• Font size:
  • Decrease
  • Reset
  • Increase

KASI. KERJA SAMA DAN PELAYANAN PENGKAJIAN


Nama : Dr. Lutfi Izhar, SP, M.Sc

Email  :  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 Profil Lengkap :

 Dr. Lutfi Izhar, SP., MSc mendapat gelar Sarjana (Budidaya Pertanian/Agronomi) pada tahun 1998 dari Universitas Jambi. Pendidikan S2 (Agronomy-farming systems) diperoleh dari University of the Philippines at Los Baños tahun 2002 dengan thesis “Geo-spatial Analysis for  Corn Production Areas in Isabela Province, Philippines”,   sekaligus memperoleh  Gama Sigma Delta.  Pendidikan S3 (Agronomi dan Hortikultura) diselesaikan tahun 2012, Summa Cum Laude, dengan judul disertasi “Rekomendasi Pemupukan Fosfor dan Kalium untuk Tanaman Tomat Berdasarkan Uji Tanah di lahan Inceptisols”. Post doctoral dilakukan pada tahun 2013 dengan memperdalam “Conservation Agriculture for Vegetable in Urban Areas” di North Carolina Agriculture and Technical State University, USA.      

 

Awal karier sebagai detaser kegiatan “Gema Palagung” tahun 1998-1999  di Kabupaten Tanjung Jabung. PNS diangkat pada tahun 1999, bergabung sebagai peneliti sumberdaya pada tahun 2003 sebagai peneliti pertama dengan bidang kepakaran “Sistem Usaha Pertanian”, menjadi ketua kelompok pengkaji sumber daya pada tahun 2004 s/d 2008. Peneliti muda diperoleh pada tahun 2008. Kembali menjadi ketua kelji sumberdaya tahun 2013. Pada tahun 2014 dan 2015 ditugaskan oleh BBP2TP dan Badan Litbang Pertanian menjadi sebagai Mentor Detaser di Loka Pengkajian Teknologi Pertanian (LPTP) Kepulauan Riau.

 

Beberapa penelitian berhubungan dengan sumberdaya dan budidaya telah di kaji bersama dengan peneliti yang ada di BPTP Jambi dan Stakeholder lainnya. Sebanyak sekitar 24 buah tulisan telah dipublikasi dalam bentuk prosiding dan jurnal. Beberapa seminar telah dihadiri baik yang dilakukan didalam maupun diluar negeri. Tahun 2014 mendapatkan dana dan masuk kedalam program Collaborative Research Center (CRC) 990, “Gottingen University Jerman, Universitas Jambi, IPB dan LIPI” sebagai “Associate Member”.  Kerjasama penelitian lainnya dilakukan dengan pemerintah daerah baik di Provinsi Jambi maupun di Provinsi Kepri.  Saat ini bidang penelitian yang sedang ditekuni adalah tanaman hortikultura dan padi. Organisasi yang masih dan telah diikuti antara lain HKTI Jambi dan Perhimpunan Hortikultura Indonesia (Perhorti).

 

 

Switch mode views:

Style Sitting

Fonts

Layouts

Direction

Template Widths

px  %

px  %