PERHIMPI (Perhimpunan Meteorologi Pertanian Indonesia) Pusat untuk membentuk kepengurusan PERHIMPI Cabang Provinsi Jambi. Untuk itulah pada Kamis 15 Januari 2015N  BPTP Jambi menginisiasi pertemuan dalam rangka  pembentukan kepengurusan PERHIMPI Cabang Jambi.

PERHIMPI adalah organisasi masyarakat profesional yang bersifat lintas disiplin dalam bidang pengembangan dan pemanfaatan cuaca dan ilkim di Indonesia berdasarkan prinsip kelestarian lingkungan hidup yang sehat. Kegiatan yang dilakukan terkait upaya menyumbangkan pemikiran yang bersifat membangun dalam rangka pembangunan nasional pada umumnya dan pengembangan serta pemanfaatan cuaca dan iklim untuk pertanian pada khususnya.

Acara dihadiri oleh lebih kurang 60 orang peserta yang berasal dari beberapa instansi  antara lain BPTP Jambi, BLHD Prov. Jambi, Badan Ketahanan Pangan Prov. Jambi, Bakorluh Prov. Jambi, Dinas Pertanian Prov. Jambi, Dinas Pekerjaan Umum Prov. Jambi, BALITBANGDA, Danrem 042 Garuda Putih Jambi, BMKG, Badan Pengelola Bencana Daerah (BPBD) Prov. Jambi, BP DAS Prov. Jambi, LSM dan dari kalangan universitas seperti Unja dan Unbari yang diwakili oleh Fakultas Pertanian dan Peternakan.

Kepala BPTP Jambi sebagai pemegang mandat menjelaskan maksud dan tujuan penyelenggaraan acara ini, yang kemudian dilanjutkan dengan pembentukan kepengurusan yang dilaksanakan secara formatur dengan satu orang perwakilan dari instansi yang hadir. Diskusi formatur dilakukan di luar tempat pertemuan sehingga diharapkan akan mendapatkan anggota kepengurusan yang benar-benar berkompeten dibidangnya.

Hasil diskusi formatur diperoleh susunan kepengurusan PERHIMPI Cabang Jambi yaitu sebagai Pelindung adalah Gubernur Provinsi Jambi, Dewan Penasehat yaitu Rektor Universitas Jambi, Rektor Universitas Batanghari, Sekda Provinsi Jambi, Danrem 042 Garuda Putih, Kapolda Jambi, Ketua Umum yaitu Dra. Hj. Rosmeli, M.Si (BLHD Prov. Jambi), Ketua I : Dr. Asmadi Saad (UNJA), Ketua II : Syafrinal, SH (BMKG Prov. Jambi), Sekretaris : Ir. Endrizal, M.Sc (BPTP Jambi), Wakil Sekretaris : Ir. Busyra, BS (BPTP Jambi), Bendahara : Ir. Haryati, ME (BALITBANGDA) dan beberapa bidang yaitu ketua Bidang Organisasi : Ir. Satria Gunawan (Distan Prov. Jambi), Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan : Dr. Salwati, SP, M.Si (BPTP Jambi), Ketua Bidang Kerjasama : Dr. Evi Frimawaty (BLH Kota Jambi), Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi : Nurangesti Widyastuti Y Ah. Mg (BMKG Sulthan Taha Jambi), Ketua Bidang Pengabdian pada Masyarakat : Mayor Inf RD. Bahtiar. K (Danrem 042 Garuda Putih) dan Ketua Bidang Kesekretariatan : Jon Hendri, SP, M.Si (BPTP Jambi).

Selamat bekerja kepada Pengurus PERHIMPI Cabang Jambi..

LAST_UPDATED2
 
Panen Beberapa Varietas Padi Gogo di Kabupaten Merangin PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Desy Nofriati   
Kamis, 15 Januari 2015 00:00

Kontribusi padi gogo terhadap produksi padi nasional masih relatif rendah dibandingkan padi sawah, oleh karena itu posisi padi gogo semakin penting untuk dikembangkan karena produksinya masih berpeluang ditingkatkan. BPTP Jambi bersama Dinas Pertanian Kabupaten Merangin telah melakukan kegiatan Uji Adaptasi beberapa Varietas Padi Gogo di Desa Seling Kecamatan Tabir. Varietas yang telah diuji merupakan  VUB yang terdiri dari varietas Inpago 4, Inpago 5, Inpago 7 dan Inpago 8 yang berasal dari Balai Penelitian Padi Sukamandi bersertifikat beserta 8 varietas lokal  yaitu Tunggung, Seni Bungin Putih, Perak, Rejang, Kasah, Silang dan Air Mas yang berasal dari beberapa kabupaten di Provinsi Jambi. Penanaman telah dilakukan pada akhir Agustus 2014 lalu.

Pada hari Kamis tanggal 15 Januari 2015 dilakukan panen VUB dan varietas lokal. Panen melibatkan instansi terkait, PPL dan petani kooperator. Secara keseluruhan, VUB dan varietas lokal menunjukkan pertumbuhan yang cukup baik namun produksi kurang optimal karena terkena serangan hama burung. Dari 4 varietas unggul yang diuji belum ditemukan varietas yang tahan terhadap cekaman kekeringan, meskipun memberikan hasil namun belum maksimal. Sedangkan untuk varietas lokal terhindar dari kekeringan terutama pada saat inisiasi malai.  Pada masa mendatang diharapkan kegiatan uji adaptasi VUB ini dapat optimal mencapai keunggulannya baik dari sisi daya hasil, resistensi terhadap hama dan penyakit, toleran terhadap cekaman abiotik, dan mutu hasil.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com