JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Rima Purnamayani, SP, M.Si

Unit Kerja : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi
Pendidikan : S2, Institut Pertanian Bogor
Jabatan : Peneliti Muda
Bidang Penelitian : Kesuburan Tanah dan Biologi Tanah
E-mail : rimacahyo@litbang.pertanian.go.id atau rimacahyo@yahoo.com

 

 

 

 

 

 

 

Profil Lengkap :

Rima Purnamayani, SP, M.Si mendapatkan gelar Sarjana Pertanian (program studi Ilmu Tanah) pada tahun 1999 dari Universitas Sriwijaya. Pendidikan S2 (Program Pasca Sarjana Tanah) diperoleh di Institut Pertanian Bogor pada tahun 2002. Masuk BPTP Sumatera Selatan tahun 2003  dan bergabung dengan kelompok pengkaji Sumberdaya.  Pada tahun 2008 ditugaskan di BPTP Jambi dan pada 2011 resmi mutasi ke BPTP Jambi dan tergabung di kelompok pengkaji sumberdaya.  Awal bergabung dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumatera Selatan maupun BPTP Jambi banyak melakukan / membantu peneliti senior dalam melakukan pengkajian di bidang ilmu tanah. Pernah menjadi penanggung jawab laboratorium tanah dan tanaman di BPTP Sumsel 2004-2008 dan di BPTP Jambi 2008-2010 dan 2012-2013.  

Menduduki Jenjang fungsional peneliti muda pada tahun 2009 dalam bidang kesuburan dan biologi tanah.  Pada tahun 2013 sampai tahun 2017, dipercaya menjadi Kasi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian. 

Tahun 2015 menjadi penanggung jawab RPTP Kajian Reklamasi Lahan Pasca Pertambangan Batubara di Provinsi Jambi. 

Publikasi :

Judul Thesis:

"Nilai muatan titik nol (MTN) dan hubungannya dengan serapan kalium pada tanah gambut pantai jambi dan kelimantan tengah"

Beberapa karya tulis ilmiah yang telah dipublikasi, antara lain;

  1. Kombinasi kompos tandan kosong kelapa sawit dan pupuk kandang sebagai sustitusi pupuk kalium terhadap produksi tanaman gambas (Lufa acutangula) di Kabupaten Merangin. 2014. Prosiding seminar nasional lahan suboptimal 2014. Pusat unggulan riset pengembangan lahan sub optimal (PUR-PLSO)
  2. Potensi pengembangan tanaman kacang-kacangan pada areal peremajaan tanaman kelapa sawit di provinsi jambi. 2013. Prosiding seminar nasional hasil penelitian tanaman aneka kacang dan umbi tahun 2013.
  3. Aplikasi kompos tandan kosong kelapa sawit pada tanaman timun (cucumis sativa) di kabupaten merangin. 2012. Prosiding seminar nasional perhimpunan hortikultura indonesia.
  4. Alternatif pengomposan berbahan baku sampah perkotaan untuk mendukung pertanian organik di kota jambi.2012. Prosiding seminar nasional pengembangan pertanian terpadu berbasis organik menuju pembangunan pertanian berkelanjutan.
  5. Analisa Produksi Padi Berkadar Besi di LahanPasang Surut Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan