• Font size:
  • Decrease
  • Reset
  • Increase

Ir. Yarda

Unit Kerja : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi
Pendidikan : S1
Jabatan : Peneliti Madya
Bidang Penelitian : Budidaya Tanaman
E-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

 

 

 

 

 

 

Profil Lengkap :

Ir. Yardha mendapatkan gelar Sarjana Pertanian (program studi Budidaya Pertanian) pada tahun 1990 dari Universitas Muhammad Yamin Solok (UMMY). Mulai bekerja sebagai tenaga honorer tahun 1983 di Balai Penelitian Tanaman Pangan (Balittan) Sukarami, Sumatera Barat tergabung pada kelompok peneliti Pemuliaan Tanaman Pangan. Pada tahun 1991 diangkat menajdi PNS. Pada tahun 1993 di tugas ke Kebun Percobaan Lampineung Banda Aceh. Pada tahun 1995 Kebun Percobaan Lampineung Banda Aceh berubah menjadi Loka Pengkajian Teknologi Pertanian (LPTP) Banda Aceh dan tergabung pada kelompok peneliti Budidaya Pertanian. Tahun 2000 kondisi Aceh kurang aman ditempatkan sementara di Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknoogi Pertanian (IPPTP) Jambi. Sejak bulan Maret 2001 di pindah tugas ke Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi tergabung pada kelompok Peneliti Budidaya sampai sekarang. Sebelum jabatan sekarang, beberapa tugas yang telah diembannya yaitu: Anggota Pemuliaan tanaman Balai Penelitian Tanaman Pangan Sukarami (1991 – 1994); Anggota peneliti Loka Pengkajian Teknologi Pertanian Banda Aceh (1995 – 1999); Pemimpin Bagian Proyek PPSUT Aceh TA. 1997/1998 dan 1998/1999; Pemimpin Bagian Proyek Pembinaan Kelembagaan Litbang Pertanian (ARMP-II) Aceh TA. 1999/2000.

Jenjang Fungsional Asisten Peneliti Muda diperoleh pada Desember 1993, Ajun Peneliti  Muda diperoleh pada Agustus 1995, Ajun Peneliti Madya diperoleh pada Desember 1998, Peneliti Muda diperoleh pada Desember 2001, Peneliti Madya diperoleh pada Oktober 2005. Ahli Penelti Madya pada Maret 2011 dengan ketertarikan dalam bidang budidaya pertanian.

Sebagai fungsional peneliti, sering diminta dan ditugaskan BPTP Jambi sebagai narasumber tingkat kelompoktani, dinas dan instansi terkait dibidang pertanian baik di kabupaten/kota, provinsi maupun tingkat nasional. Juga sering mengikuti Seminar/pertemuan ilmiah, raker, workshop dan telah menghasilkan puluhan karya tulis ilmiah yang dimuat pada beberapa prosiding dan jurnal regional maupun nasional.

Sebagai fungsional peneliti, sering diminta dan ditugaskan BPTP Jambi sebagai narasumber tingkat kelompoktani, dinas dan instansi terkait dibidang pertanian baik di kabupaten/kota, Provinsi maupun tingkat nasional. Juga sering mengikuti Seminar/pertemuan ilmiah, raker, workshop dan telah menghasilkan puluhan karya tulis ilmiah yang dimuat pada beberapa prosiding dan jurnal regional maupun nasional.

Pelatihan, yang pernah diikuti, diantaranya : Komputer dan statistik, Penulisan ilmiah populer, Metode survey PRA/RRA, Penulisan naskah ilmiah, Pengendalian Hama Terpadu dan Pengelolaan Tanaman Terpadu, dan Penulisan hasil-hasil penelitian.

Seminar/Pertemuan Ilmiah, Raker dan Workshop diantaranya:

  1. Ekspose dan Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian Mendukung PENAS XII, Sembawa.
  2. Ekspose Hasil-Hasil Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian Mendukung Pekan Nasional Pertemuan Kontak Tani Nelayan (PENAS) XIII, Tenggarong Kalimantan Timur.
  3. Ekspose Hasil-Hasil Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian Mendukung Pekan Nasional Pertemuan Kontak Tani Nelayan (PENAS) XIV  Malang Jawa Timur.
  4. Lokakarya dan Ekspose/Pameran Percepatan Penerapan IPTEK & Inovasi Teknologi Mendukung Ketahanan Pangan dan Revitalisasi Pembangunan Pertanian, Jambi.
  5. Pekan Pertanian Spesifik Lokasi Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, Medan.
  6. Seminar Regional Agroinovasi Sumberdaya Lokal Ramah Lingkungan Untuk Wilayah Sumatera, Banda Aceh.

Publikasi :

 Beberapa karya tulis ilmiah yang telah dipublikasi, antara lain;

  1. Evaluasi keragaan beberapa varietas kelapa sawit di pertanaman komersil Tahun 2010.
  2. Aplikasi budidaya kopi arabika melalui lahan dataran tinggi Tahun 2010.
  3. Kajian usahatani benih kedelai (Glizyne max. L) lahan pang surut Tahun 2010.
  4. Peningkatan kapasitas penagkaran benih kedelai melalui teknologi  budidaya  di lahan pasang surut Provinsi Jambi Tahun 2011.
  5. Penyimpanan Benih Spesifik Lokasi  Untuk Menjamin Ketersediaan Benih  Kedelai Tahun 2012.
  6. Upaya Peningkatan Produktivitas Padi Melalui Varietas Unggul Baru Mendukung Swasembada Berkelanjutan Di Provinsi Jambi Tahun 2013.
  7. Model Pengembangan Teknologi Budidaya Padi Sawah Varietas Unggul Baru Di Kabupaten Tebo Jambi Tahun 2013.
  8. Optimasi Produksi Padi di Lahan Rawa Pasang Surut Dalam Menyokong Peningkatan Indek Panen Padi Tahun 2013.
  9. Penerapan teknologi budidaya kedelai di lahan pasang surut Tahun 2013.
  10. Sekolah lapang pengelolaan tanaman terpadu mendukung peningkatan produktivitas padi  di lahan rawa pasang surut Tahun 2013.
  11. Percepatan Adopsi Varietas Unggul Baru Kedelai di Lahan Pasang Surut Tahun 2013.
  12. Peningkatan Produksi Melalui Pendampingan SL-PTT Kedelai Di Kabupaten Tanjung Jabung Timur Tahun 2014.
  13. Peluang Usaha Hasil Usaha Tani Virgin Coconut Oil Di Indonesia Tahun 2014.
  14. Peluang Pemanfaatan Lahan Pekarangan Dalam Mendukung Pendapatan Rumah Tangga  (Studi Kasus M-KRPL Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi) Tahun 2014.
  15. Kajian Teknologi Budidaya Dalam Upaya Peningkatan Produksi Kedelai di Lahan Pasang Surut 2014.
  16. Peningkatan Produksi Melalui Analisis Kelayakan Usahatani Kedelai Di Kabupaten Tanjung Jabung Timur 2014.

 

Switch mode views:

Style Sitting

Fonts

Layouts

Direction

Template Widths

px  %

px  %