Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Selamat Datang di BPTP-Jambi
katam
jambi dlm angka
krpl
Sinartani
eproduk

Forum Litbang/Katalog Online

Kalender Kegiatan 2014

Pengunjung online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini153
mod_vvisit_counterKemarin195
mod_vvisit_counterMinggu ini725
mod_vvisit_counterBulan ini5765
mod_vvisit_counterAll202629
Berita Terkini
Evaluasi dan Pendampingan Sistem Informasi dan Komunikasi BPTP Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sari Yanti Hayanti   
Kamis, 18 Desember 2014 00:00

Website BPTP Jambi merupakan salah satu media dalam penyampaian teknologi kepada petani. Guna meningkatkan pelayanan melalui media informasi kepada petani, maka setiap tahunnya diperlukan evaluasi terhadap kegiatan website. Pada tanggal 18-20 Desember 2014 tim Datin (Data dan Informasi) Balitbangtan telah melakukan evaluasi pada kegiatan website, VPN (Virtual Private Network) dan database BPTP Jambi. Kegiatan evaluasi dan pendampingan diikuti oleh tim website, pengguna VPN, tim database dan staf kepegawaian. Dalam evaluasi dan pendampingan tim Datin juga menyampaikan materi untuk memperkenalkan VPN kepada staf BPTP Jambi yang merupakan pengguna. Pada sesi penyampaian materi, peserta pertemuan juga memanfaatkan waktu untuk berdiskusi langsung dengan Tim Datin.

Dalam evaluasi dan pendampingan, tim Datin mengharapkan tim website BPTP Jambi untuk dapat lebih berani lagi dalam menggunakan fitur yang ada pada lama web site. Penggunaan fitur dengan maksimal diharapkan berdampak terhadap peningkatan informasi yang dapat di sampaikan kepada masyarakat.

LAST_UPDATED2
 
Peserta Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) Sumatera Selatan melakukan kunjungan studi ke PTPN VI PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sari Yanti Hayanti   
Rabu, 17 Desember 2014 00:00

Keberhasilan PTPN VI dalam menerapkan model Integrasi Sapi Sawit secara intensif sejak 2012 telah mengundang banyak perhatian dari berbagai pihak, baik secara regional maupun nasional. Salah satunya kelompok peternak dari 3 lokasi SPR di Sumatera Selatan dengan jumlah anggota rombongan lebih kurang 30 orang datang untuk melakukan kunjungan studi pada tanggal 17 Desember 2014. Rombongan tersebut dipandu oleh peneliti BPTP Sumsel, didampingi oleh staf Dinas Peternakan dan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan serta beberapa orang petugas lapang. Dalam perjalanan rombongan singgah di perkantoran BPTP Jambi Pondok Meja untuk bersilaturahmi. Berikutnya salah seorang peneliti BPTP Jambi turut mendampingi perjalanan ke PTPN VI.

Lokasi kunjungan pertama adalah Kantor PTPN VI yang terletak di Jalan Lingkar Barat Kota Jambi. Rombongan dijamu dan mendapat pengarahan langsung dari Dirut PTPN VI dan beberapa pimpinan unit kerja lainnya. Dalam pengarahannya Dirut menyampaikan sistem pemeliharaan ternak yang dilakukan dan perkembangan kegiatan dari tahun ke tahun  Pengarahan yang disampaikan disambut antusias oleh peserta, terbukti dengan banyaknya tanggapan dan pertanyaan yang muncul.

Lokasi berikutnya yang dikunjungi adalah unit peternakan Integrasi Sapi Sawit (ISS) PTPN VI yang berlokasi di Desa Marosebo, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi. Di lokasi ini rombongan dapat melihat langsung aktivitas rutin pemeliharaan sapi. Mulai dari penyiapan pakan berupa perajangan pelepah sawit, pengadukan ransum serta penyimpanan bahan-bahannya. Sistem perkandangan koloni baik untuk penggemukan maupun pembibitan. Sistem penanganan reproduksi serta pengolahan limbah kandang. Selama kunjungan dilokasi ini rombongan didampingi dan mendapat keterangan dari manajer dan petugas kandang. Rombongan merasa puas atas sambutan dan informasi yang telah diterima.

LAST_UPDATED2
 
Kerjasama Balitbangda Jambi dengan BPTP Jambi dalam Kegiatan Pengkajian PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Rima Purnamayani   
Selasa, 16 Desember 2014 00:00

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Jambi bekerjasama dengan BPTP Jambi dalam kegiatan penelitin yang berjudul Kajian Pengembangan Pupuk Organik sebagai Pengganti Pupuk Kimia.  Mekanisme kerjasama ini adalah dengan mengikutsertakan tenaga peneliti BPTP Jambi untuk membuat proposal melaksanakan kegiatan penelitian dan membuat laporan kegiatan, dibantu juga dengan peneliti Balitbangda.

Kajian ini bertujuan untuk untuk mengidentifikasi kondisi existing penggunaan pupuk organik di Provinsi Jambi, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan pupuk organik di Provinsi Jambi dan menganalisis strategi pengembangan pupuk organik di Provinsi Jambi.  Kegiatan ini difokuskan pada kelompok tani yang menerima bantuan UPPO (Unit Pengolahan Pupuk Organik) di Provinsi Jambi, dan responden diambil di 4 kabupaten yang berbeda agroekologinya yaitu Kabupaten Tebo, Kerinci,, Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur.  Responden dikelompokkkan menjadi 3 yaitu petani organik, petani anorganik dan penyuluh pendamping.

Hasil kajian ini menunjukkan bahwa kondisi eksisting pengembangan pupuk organik (UPPO) sangat beragam di setiap lokasi/agroekosistem yang dipengaruhi oleh komoditas yang ditanam yang membuat beragamnya sumber bahan baku pembuatan pupuk organik, ketersediaan hewan ternak penghasil kotoran sebagai bahan baku, kurang lengkapnya UPPO yang diberikan, keaktifan penyuluh pertanian dan ketua kelompok tani dalam membina anggotanya, sehingga ada lokasi yang pengembangan pupuk organiknya sangat baik tetapi ada juga yang tidak aktif, Variabel tenaga kerja dan ketersediaan bahan baku secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap produksi pupuk organic dan Pupuk organik belum bisa menggantikan pupuk kimia karena sifatnya masih menjadi pelengkap.Strategi pengembangan pupuk organik di Provinsi Jambi meliputi:Meningkatkan pemahaman petani mengenai keuntungan penggunaan pupuk organik melalui kelompok tani, memberikan penghargaan bagi petani/kelompok tani yang berkomitmen menggunakan/memproduksi pupuk organik, harga pupuk organik lebih murah dan ramah lingkungan dibandingkan pupuk kimia, Penyediaan tempat khusus yang menyediakan pupuk organik padat dan cair.

LAST_UPDATED2
 
Pengembangan Ayam KUB diakomodir oleh Pemda Provinsi Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Dr. Zubir   
Senin, 15 Desember 2014 00:00

Melalui kerjasama dengan BPTP, Balitbangda Provinsi Jambi menyelenggarakan kegiatan Kaji Terap Ayam KUB pada 2 lokasi di 2 kabupaten yaitu di Desa Teluk Majelis Kecamatan Kuala Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Desa Kademangan Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi. Penentuan lokasi tersebut berdasarkan rekomendasi Dinas Peternakan dan  hasil peninjauan lapangan yang telah dilakukan sebelumnya pada 8 kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

Dalam kegiatan ini tim pelaksana telah menyerahkan 300 ekor parent stock ayam KUB pada masing-masing lokasi. Parent stock yang diserahkan terdiri dari 50 ekor jantan dan 250 ekor betina. Selain menyerahkan bibit ayam, juga disertakan penyerahan pakan, obat-obatan, peralatan kandang, dan bahan untuk perbaikan kandang. Hingga saat ini perkembangan ternak bantuan yang dikelola oleh kelompok peternak tersebut cukup memuaskan. Jumlah ternak yang mati rendah, hanya 1%.

Kegiatan pengembangan ayam KUB tersebut juga melibatkan beberapa instansi pemerintah di kedua kabupaten yaitu Bappeda, Dinas yang membidangi fungsi peternakan, BP4K, dan Pemerintahan Desa. Sehari-harinya kelompok peternak akan didampingi oleh PPL dan tenaga medis/paramedis hewan yang bertugas di lokasi tersebut.

LAST_UPDATED2
 
Evaluasi Teknis Pelaksanaan P2BN Tahun 2014 PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Eva Salvia, SP   
Jumat, 12 Desember 2014 00:00

Pada tanggal 10-12 Desember 2014 telah dilaksanakan evaluasi teknis pelaksanaan P2BN 2014. Pertemuan tersebut diikuti oleh 200 peserta yang berasal dari berbagai instansi yaitu Dinas Pertanian Kabupaten dan Kota se Provinsi Jambi, BP4K Kabupaten dan Kota Se Provisni Jambi, Petugas BPSPT Kabupaten dan Kota se Provinsi Jambi, Perwakilan Pengendali Hama dan Penyakit se Provinsi Jambi, Karantina Kelas I Jambi, Balai Pelatihan Jambi dan  BPTP Jambi. Acara tersebut juga dihadiri oleh Asisten Dua Provinsi Jambi.

Pada acara tersebut BPTP Jambi diminta untuk membawakan materi evaluasi peningkatan produktivitas padi dalam rangka pencapaian P2BN. Pada pemaparannya narasumber dari BPTP Jambi menyampaikan tentang telah tercapainya produksi benih padi dan kedalai selama tahun 2014 serta wilayah penyebaran benih diseluruh kabupaten dan kota Provinsi Jambi. Pada acara evaluasi Teknis pelaksanaan P2BN tahun 2014 juga dilakukan penandatanganan Pakta Integritas Sasaran Produksi TP 2015. Pakta integritas tersebut ditandatangani oleh Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jambi, Kepala Badan Koordinasi Penyuluh Provinsi Jambi dan Kepala BPTP Jambi. Dalam penandatanganan Pakta integritas tersebut, BPTP Jambi mempunyai peran dari segi teknologi dalam menundukung keberhasilan sasaran produksi tahun 2015.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com