Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
eproduk
katam
juknis pengendalian ulat bulu
bank ilmu padi
jambi dlm angka
pustakadigital
epetani
Sinartani

Forum Litbang/Katalog Online

Kalender Kegiatan 2014

Pengunjung online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini207
mod_vvisit_counterKemarin334
mod_vvisit_counterMinggu ini1427
mod_vvisit_counterBulan ini4663
mod_vvisit_counterAll187185
Berita Terkini
Pelatihan Manajemen Pemeliharaan Ayam KUB PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sari Yanti Hayanti   
Selasa, 18 November 2014 00:00

Tahun 2014 BPTP Jambi bekerjasama dengan Badan Penelitian Daerah Provinsi Jambi dalam kegiatan kaji terap ayam Kampung Unggul Badan Litbang Pertanian (KUB). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan ayam KUB yang memiliki kemampuan bertelur lebih baik dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Dalam kegiatan kaji terap tersebut salah satu tahapan yang dilaksakan adalah pelatihan manajemen pemeliharaan.

Pelatihan manajemen telah dilakukan pada tanggal 18-20 November 2014 yang diikuti 20 peserta,  terdiri dari peternak kooperator yang berasal dari dua kabupaten yaitu Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Muoro Jambi. Selain itu, diikuti juga oleh penyuluh pendamping peternak kooperator di dua kabupaten tersebut serta perwakilan dari Balitbangda Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Muro Jambi, perwakilan dinas peternakan Kabupaten Muaro Jambi dan Dinas Peternakan Provinsi Jambi.

Materi pada pelatihan disampaikan oleh teknisi dari Balai Penelitian Ternak Ciawi dan Peneliti dari BPTP Jambi. Pelatihan diisi dengan berbagai materi diantaranya Inseminasi Buatan pada unggas, penetasan telur dengan mesein tetas, seleksi kelamin jantan dan betina pada umur satu hari (sexing), pengolahan limbah, pembuatan pakan probiotik, pengenalan penyakit dan manajemen pengobatan, serta biosekuriti. Selain pemberian materi pada pelatihan juga dilakukan praktek langsung dengan melibatkan display Ayam KUB Visitor Plot BPTP Jambi. Melalui pelatihan manajemen pemeliharaan ayam KUB diharapkan peternak kooperator, penyuluh pendamping dan perwakilan dari dinas dapat mengembangkan ayam KUB di Kabupaten masing-masing dan dapat menjadi contoh bagi kabupaten lainnya.

LAST_UPDATED2
 
Paket Teknologi Budidaya Memacu Kedelai Tumbuh pada Kondisi Lingkungan yang Tidak Mendukung PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sari Yanti Hayanti   
Selasa, 11 November 2014 00:00

Dalam rangka perbanyakan benih sumber di Provinsi Jambi, BPTP Jambi telah melakukan kegiatan penanaman kedelai di tiga kabupaten yang salah satunya di Kabupaten Batanghari. Lokasi penanaman kedelai bertempat di Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Muaro Sebo. Lokasi penanaman kedelai termasuk wilayah dengan agroekosistem rawa lebak atau tadah hujan. Dalam perkembangan kegiatan penanaman dengan kondisi cuaca yang ekstrim pada cuaca panas dan kabut asap menunjukkan perkembangan vegetatif yang baik. Perkembangan yang baik pada tanaman dalam kegiatan ini didukung dengan paket teknologi yang diterapkan oleh BPTP Jambi.

Paket teknologi yang diterapkan pada penanaman kedelai berupa penggunaan benih kedelai varitas Anjasmoro dan Gema yang berlabel dan bermutu, penerapan teknologi budidaya dengan pemberian kapur menggunakan dolomit dengan rekomendasi 500 kg/ha, pemupukan dengan dosis 200 kg Ponska/ha pada umur kedelai 21 hari, jarak tanam 40 cm x 25 cm serta fasilitas kanal sebagai tata kelola air. Selain paket teknologi tersebut, upaya perbanyakan benih sumber di Kabupaten Batanghari melibatkan penyuluh pendamping yang ada di kecamatan tersebut dan 23 orang petani kooperator. Melalui kegiatan perbanyakan benih sumber dengan penerapan teknologi yang tepat diharapkan  Provinsi Jambi mampu memenuhi kebutuhan benih kedelai bagi petani.

LAST_UPDATED2
 
Berbagi Pengetahuan di BPTP Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Rima Purnamayani   
Selasa, 11 November 2014 00:00

Selasa 11 November 2014, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi mendapat kunjungan Prof. (Riset). Dr. Ir. Muhammad Arifin, MS, Dr. Ir. Darman Maoudar Arsyad, MS dan Ir. Agus Muharam, MS.  dari Balai Besar Pengkajian Teknologi Pertanian (BBP2TP) dalam rangka monitoring dan evaluasi kegiatan Sumber Daya Genetik (SDG).

Pada kesempatan itu Ir. Agus Muharam, MS juga berbagi pengetahuan kepada sekitar 20 orang peneliti dan penyuluh BPTP Jambi. Beliau berbagi ilmu mengenai bagaimana cara mengevaluasi penerapan teknologi yang telah diterapkan dan analisis data hasil pengkajian teknologi pertanian dengan metode statistik non parametrik. Informasi ini sangat berguna bagi semua pengkaji karena dari data yang sederhana dapat dikemas menjadi sebuah tulisan yang bermakna. Diharapkan para pengkaji dapat menghasilkan lebih banyak lagi karya tulis ilmiah yang berkualitas.

LAST_UPDATED2
 
Dukungan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi pada Musyawarah Penyusunan Programa Penyuluhan Kota Sungai Penuh Tahun 2015 PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Syafri Edi   
Senin, 10 November 2014 09:41

Rabu 29 Oktober 2014 Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi, ikut berpartisipasi dalam Musyawarah Penyusunan Programa Penyuluhan Kota Sungai Penuh Tahun 2015, yang dilaksanakan oleh Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kota Sungai Penuh. Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Sungai Penuh Drs. Pusri Amsy mewakili Wali Kota Sungai Penuh. Dalam sambutannya Wali Kota menyatakan bahwa Penyusunan Program Penyuluhan sebaiknya terkoordinir antara dinas dan instansi terkait, sehingga akan diperoleh hasil yang maksimal, Tenaga Penyuluh Pertanian yang berhadapan langsung dengan petani hendaknya mampu memberikan penyuluhan sesuai dengan kebutuhan teknologi ditingkat lapangan, lebih lanjut disampaikannya bahwa “Peningkatan Produksi Tidak ada Artinya Tanpa dibarengi dengan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat”.

Pada kesempatan ini, Dr. Salwati, SP. M.Si dari BPTP Jambi mempaparkan tentang Kalender Tanam Terpadu. Beliau menyatakan  bahwa Kalender Tanam Terpadu padi sawah, merupakan panduan atau alat bantu yang menginformasikan secara spasial dan tabular tentang: Prediksi iklim dan musim hujan, Awal waktu tanam, Pola tanam, Potensi luas tanam, Wilayah rawan banjir, kekeringan, dan terkena serangan OPT, Rekomendasi varietas dan kebutuhan benih, Rekomendasi dan kebutuhan pupuk, Mekanisasi pertanian, Kalender Tanam Rawa dan Info tanam BPP untuk tanaman padi, jagung dan kedelai hingga level kecamatan. Selanjutnya dikatakan dari hasil verifikasi kalender Tanam MT 2011/2012, 65% memiliki kemiripan waktu dengan petani, hal ini didukung oleh : (a) Informasi prediksi iklim (BMKG) yang bagus, (b) Analisis Katam yang tepat, (c) Delivery yang baik dan 35% tidak mirip: karena (a) Ada prediksi yang tidak tepat, (b) Petani yang tidak “taat” (c) Kehadiran saprotan yang tidak tepat waktu dan (d) Kondisi alam yang tidak mungkin merubah waktu tanam lokal. Dari hasil diskusi prakiraan Katam di Kota Sungai Penuh : Tanam Padi I November III-Desember I seluas 3.471 ha, untuk itu BPTP Jambi akan membuat demplot pengkajian pada kawasan BP3K kecamatan Tanah Kampung, juga disepakati bahwa rekomendasi Kalender Tanam berdasarkan BMKG untuk Kota Sungai Penuh musim tanam adalah sepanjang tahun, karena didukung oleh curah hujan dan adanya air irigasi.

LAST_UPDATED2
 
Pengelolaan Sumber Daya Genetik Spesifik Jambi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Dr. Desi Hernita & drh. Sari Yanti Hayanti   
Senin, 10 November 2014 00:00

Pada tanggal 10 November 2014 telah dilakukan monitoring dan evaluasi kegiatan Sumber Daya Genetik BPTP Jambi oleh Tim Monev SDG dari BBP2TP. Pada evaluasi Tim SDG BPTP Jambi menyampaikan hasil inventarisasi dan karakterisasi yang telah dilakukan di Kabupaten Sarolangun, Merangin, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Tebo dan Muaro Jambi. Inventarisasi padi lokal yang telah diperoleh hingga bulan November tahun 2014 sebanyak 116 asesi dan telah dikarakterisasi sebanyak 66 asesi yang merupakan hasil inventrisasi tahun 2013. Pada evaluasi Tim SDG telah memberikan masukan kepada Tim SDG BPTP Jambi untuk dapat melanjutkan kegiatan yang telah dilakukan. Diharapkan hasil inventarisasi dan karakterisasi yang dilakukan oleh Tim SDG BPTP Jambi dapat menambah kekayaan khasanah SDG Nusantara.

Di BPTP Jambi, tim monev mengunjungi visitor plot yang merupakan lokasi untuk koleksi tanaman padi lokal, buah-buahan dan tanaman hutan. Monitoring SDG hari kedua dilanjutkan dengan mengunjungi kebun koleksi Balai Pengembangan Tanaman Anggrek dan Kultur Jaringan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jambi. Ternyata banyak sekali tanaman langka yang terdapat disini seperti tanaman hias (80 aksesi anggrek alam, 7 asesi anggrek tanah dan 1 asesi bunga tanjung). Berbagai jenis buah langka juga ditemui disini, seperti  buah buni, matoa, kepel, kecapi, sawo kecik, rukam, enam-enam, rambe, cincau, mundu,  jambu mawar, ketapang, lobi-lobi, cermai cina, durian selat, sirsak ratu masing-masing 1 asesi, dan duku serta jeruk pamelo masing-masing 2 aksesi. Tanaman hutan atau jenis kayu-kayuan juga terdapat disini, antara lain ketapang, kari, kayu putih, bulian, tembesu, surian, trembesi dan gaharu, masing-masing 1 asesi.

Tanaman-tanaman langka tersebut, sebagian belum dikarakterisasi dan dimanfaatkan, serta dikembangkan. Ini merupakan tugas BPTP kedepan agar tanaman tersebut dapat dilestarikan sehingga tidak punah.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com