Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
epetani
Sinartani
eproduk
katam
juknis pengendalian ulat bulu
bank ilmu padi
jambi dlm angka
pustakadigital

Forum Litbang/Katalog Online

Kalender Kegiatan 2014

Pengunjung online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini43
mod_vvisit_counterKemarin243
mod_vvisit_counterMinggu ini1125
mod_vvisit_counterBulan ini5032
mod_vvisit_counterAll181006
Berita Terkini
Pelatihan Pendampingan KRPL di Kota Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Rima Purnamayani, SP, M.Si   
Selasa, 03 Juni 2014 13:43

Kerjasama antara BPTP Jambi dan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kota Jambi selalu terjalin harmonis setiap tahunnya.   Pada tahun 2014 ini kerjasama ini terjalin pada pelatihan pendampingan KRPL di Kota Jambi, yang diselenggarakan pada Selasa 3 Juni 2014 bertempat di Gedung PKK Kota Jambi. Pelatihan yang mengangkat tema Implementasi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Mendukung Program P2KP di Kota Jambi,  diikuti oleh 80 orang peserta terdiri dari Penyuluh Pertanian Kota Jambi, Kelompok Wanita Tani Kota Jambi yang terlibat dalam program KRPL dan P2KP.

Dalam sambutannya, Kepala BKPP Kota Jambi Ir. H.A. Damiri, ME menyatakan bahwa kegiatan P2KP merupakan implementasi dari KRPL harus terus digiatkan di Kota Jambi dan mengucapkan terima kasih kepada BPTP Jambi yang selalu melakukan pendampingan pada kegiatan P2KP ini.  Kepala BPTP Jambi yang diwakili oleh Kasie Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian Rima Purnamayani, SP, M.Si memaparkan sekilas mengenai KRPL di provinsi Jambi serta memotivasi peserta agar terus melaksanakan program pemanfaatan pekarangan ini walaupun tidak mendapat pendampingan secara resmi dari BPTP.

Acara ini dibuka oleh Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Kota Jambi Ibu H. Komariah Abdullah Sani, yang dalam arahannya menyatakan bahwa ketahanan pangan daerah dicerminkan oleh ketahanan pangan keluarga.  Keluarga yang ketahanan pangannya baik akan menjadi roda penggerak pembangunan.  Mempelajari olahan pangan lokal, merupakan hal yang sejalan dengan salah satu Visi Kota Jambi yaitu menggali potensi lokal untuk lebih dikembangkan.   Dalam kesempatan ini juga diserahkan beberapa modul, brosur dan leaflet terbitan BPTP Jambi kepada beliau.

Pelatihan pendampingan KRPL ini mengangkat 3 materi yaitu  Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan yang disampaikan oleh Kepala BKPP Kota Jambi, Implementasi Kawasan Rumah Pangan Lestari Mendukung Program P2KP di Kota Jambi yang disampaikan oleh Koordinator KRPL BPTP Jambi Syafri Edi, SP, serta olahan pangan non beras yang disampaikan oleh Ir. Linda Yanti, M.Si dilanjutkan dengan praktek pembuatan aneka olahan dari ubi rambat dan sukun oleh Dewi Novalinda, SP.

Respon para peserta yang semuanya ibu-ibu ini sangat antusias terutama pada saat praktek pembuatan aneka olahan lokal.  Ada banyak pertanyaan yang dilontarkan para peserta terkait materi memperlihatkan semangat mereka untuk terus memanfaatkan pekarangan di rumah mereka masing-masing.

LAST_UPDATED2
 
Rapat Koordinasi Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) Provinsi Jambi Tahun 2014 PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Defira Suci Gusfarina, SP   
Jumat, 23 Mei 2014 14:20

Pada 21-22 Mei 2014, Provinsi Jambi melaksanakan Rapat Koordinasi P2BN bertempat di Aula Mayang Mangurai Bappeda Provinsi Jambi. Rapat dibuka secara resmi oleh Gubernur Jambi, Drs. H. Hasan Basri Agus, MM dan dihadiri oleh Menteri Pertanian RI yang diwakili oleh Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Ir. Udhoro Kasih Anggoro, MS. Rakor P2BN diikuti oleh 200 peserta yang terdiri dari Tim P2BN Pusat (Ditjen Tanaman Pangan Kementan RI; Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementan RI; Badan Litbang Kementan RI); Kepala Dinas Pertanian Kab/Kota; Kepala BP4K Kab/Kota; Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan Kab/Kota; Koordinator Wilayah BPTP untuk Kab/Kota; BP3K Kab/Kota; Koordinator pengawas Benih Kab/Kota; Koordinator Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Kab/Kota; Penyuluh di Kab/Kota; UPTD Perbenihan; UPTD Balai Pengawas dan Sertifikasi Benih (BPSB) ; UPTD Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) serta stakeholders Badan Meteorologi, Klimatologi dab Geofisika (BMKG), Badan Pusat Statistik (BPS), Balai Karantina Pertanian, PT. PUSRI (Persero), PT. Shang Hyang Seri (Persero) dan PT. Pertani (Persero).

Dalam arahannya Menteri Pertanian RI mengatakan tingkat konsumsi beras nasional 3 juta ton per bulan dan Kementan harus mampu menyediakan pemenuhan untuk 3 bulan hingga jadwal panen berikutnya, maka diupayakan pemenuhan target nasional sebesar 10 juta ton.  Hasil pemantauan di lapangan, Jambi memiliki potensi yang luar biasa untuk meningkatkan produksi beras nasional karena masih banyak lahan tidur dengan sumber air yang memadai, hanya saja perlu dukungan dari pemerintah terutama dinas terkait untuk memulainya.

Provinsi Jambi juga terus mengupayakan peningkatan hasil pertanian terutama beras sesuai dengan target nasional, dengan cara intensifikasi dan ekstensifikasi. Salah satu bentuk dukungan nyata dengan dikeluarkannya Peraturan Gubernur tentang penetapan Kampung Pangan Terpadu yang bertujuan untuk penyediaan pangan bagi penduduk itu sendiri dan juga diharapkan menekan inflasi, ujar Gubernur Jambi dalam sambutannya.

Hari pertama Rakor P2BN ini diisi dengan materi Kebijakan dan Strategi Pencapaian Program oleh Ir. Udhoro Kasih Anggoro, MS (Dirjen Tanaman pangan), Dukungan Balitbangtan dalam Pelaksanaaan P2BN oleh Dr. Ir. Made Jana Mejaya, M.Sc (Balai Besar Penelitian Padi) dan Peran Penyuluh dalam Pendampingan P2BN oleh Dr. Ir. Momon Rusmono, MS (Sekretaris BPPSDMP).

Pada hari kedua diisi oleh Kadis Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jambi, tentang Upaya Pencapaian Program P2BN di Provinsi Jambi, Sekretaris Bakorluh Provinsi Jambi tentang Peran Pendampingan dan Pengawalan Penyuluh dalam mendukung P2BN, Kepala BPTP Jambi tentang Sistem Tanam Jajar Legowo dalam Rangka Meningkatkan Produktivitas Padi dan terakhir dari koordinator  Gerakan Peningkatan Produksi Pangan berbasis Korporasi (GP3K) Provinsi Jambi.

Kegiatan Rakor P2BN Provinsi Jambi ini terlaksana berkat kerjasama Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, Sekretariat Bakorluh Provinsi Jambi dan BPTP Jambi.

LAST_UPDATED2
 
Kelapa Komoditas Pertanian Jambi Masa Depan PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh drh. Sari Yanti Hayanti   
Rabu, 21 Mei 2014 00:00

Tepatnya pada tanggal 21 – 22 Mei 2014, tim pengkaji BPTP Jambi mengikuti Konfrensi Nasional Kelapa (KNK) VIII. KNK VIII yang diselenggarakan atas kerjasama Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian dan Dirjen Perkebunan Pemerintah Provinsi Jambi mengusung tema “Pengembangan Bioindustri Kelapa Berkelanjutan Berbasis Inovasi Teknologi Ramah Lingkungan”. Konfrensi nasional kelapa dihadiri oleh lebih dari 250 peserta yang berasal dari berbagai insatansi pemerintah daerah maupun pusat serta pihak swasta.

Mengawali acara, Gubernur Provinsi Jambi dalam sambutannya mengajak SKPD-SKPD di Provinsi Jambi untuk dapat mendukung pembangunan pertanian Provinsi Jambi kedepan. Selanjutnya, Menteri Pertanian RI yang diwakili oleh Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian berkenan membuka acara KNK VIII ini, menyampaikan bahwa Konfrensi Nasional Kelapa yang dilaksanakan empat tahun sekali sangat diperlukan dalam menanggapi isu lingkungan, kesehatan dan strategi pembangunan pertanian kedepan berbasis bioindustri. Tanaman kelapa memiliki peranan penting dalam pembangunan pertanian karena memiliki potensi yang menjanjikan. Hal ini ditunjukkan dengan pasar yang masih sangat membutuhkan bahan baku kelapa.

KNK diisi dengan mempresentasikan tiga makalah utama dan 12 makalah penunjang serta 21 makalah poster. Keesokan harinya KNK VIII dilanjutkan dengan kegiatan fieldtrip pada tanggal 22 Mei 2014. Lokasi pelaksanaan fieltriep berada di kebun dan industri kelapa di Tanjung Jabung Barat tepatnya di Parit IV Darat Kelurahan Tungkal II, Kecamatan Tungkal Ilir.

LAST_UPDATED2
 
Temu Koordinasi Kegiatan PSDSK di BPTP Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sari Yanti Hayanti   
Jumat, 09 Mei 2014 15:50

Tahun 2014 merupakan tahun terakhir kegiatan strategis Pendampingan Program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau (PSDSK). Kegiatan PSDSK di Provinsi Jambi Tahun 2014 telah pada tahap penentuan lokasi Laboratorium Lapang (LL) dan Sekolah Lapang (SL)  di Desa Pulau Tujuh, Kec. Pamenang Barat, Kabupaten Merangin. Sehubungan dengan hal tersebut pada tanggal 9 Mei 2014, di kantor BPTP Jambi Sungai tiga diadakan pertemuan antara tim Lolit sapi, Tim PSDSK BPTP Jambi dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jambi.

Pertemuan diisi dengan penyampaian profil BPTP Jambi, Petunjuk Pelaksanaan LL dan SL. Usaha Pembibitan dan Penggemukan Sapi Potong serta diskusi tentang rencana kegiatan PSDSK tahun 2014. Diharapkan juga road map kegiatan PSDSK di kabupaten Merangin dapat dibentuk sehingga kegiatan dapat dilakukan secara terstruktur dan pada kesempatan selanjutnya akan disepakati apa saja yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan PSDSK Tahun 2014. Dengan kerjasama antara Dinas Peternakan Provinsi, BPTP dan Lolit Sapi diharapkan kegiatan PSDSK dapat digunakan sebagai acuan untuk mempercepat penerapan komponen teknologi dalam mendukung usaha pembibitan dan penggemukan menuju PSDSK untuk memenuhi kebutuhan daging sapi hasil produksi dalam negeri (10% impor 2014).

LAST_UPDATED2
 
Arahan Tim Irjen Kementan pada Staf BPTP Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Endang. S   
Jumat, 09 Mei 2014 15:42

Jum'at 9 Mei 2014 telah diadakan pertemuan seluruh staf BPTP Jambi dengan tim Inspektur III Inspektoral Jenderal Kementerian Pertanian yang diketuai oleh Bapak Ir. Alwi Munsir Lubis, MM dengan anggotanya Drs. AwanTriyono, MSi  dan Maulana Depila, SE., M.Si. Setelah mengevaluasi pelaksanaan kegiatan yang didanai oleh SMARTD dan bangunan gedung BPTP sehari sebelumnya. Pertemuan dipandu oleh Ir. Endrizal, M.Sc selaku Kepala Balai di Aula Agro Inovasi BPTP Jambi. Dalam arahannya pak Alwi lebih menegaskan agar dalam melaksanakan kegiatan, patuhi aturan, ketentuan dan standar SBU yang sudah ada. Usahakan dalam pengelolaan adminstrasi keuangan harus berimbang dengan pelaksanaan kegiatan fisik di lapangan. Pak Alwi juga menggaris bawaahi masalah disiplin pegawai sesuai Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) no.45 tahun 2014 karena terkait dengan pemberian tunjangan kinerja bagi pegawai dilingkungan Kementerian Pertanian. Temuan pada beberapa di Instansi lain masih ada pegawai-pegawai yang melanggar permentan no. 45 tahun 2014. Harapan beliau seluruh staf BPTP Jambi agar siap melaksanakan tugas dengan mematuhi Permentan tersebut. Ditegaskan pula khusus pemangku jabatan fungsional agar berhati-hati & serius dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan jabatan fungsional yang telah di emban guna menghindari turunnya grade tunjangan kinerja.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com