JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Ir. Linda Yanti, M.Si

Unit Kerja : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi
Pendidikan : S2, IPB Bogor
Jabatan : Peneliti Muda
Bidang Penelitian : Teknologi Pascapanen
E-mail : lindayanti64@yahoo.com

 

 

 

 

 

 

 

 

Profil Lengkap :

Ir. Linda Yanti. M.Si mendapatkan gelar Sarjana Teknologi Hasil Pertanian (Jurusan Teknologi Pertanian) pada tahun 1990 dari Universitas Andalas (UNAND) Padang. Pendidikan S2 (Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Perdesaan) diperoleh di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun 2002. Pada awal bekerja di Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian bergabung di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Bogor mulai Tahun 1992 – 1999. Pada Tahun 1999 sampai saat ini bekerja di  Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi dibawah kelompok pengkaji Mekanisasi dan Teknologi Hasil Pertanian (MTHP). Awal bekerja di Balittro banyak terlibat pada penelitian  tanaman rempah dan obat yang terkait dengan kegiatan Pasca panen dan pengolahan hasil. Sejak bekerja di BPTP Jambi melakukan pengkajian spesifik lokasi di bidang mekanisasi dan teknologi hasil pertanian serta diseminasi hasil – hasil pengkajian. 

Jenjang fungsional Asisten Peneliti Muda diperoleh pada tahun 1995 dalam bidang Teknologi Pengolahan Hasil dan saat ini sudah menduduki jenjang fungsional Peneliti Muda. Pengalaman dalam pengelolaan manajemen pengkajian dan diseminasi meliputi : Penanggung Jawab Kegiatan Diseminasi (2004 – 2014), Asisten Teknis (tahun 2007 – 2009) dan selanjutnya dipercaya sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) sekaligus Penangggung Jawab RDHP  Program FEATI/P3TIP (didanai oleh Bank Dunia selama periode tahun 2009 – 2012).  Pada periode 2011 – 2013 diberi kepercayaan untuk menduduki jabatan Eselon IV sebagai Kasie Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian. Dari tahun 2012 dipercaya sebagai Kordinator Bidang Penelitian kegiatan Kerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi pada program “Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisional (SP3T) Jambi. Pengalaman penelitian dan pengkajian selama ini yang utama dalam bidang pasca panen dan pengolahan hasil tanaman spesifik lokasi seperti tanaman kelapa dalam di wilayah pasang surut, nanas Tangkit dan karet serta tanaman hortikultura lainnya.

Pelatihan yang pernah diikuti antara lain “Social Dimension of Agricultural Research Training” di Bukittinggi tahun 2011, ”Penulisan Buku Ilmiah Populer” di Bandung tahun 2014. Tahun 2015 dipercaya sebagai Penanggung jawab kegiatan Pengembangan Nanas – Sapi Menuju Pertanian Bioindustri Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan di Provinsi Jambi.

Publikasi :

Judul Thesis : Pengaruh Bahasa dan jenis ilustrasi pada buklet terhadap peningkatan pemahaman petani tentang pendayagunaan melinjo (Kasus di Desa Kasang Lopak Alai Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi).

Beberapa karya tulis ilmiah yang telah dipublikasi, antara lain;

  1. Teknologi penggoreng vakum pada pengolahan keripik nangka untuk menunjang agro industri di Provinsi Jambi. Prosiding Seminar Nasional Inovasi teknolig Mendukung Peningkatan Produksi Pangan Nasional dan Pengembangan Bioenergi Untuk kesejahteraan Masyarakat. Palembang tahun 2007.
  2. Keamanan Pangan pada pasca panen sayuran.Prosiding Lokakarya Nasional Percepatan Penerapan IPTEK dan Inovasi Teknologi Mendukung Ketahanan Pangan dan Revitalisasi Pembangunan Pertanian. Jambi tahun 2007.
  3. Potensi dan Peluang Pengembangan teknologi pengolahan melinjo dalam mendukung ketahanan pangan di Provinsi jambi. Prosiding Seminar Nasional HPS ke 33. Optimalisasi Sumberdaya lokal melalui diversifikasi pangan menuju kemandirian  pangan dan perbaikan gizi masyarakat menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean 2015. Padang. 2013.
  4. Teknologi pengolahan sirup kelapa ramah lingkungan untuk pemberdayaan petani di lahan pasang surut Provinsi Jambi.Prosiding Konferensi Nasional Kelapa (KNK) VIII. Jambi tahun 2014.
  5.  Potensi Pengembangan teknologi pengolahan nanas (Ananas comusus L. Merr) menuju bioindustri di Provinsi Jambi. Prosiding Seminar Nasional buah tropis. Padang tahun 2014.