Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Selamat Datang di BPTP-Jambi
katam
krpl
Sinartani
eproduk
jambi dlm angka

Forum Litbang/Katalog Online

Pengunjung online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini215
mod_vvisit_counterKemarin216
mod_vvisit_counterMinggu ini1201
mod_vvisit_counterBulan ini6053
mod_vvisit_counterAll209155
Berita Terkini
Asiknya Praktek Langsung Penggunaan Global Positioning System di Visitorplot BPTP Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sari Yanti Hayanti   
Rabu, 21 Januari 2015 00:00

Global Positioning System atau yang dikenal dengan GPS merupakan suatu system jaringan satelit yang secara terus menerus memancarkan informasi (kode/sinyal) yang memungkinkan untuk melakukan identifikasi secara tepat lokasi pada suatu tempat di permukaan bumi, dengan cara mengukur jaraknya dari satelit. Tujuan penggunaan GPS adalah untuk mengetahui posisi/lokasi berdasarkan garis lintang dan bujur, ketinggian, suhu dan lain-lain, menemukan arah, menemukan jalur perjalanan, mengetahui waktu yang tepat, dan mengetahui kecepatan perjalanan. Pada umumnya kegiatan pengkajian di BPTP Jambi dilaksanakan di lapangan  dengan wilayah kerja seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Jambi. Untuk itu GPS sangat diperlukan dalam mengambil data dukung lokasi meliputi pemetaan data dan kondisi lingkungan dan sosek wilayah pengkajian

Guna meningkatkan kemampuan peneliti, penyuluh dan teknisi dalam penggunaan GPS dilapangan, maka perlu dilakukan pelatihan. Pada tanggal 21 Januari 2015 telah dilakukan pelatihan penggunaan GPS di kantor BPTP Jambi Sungai Tiga. Pelatihan diikuti 16 peserta yang terdiri dari peneliti, penyuluh dan teknisi lapangan. Materi pelatihan sampaikan oleh peneliti BPTP Jambi yang telah menguasai penggunaan GPS. Pelatihan  diawali presentasi materi dan diakhiri dengan praktek. Kegiatan praktek dilakukan dengan dua tahap yaitu pengambilan data menggunakan GPS dan penyimpanan data dari GPS ke komputer. Pengambilan data menggunakan GPS dilaksanakan di Vistorplot BPTP Jambi. Praktek penggunaan GPS dilakukan dengan berkeliling mengambil titik lintang dan bujur beberapa display Visitorplot. Dari praktek tersebut diharapkan dapat menghasilkan peta yang menggambarkan Visitorplot BPTP Jambi. Melalui pelatihan tersebut diharapkan peneliti, penyuluh dan teknisi lapangan mampu menggunakan GPS pada kegiatan pengkajian di lapangan.

LAST_UPDATED2
 
Pencanangan Perbaikan Irigasi mendukung UPSUS Swasembada Pangan di Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Endang Susilawati   
Selasa, 20 Januari 2015 00:00

Jambi turut melaksanakan Upaya Khusus (UPSUS) Swasembada pangan padi, jagung dan kedelai sebagai tindak lanjut Rakor UPSUS tanggal 14 Januari 2015 di Aula Balai Prajurit Korem 042/Garuda Putih Jambi yang dihadiri oleh tim Balitbangtan, Dirjen PSP, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan, Ka Diperta Provinsi, Danrem, Danramil, Ka Diperta dan BP4K, Kabid Tanaman Pangan dan kabid PSP seluruh Kab./Kota, serta perwakilan dari Babinsa. Kegiatan UPSUS ini merupakan target utama program pembangunan pemerintah tiga tahun ke depan yaitu swasembada pangan mandiri.

Pencanangan Perbaikan Irigasi di Provinsi Jambi dilaksanakan serentak disetiap kota/kabupaten daerah Provinsi Jambi pada tanggal 20 Januari 2015. Pelaksanaannya dilakukan oleh Pemda setempat yang melibatkan Dinas Pertanian Tanaman Pangan tingkat kabupaten, TNI – AD dan BPTP Jambi. BPTP Jambi turut mendampingi acara pencanangan tersebut yang melibatkan para peneliti penyuluh yang bertugas sebagai koordinator wilayah kerja masing-masing.

Untuk daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dilaksanakan di di Desa Sri Agung Kecamatan Batang Asam yang langsung diresmikan oleh Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus didampingi Bupati Tanjung Jabung Barat. Begitupun Pemda Kabupaten Batanghari bekerjasama dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan TNI – AD melaksanakan peletakan batu pertama, pencanangan gerakan perbaikan jaringan irigasi tersier diarea persawahan kelompok tani Payo Dadap Desa Senangin, Kecamatan pemayung. Selanjutnya Kabupaten Sarolangun dilaksanakan di Desa Lubuk sayak, Kecamatan Pelawan. Kota Jambi dilaksanakan di Desa Tanjung Johor, Kecamatan Seberang. Kemudian Kota Sungai Penuh dilaksanakan di Desa Sumur Anyir wilayah kelompok tani Beringin Jaya, Kecamatan Sungai Bengkal. Kabupaten Kerinci di Desa Tanjung Harapan Cupak, Kecamatan Kerinci. Kabupaten Bungo di Desa Bekali, Kecamatan Sepenggal. Kabupaten Muara Jambi pelaksanaannya di Desa Kasang lopak alai, Kecamatan Kumpeh Ulu. Kabupaten Tebo di Desa Penapalan, Kecamatan Tengah Hilir. Setelah pencanangan ini, seluruh kabupaten melaksanakan Rakor UPSUS di masing-masing kabupaten.

LAST_UPDATED2
 
Mempertahankan Laporan Keuangan Kementerian Pertanian dengan Kualitas Terbaik PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Kamalia Muliyanti   
Senin, 19 Januari 2015 00:00

Acara Konsolidasi Laporan Keuangan Tahun 2014 Tingkat Satker dan Wilayah di Propinsi Jambi dilaksanakan di BPTP Jambi sebagai sekretariat UAPPA/B-W Propinsi Jambi dari tanggal 19 – 23 Januari 2015. Acara dibuka oleh Ir. Endrizal, M.Sc selaku Kepala Sekretariat UAPPA/B-W Propinsi Jambi dan dihadiri oleh penanggung jawab kegiatan konsolidasi laporan keuangan tahun 2014 UAPPA/B-W Propinsi Jambi yaitu tim Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, tim Verifikator SAK dan SIMAK BMN Tingkat Pusat, tim reviuw dan Inspektorat Jendral Kementerian Pertanian, panitia pusat dari Biro Keuangan dan Perlengkapan Kementerian Pertanian, Operator SAK dan SIMAK BMN Satker lingkup Pertanian Propinsi Jambi.

Maksud dan tujuan dilaksanakannya konsolidasi laporan keuangan di Propinsi Jambi adalah untuk meningkatkan komitmen pimpinan tentang pentingnya laporan keuangan yang berkualitas, akuntabel dan sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), baik di tingkat Satker, Wilayah, Eselon I dan Kementerian, dan memelihara Opini Laporan Keuangan Kementerian Pertanian agar tetap dalam opini WTP sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Konsolidasi merupakan kegiatan secara integral dan terpadu dimana laporan keuangan dapat dikonsolidasikan dari seluruh satker dengan diverifikasi dan direviuw atau dibimbing/dimonitor serta dievaluasi oleh Tim Pusat dan Daerah termasuk didalamnya verifikasi dokumen sumber mulai dari DIPA, POK, SPJ, SPM-SP2D dan lain-lain.

Kualitas laporan keuangan Kementrian Pertanian Tahun 2013 dari opini “Wajar Dengan Pengecualian (WDP)” menjadi “Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)”,  tak terlepas dari dukungan masing-masing satker untuk menghasilkan laporan keuangan dengan kualitas terbaik.  Kepala sekretariat UAPPA/B-W sangat mengharapkan kepada seluruh satker jangan segan-segan mengutarakan bila ada permasalahan yang dihadapi ataupun masukan positif pada acara konsolidasi ini sehingga diharapkan Propinsi Jambi dapat memberikan dukungan yang positif bagi penilaian Laporan Keuangan Kementrian Pertanian tahun 2014 dan pada akhirnya opini WTP akan tetap diraih dan dapat terus dipertahankan.

LAST_UPDATED2
 
Latihan Menulis itu perlu... PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sari Yanti Hayanti   
Jumat, 16 Januari 2015 00:00

Bisa ala biasa sering kali diucapkan untuk meyakinkan orang-orang yang mulai menyerah ketika mencoba hal baru dan itu termasuk dalam kegiatan menulis. Bagi peneliti, penyuluh, teknisi dan pustakawan untuk dapat menyampaikan hasil pengkajian kepada masyarakat luas maka perlu memiliki kemampuan yang baik dalam menulis. Guna membangkitkan semangat dan memperbaiki kemampuan menulis bagi peneliti, penyuluh, teknisi dan pustakawan maka perlu dilakukan pelatihan.

Pada tanggal 16 Januari 2015 telah dilaksanakan pelatihan singkat penulisan karya ilmiah populer  yang bertempat di kantor BPTP Jambi. Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Populer tersebut dikuti oleh peneliti, penyuluh dan pustakawan BPTP Jambi yang berjumlah 13 orang. Pelatihan singkat tersebut diisi dengan materi Penulisan Buku Ilmiah Populer yang disampaikan oleh peneliti senior BPTP Jambi. Pelatihan yang diadakan dengan prinsip 3S yaitu serius, santai dan selesai tersebut diselingi antara latihan membuat kalimat ilmiah populer dengan diskusi.

Melalui pelatihan singkat tersebut diharapkan peneliti, penyuluh, teknisi dan pustakawan BPTP Jambi dapat meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah populer melalui website dan media cetak.

LAST_UPDATED2
 
UPSUS: Dukungan dari Walikota Jambi sampai ke Petani PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Dr. Lutfi Izhar, SP, M.Sc   
Kamis, 15 Januari 2015 15:00

Kota Jambi merupakan salah satu daerah yang siap meningkatkan produksi padi jagung dan kedelai. Upsus Padi Jagung Kedelai (PJK) telah ditindaklanjuti dengan melakukan rapat koordinasi dan sinkronisasi di tingkat Kota Jambi yang melibatkan pelaksana dan stakeholders yang terkait di lapangan. Kota Jambi mendapat target luas tanam padi mencapai 1.465 ha dengan produktivitas mencapai 4,79 ton/ha dan jagung seluas 50 ha dengan produktivitas 3,6 ton/ha.

Strategi untuk mencapai target tersebut dilakukan dengan melakukan koordinasi dan sinkronisasi tingkat lapangan yang melibatkan petani, kelompok tani, gabungan kelompok tani, penyuluh lapang, unsur TNI (Danramil seluruh Kota Jambi), Dinas Pertanian, BP3K, BP4K, Camat wilayah sentra produksi  dan BPTP Jambi. Pertemuan dilakukan pada tanggal 15 Januari 2015 yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan,  Peternakan dan Perikanan Kota Jambi di Kantor BP4K Kota Baru. Hasil pertemuan tersebut antara lain  mengklarifikasi data dan menyediakan informasi administrasi yang rill tentang luas lahan tersedia, komitmen dan menyemangati petani untuk bercocok tanaman lebih baik, pengenalan program Upsus, sinergitas dilapangan dan keterlibatan TNI, penentuan sementara petani dan lokasi penerima program Upsus dan tindak lanjut pada masa yang akan datang.

Realisasi awal dari kegiatan Upsus adalah ditindaklanjutinya pencanangan sarana pertanian utama yaitu perbaikan jaringan irigasi. Gerakan perbaikan jaringan irigasi tersier melalui peletakan batu pertama di Kota Jambi dilakukan pada tanggal 20 Januari 2015, di lahan Kelompoktani Pematan Luat Rt.05, Kelurahan Tanjung Johor, Kecamatan Pelayangan (1®33’32,7” LS dan 103®37’49,2” BT). Pencanangan dilakukan oleh Bapak Walikota Jambi yang dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, Kasdim 0415 Batanghari, Babinsa, Dinas Pertanian Provinsi, Dinas Pertanian Kota, BP3K,  Bakorluh, PPL, Gapoktan, Poktan dan Peneliti BPTP Jambi. Arahan Bapak Walikota antara lain menerangkan pentingnya tanaman pangan khususnya padi untuk masyarakat Kota Jambi, banyak beras yang masuk dari luar provinsi bahkan impor dari negara lain yang di konsumsi oleh penduduk Kota Jambi, konsep pertanian perkotaan, pertumbuhan penduduk 3,14% pertahun dan alih fungsi lahan yang intensif merupakan salah satu kendala yang dihadapi pertanian di Kota Jambi.

Kegiatan kedepan yang akan dilakukan mendukung Upsus ini adalah penetuan Petani dan Lokasi kegiatan, penyiapan dokumen administrasi, proses tranfer dana langsung ke rekening petani dan pelaksanaan fisik.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com