Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
epetani
Sinartani
eproduk
katam
juknis pengendalian ulat bulu
bank ilmu padi
jambi dlm angka
pustakadigital

Forum Litbang/Katalog Online

Kalender Kegiatan 2014

Pengunjung online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini153
mod_vvisit_counterKemarin243
mod_vvisit_counterMinggu ini1236
mod_vvisit_counterBulan ini5143
mod_vvisit_counterAll181116
Berita Terkini
Rekaman Wawancara Di RRI Untuk Siaran Pedesaan PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Rima Purnamayani, SP, M.Si   
Jumat, 24 Oktober 2014 00:00

BPTP Jambi bekerjasama dengan RRI Stasiun Jambi kembali mengadakan rekaman wawancara untuk mengisi Salah satu acara di RRI Jambi tersebut yaitu Siaran Pedesaan. Rekaman ini rutin dilakukan setiap bulan dengan nara sumber para peneliti BPTP Jambi dari masing-masing Kelji. Untuk bulan Oktober, Rekaman wawancara ini dilakukan oleh para peneliti BPTP Jambi kelji MTHP sebagai nara sumber. Rekaman dilaksanakan di Studio PRO 1 RRI Jambi Telanai pura pada gelombang 88,5 FM. Adapun materi yang disampaikan adalah sebagai berikut :

  1. Inovasi Teknologi Pengolahan Bioetanol dari Jerami padi dengan nara sumber yaitu Ir. Lindayanti, MSi
  2. Teknologi Penanganan Panen dan Pasca Panen Padi oleh Dewi Novalinda, SP
  3. Teknologi Penyimpanan Beras oleh Desi Nofriyanti, SP, MSi
  4. Alatdan Mesin Panen/Perontokan Padi di Indonesia Pada Umumnya Untuk Mendukung P2BN oleh Kiki Suheiti, S.TP. M.Eng.
LAST_UPDATED2
 
Inventarisasi SDG di Kabupaten Sarolangun dan Merangin PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sari Yanti Hayanti   
Rabu, 22 Oktober 2014 20:00

Pada tanggal 22 Oktober 2014 tim SDG BPTP Jambi melakukan inventarisasi Sumber Daya Genetik (SDG) di Kabupaten Sarolangun dan Merangin. Inventarisasi di Kabupaten Sarolangun dilakukan di Taman Nasional Bukit Dua Belas dan Desa Lidung sedangkan Dikabupaten Merangin dilakukan di Lembah Masurai.

Inventarisasi di Taman Nasional Bukit Dua Belas diawali dengan koordinasi ke kantor Balai Taman Nasional Bukit Dua Belas melalui Bagian Humas Balai Taman Nasional Bukit Dua Belas. Di Taman Nasional Bukit Dua Belas akan dilakukan inventarisasi tumbuhan obat yang sudah dikoleksi di taman tersebut. Dalam koordinasi tersebut di sampaikan bahwa koleksi tanaman obat yang ada di dalam kawasan tidak bisa dibawa keluar, namun apabila tanaman obat tersebut ditemukan diluar kawasan sampelnya bisa diambil untuk di koleksi. Inventarisasi di Bukit Dua belas dilakukan untuk mendapatkan dokumentasi dan koleksi tumbuhan yang selama ini digunakan oleh suku anak dalam (SAD) dalam pengobatan penyakit dikehidupan sehari-hari. Pada Inventarisasi tim SDG BPTP Jambi didampingi oleh staff UPT Taman Nasional dan  satu orang suku anak dalam (SAD) yang menguasai jenis tumbuhan yang digunakan untuk pengobatan. Dalam inventarisasi tim SDG menemukan 11 jenis tumbuhan yang biasa digunakan sebagai obat oleh suku anak dalam (SAD).  Selain tanaman obat di Kabupaten Sarolangun juga didapatkan titik koordinat dan dokumentasi berupa foto jeruk Lidung.

Inventarisasi di Lembah Masurai di awali dengan koordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Merangin melalui Sekrertaris Dinas. Dalam koordinasi tersebut, Sekrertaris Pertanian sangat mendukung kegiatan inventarisasi yang dilakukan Tim SDG BPTP Jambi. Dalam inventarisasi tersebut Dinas Pertanian berharap, SDG tanaman pangan yang ditemukan di Kabupaten Merangin dapat dikembangkan menjadi salah satu varietas yang mampu menghasilkan produksi yang tinggi. Inventarisasi di Lembah Masurai di dampingi oleh kepala BP3K Lembah Masurai. Pada inventarisasi di Lembah Masurai didapatkan beberapa padi lokal yang sering ditanam petani.

Kegiatan inventarisasi tanaman obat dan padi lokal dilengkapi dengan titik koordinat tempat tumbuh tanaman obat dan penanaman padi lokal. Diharapkan kegiatan inventarisasi SDG ini dapat menambah koleksi sumber daya genetik di BPTP Jambi dan dipelajari lebih lanjut sehingga menghasilkan manfaat bagi dunia pertanian.

LAST_UPDATED2
 
Mengenal Kopi Liberika Tungkal Komposit (Libtukom) Khas Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Rima Purnamayani   
Rabu, 22 Oktober 2014 16:00

Kopi Liberika Tungkal Komposit atau disingkat menjadi Kopi Litbtukom merupakan kopi spesifik lokasi Jambi yang mampu tumbuh di dataran rendah, yaitu di lahan gambut.  Kopi yang dahulunya dikenal dengan nama Kopi Ekselsa ini merupakan khas daerah Tanjung Jabung Barat dan telah ditetapkan sebagai varietas bina melalui Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia No. 4968/SR.120/12/2013 tanggal 6 Desember 2013.

Kopi ini sudah ada semenjak tahun 1940-an dan memiliki cita rasa, daun dan buah yang berbeda dengan kopi robusta atau arabika.  Kopi liberika ini memiliki keunggulan dari ukuran buah kopi yang lebih besar dan produktivitas lebih tinggi dibandingkan robusta, harganya lebih menarik dan bisa berbuah sepanjang tahun dengan panen sekali sebulan serta tidak adanya gangguan hama dan penyakit yang serius.

Saat ini, kopi libtukom sedang gencar-gencarnya dikenalkan oleh Provinsi Jambi sebagai kopi spesifik lokasi daerah Jambi.  BPTP Jambi juga turut mendukung diseminasi kopi libtukom ini, terutama dari program penguatan sistem inovasi daerah.  Teknologi yang diberikan oleh BPTP Jambi berupa teknologi perbanyakan vegetatif secara sambung pucuk karena kondisi eksisting pembibitan adalah dari biji.  Oleh karena itu, perkembangan kopi libtukom dapat lebih meluas dan bisa lebih dikenal oleh masyarakat di luar Tanjung Jabung Barat.

LAST_UPDATED2
 
Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDA) Melalui Model Pembangunan Pertanian Perdesaan Melalui Inovasi (MP3MI) PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Dr. Araz Meilin   
Rabu, 22 Oktober 2014 15:00

BPTP Jambi menjadi salah satu instansi yang harus mendukung penguatan Sistem  Inovasi Daerah (SIDA) di Provinsi Jambi.  Penguatan SIDA ini bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbangda) Provinsi Jambi, Kantor Litbangda Tanjung Jabung Barat serta Lembaga Penelitian Universitas Jambi.  Salah satu strategi BPTP Jambi untuk penguatan SIDA ini adalah melalui Model Pembangunan Pertanian Perdesaan Melalui Inovasi (MP3MI). Lokasi kegiatan ini adalah Desa Mekar Jaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dengan komoditas utama kopi liberika tungkal komposit (Libtukom).

Kopi libtukom merupakan kopi spesifik lokasi Tanjung Jabung Barat yang adaptif tumbuh di lahan gambut.  Terdapat beberapa permasalahan mengenai budidaya kopi tersebut yaitu pengolahan kopi basah karena kehilangan hasil masih masih tinggi; limbah kulit kopi yang berlimpah dan pemanfaatannya masih jarang, hama dan penyakit pada tanaman kopi, jarak tanam belum seragam, kuantitas produksi per hektar per tahun (saat ini rekomendasi Puslitkoka adalah 600-800 kg per hektar per tahun, sedangkan perhitungan petani sampai 1,2-1,5 ton per hektar per tahun) serta pemasaran kopi dilakukan dalam bentuk kopi beras dengan harga Rp. 38.000 per kg (kopi Liberika) dan Rp. 18.000,- (kopi Arabika dan Robusta) ke Malaysia.

Program mP3MI harus mengupayakan peningkatan pendapatan masyarakat melalui inovasi yang diberikan oleh BPTP.  Dari permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dilakukan oleh BPTP Jambi  adalah menindaklanjuti melalui teknologi pembuatan kompos dari limbah kulit kopi. Pada bulan lalu telah dilaksanakan pelatihan pembuatan kompos dari limbah kulit kopi. Pada kesempatan ini, BPTP Jambi membantu pembangunan rumah kompos di 3 kelompok tani yaitu Kelompok Sri Utomo I, II dan III.  Pelatihan dihadiri oleh 65 orang peserta. Turut hadir pada acara pembukaan pelatihan adalah Kepala BP3K Kec. Betara, PPL Pendamping, Lurah setempat dan Tim SIDa dari Kantor Litbangda Kab. Tanjung Jabung Barat.  Selain dihadiri oleh petani dari masing-masing kelompok, juga turut hadir mahasiswa yang sedang melakukan KKN dari Universitas Jambi.  Praktek praktek pengolahan limbah kopi dilaksanakan pada tiap kelompok. Pengolahan limbah kopi dilaksanakan dengan 3 perlakuan yaitu : 1) pemberian Trichoderma, 2) Pemberian EM4, 3) Pemberian Trichoderma+EM4.  Masing-masing cara kerja disampaikan melalui leaflet kepada peserta.

Sampai saat ini, kompos masih dalam proses dekomposisi dan secara visualisasi, perlakuan pemberian trichoderma+EM4 terlihat lebih cepat matang walaupun belum sempurna.  Diperkirakan pada akhir bulan November akan panen kompos.

LAST_UPDATED2
 
Temu Lapang Usaha Sapi Potong di Kabupaten Merangin PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sari Yanti Hayanti   
Kamis, 18 September 2014 00:00

Pada 16 September 2014, telah dilaksanakn temu lapang teknis usaha sapi potong di Desa Pulau Tujuh Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin. Temu lapang tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pendampingan Program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau Tahun 2014 di Provinsi Jambi. Temu lapang dihadiri oleh lebih dari 90 orang, terdiri dari Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Merangin, Kepala BP4K Kabupaten Merangin, Narasumber dari Loka Penelitian Sapi Potong Grati, staf Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Merangin, peneliti BPTP Jambi, penyuluh dan paramedis serta peternak sapi potong di Kecamatan Renah Pamenang, Pamenang Selatan dan Pemenang Barat.

Acara ini  diawali dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Kepala BPTP Jambi dan Kepala BP4K Kabupaten Merangin dan dibuka oleh Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Merangin. Dalam sambutannya, kepala Disnakkan Kabupaten Merangin menyampaikan bahwa Kabupaten Merangin memiliki potensi yang besar dalam pengembangan populasi sapi. Potensi tersebut diantaranya sumber bahan pakan yang tersedia dan tingginya kemauan peternak dalam mengaplikasikan teknologi. Kepala Disnakkan menyatakan dukungannya kepada BPTP Jambi atas Pendampingan yang telah dilakukan. Dukungan Disnakkan akan di wujudkan  dengan menupayakan pemenuhanan terhadap kekurangan alat pencacah pelepah sawit yang masih sangat dibutuhkan peternak.

Setelah sambutan dan pembukaan, dilakukan penyerahan bahan publikasi secara simbolis oleh narasumber dari Grati kepada Disnakkan Kabupaten Merangi, BP4K Kabupaten Merangin dan Peternak yang disaksikan oleh Kepala BPTP Jambi. Kepala BP4K Kebupaten Merangin juga menyampaikan bahwa BPTP Jambi telah memberikan dukungan terhadap pendampingan  berupa pendampingan yang akan dilakukan oleh penyuluh-penyuluh yang telah ditugaskan pada lokasi kegiatan. Rangkaian acara juga diisi dengan presentasi oleh nara sumber dari Loka Penelitian Sapi Potong Grati Jawa Timur. Sebagai penutup, dijelaskan mengenai bahan pakan yang telah dibawa untuk menjadi bahan contoh bagi petani peternak oleh narasumber dari grati.

Suasana temu lapang tampak sangat hidup dikarenakan banyaknya pertanyaan yang disampaikan peserta selama acara berlangsung. Antusias peserta juga telihat dari masih banyaknya peternak yang mengikuti temu lapang yang ditutup pada pukul 17.00 Wib.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com