Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Selamat Datang di BPTP-Jambi
katam
jambi dlm angka
krpl
Sinartani
eproduk
bank ilmu padi

Forum Litbang/Katalog Online

Kalender Kegiatan 2014

Pengunjung online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini65
mod_vvisit_counterKemarin190
mod_vvisit_counterMinggu ini65
mod_vvisit_counterBulan ini5169
mod_vvisit_counterAll194891
Berita Terkini
Pengembangan Ayam KUB diakomodir oleh Pemda Provinsi Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Dr. Zubir   
Senin, 15 Desember 2014 00:00

Melalui kerjasama dengan BPTP, Balitbangda Provinsi Jambi menyelenggarakan kegiatan Kaji Terap Ayam KUB pada 2 lokasi di 2 kabupaten yaitu di Desa Teluk Majelis Kecamatan Kuala Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Desa Kademangan Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi. Penentuan lokasi tersebut berdasarkan rekomendasi Dinas Peternakan dan  hasil peninjauan lapangan yang telah dilakukan sebelumnya pada 8 kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

Dalam kegiatan ini tim pelaksana telah menyerahkan 300 ekor parent stock ayam KUB pada masing-masing lokasi. Parent stock yang diserahkan terdiri dari 50 ekor jantan dan 250 ekor betina. Selain menyerahkan bibit ayam, juga disertakan penyerahan pakan, obat-obatan, peralatan kandang, dan bahan untuk perbaikan kandang. Hingga saat ini perkembangan ternak bantuan yang dikelola oleh kelompok peternak tersebut cukup memuaskan. Jumlah ternak yang mati rendah, hanya 1%.

Kegiatan pengembangan ayam KUB tersebut juga melibatkan beberapa instansi pemerintah di kedua kabupaten yaitu Bappeda, Dinas yang membidangi fungsi peternakan, BP4K, dan Pemerintahan Desa. Sehari-harinya kelompok peternak akan didampingi oleh PPL dan tenaga medis/paramedis hewan yang bertugas di lokasi tersebut.

LAST_UPDATED2
 
Evaluasi Teknis Pelaksanaan P2BN Tahun 2014 PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Eva Salvia, SP   
Jumat, 12 Desember 2014 00:00

Pada tanggal 10-12 Desember 2014 telah dilaksanakan evaluasi teknis pelaksanaan P2BN 2014. Pertemuan tersebut diikuti oleh 200 peserta yang berasal dari berbagai instansi yaitu Dinas Pertanian Kabupaten dan Kota se Provinsi Jambi, BP4K Kabupaten dan Kota Se Provisni Jambi, Petugas BPSPT Kabupaten dan Kota se Provinsi Jambi, Perwakilan Pengendali Hama dan Penyakit se Provinsi Jambi, Karantina Kelas I Jambi, Balai Pelatihan Jambi dan  BPTP Jambi. Acara tersebut juga dihadiri oleh Asisten Dua Provinsi Jambi.

Pada acara tersebut BPTP Jambi diminta untuk membawakan materi evaluasi peningkatan produktivitas padi dalam rangka pencapaian P2BN. Pada pemaparannya narasumber dari BPTP Jambi menyampaikan tentang telah tercapainya produksi benih padi dan kedalai selama tahun 2014 serta wilayah penyebaran benih diseluruh kabupaten dan kota Provinsi Jambi. Pada acara evaluasi Teknis pelaksanaan P2BN tahun 2014 juga dilakukan penandatanganan Pakta Integritas Sasaran Produksi TP 2015. Pakta integritas tersebut ditandatangani oleh Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jambi, Kepala Badan Koordinasi Penyuluh Provinsi Jambi dan Kepala BPTP Jambi. Dalam penandatanganan Pakta integritas tersebut, BPTP Jambi mempunyai peran dari segi teknologi dalam menundukung keberhasilan sasaran produksi tahun 2015.

LAST_UPDATED2
 
Diseminasi Teknologi Pertanian Melalui Siaran Radio PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sari Yanti Hayanti   
Kamis, 11 Desember 2014 00:00

Salah satu metode diseminasi BPTP Jambi dalam menyampaikan teknologi pertanian yang telah dihasilkan Badan Penelitian Pengembangan Pertanian adalah melalui media elektronik. Kegiatan media elektronik yang telah dilaksanakan diantaranya berupa penyampaian materi teknologi pertanian melalui siaran radio. Dalam penyampaian materi dengan siaran radio, BPTP Jambi telah bekerjasama dengan Radio Republik Indonesia stasiun Jambi. Pada hari kamis, tanggal 11 Desember 2014, Peneliti dan Penyuluh yang merupakan kelompok Pengkaji Sumberdaya dan Sosial Ekonomi telah melakukan rekaman materi teknologi pertanian. Hasil rekaman tersebut akan disampaikan pada acara siaran pedesaan dengan gelombang 88,5 FM.

Materi yang disampaikan oleh narasumber kali ini yaitu:

  1. Aplikasi Fungisida Bubur Bordo Pada Pengendalian Penyakit Kanker Batang Duku
  2. Kalender Tanam Terpadu
  3. Perbaikan Performa Sapi Jantan Melalui Teknologi Pemeliharaan
  4. Lahan Gambut di Jambi
  5. Efisiensi Pasar dan Ekonomi Usaha Ternak Sapi Potong
  6. Ada apa dengan Fenomena Kenaikan Harga Cabe Khususnya di Provinsi Jambi
LAST_UPDATED2
 
Peneliti BPTP Jambi Menjadi Narasumber Workshop Analisis Perubahan Iklim PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sari Yanti Hayanti   
Selasa, 09 Desember 2014 00:00

Pada tanggal 9 Desember 2014 Unit PelayananTeknis Daerah (UPTD) Balai Perlindungan TPH Dinas Pertanian Tanaman Provinsi Jambi mengadakan Workshop Analisis Dampak Perubahan Iklim (DPI) Tanaman HortikulturaTahun 2014. Workshop tersebut diikuti sebanyak 40 peserta yang berasal dari Petugas Fungsional POPT seluruh Provinsi Jambi.

Dalam Workshop tersebut, UPTD BPTPH melibatkan BPTP Jambi sebagai narasumber. Pada kesempatan tersebut BPTP Jambi menugaskan salah satu peneliti, yaitu Dr. Sigid Handoko, S.P., M.Si. untuk menyampaikan materi Penerapan Upaya Penanganan Dampak Perubahan Iklim (DPI) pada Tanaman Hortikultura. Peserta sangat antusias pada materi yang disampaikan oleh Peneliti BPTP Jambi tersebut, yang terlihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh peserta pada sesi diskusi materi. Banyaknya pertanyaan yang disampaikan, menunjukkan bahwa peserta memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap isu lingkungan yang berkaitan dengan upaya penyelamatan terhadap produksi tanaman hortikultura. Melalui materi ini diharapkan dapat diperoleh pemahaman yang lebih lengkap terhadap DPI dan dapat diambil langkah-langkah penerapan menyikapi adanya DPI untuk menyelamatkan pertanian, khususnya pada usaha proteksi tanaman hortikultura.

LAST_UPDATED2
 
Perwakilan Penyuluh se Kabupaten/Kota Provinsi Jambi Kunjungi Visitor Plot BPTP PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sari Yanti Hayanti   
Senin, 08 Desember 2014 00:00

Penyuluh memiliki peran penting dalam mendiseminasikan paket teknologi yang telah dihasilkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Salah satu cara untuk memperkenalkan paket teknologi tersebut adalah dengan memperkenalkan secara langsung kepada penyuluh. Visitor Plot merupakan petak percontohan yang dimiliki BPTP Jambi untuk memperkenalkan paket teknologi Balitbangtan yang langsung dapat dilihat oleh penyuluh, petani, pelajar dan masyarakat secara umum.

Selasa 8 Desember 2014, perwakilan penyuluh se-kabupaten/kota Provinsi Jambi telah melakukan kunjungan ke Visitor Plot BPTP Jambi. Kunjungan diinisiasi oleh Badan Koordinasi Penyuluh (Bakorluh) Provinsi Jambi. Peserta kunjungan berjumlah 60 orang penyuluh termasuk diantaranya penyuluh THL. Kegiatan kunjungan diawali dengan penyampaian pengantar tentang Visitor Plot BPTP Jambi, yang disampaikan oleh Penanggung Jawab Visitor Plot.  BPTP Jambi memiliki beberapa display teknologi di Visitor Plot, diantaranya adalah Display Hortikultura, Karet, Palawija, Kacang-kacangan, Kambing, Ayam KUB dan Sapi.   Pada kunjungan, display yang paling diminati oleh peserta adalah display buah, karet, kambing dan sapi. Melalui kunjungan tersebut, para peserta telah mengetahui beberapa paket teknologi hasil penelitian yang siap digunakan oleh petani peternak. Peserta sangat berharap untuk dapat memperoleh bibit buah dan ternak dengan kualitas baik, sehingga dapat disebarkan ke petani dan peternak.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com