• Font size:
  • Decrease
  • Reset
  • Increase

Dr. Salwati, SP, M.Si

Unit Kerja : Balai Pengkajian Teknologi Pertaian Jambi
Pendidikan :

S3 Klimatologi Terapan Institut Pertanian Bogor

Jabatan : Peneliti Muda
Bidang Penelitian : Sumberdaya Lingkungan
E-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

 

 

 

 

 

Profil Lengkap :

Dr. Salwati, SP, M.Si. mendapatkan gelar Sarjana Pertanian (program studi Ilmu Tanah) tahun 1997 dari Universitas andalas. Pendidikan S2 (Agroklimatologi) diperoleh di Institut Pertanian Bogor tahun 2004. Masuk BPTP Jambi  sebagai pegawai pindahan dari BPTP Aceh pada tahun 2000, bergabung dengan kelompok pengkaji Sumberdaya Pertanian. Awal bergabung dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi banyak melakukan/membantu peneliti senior dalam pengkajian penelitian lahan rawa lebak dan AEZ. Pada tahun 2007 – 2009 sebagai penanggung jawab Simprog di bagian Program dan Monev BPTP Jambi.

Jenjang fungsional peneliti muda diperoleh pada tahun 2009 dalam bidang sumberdaya lingkungan. Pada tahun 2006  diberikan kepercayaan untuk menjadi penanggung jawab kegiatan Unit Komersialisasi Teknologi (UKT) dan pada tahun 2008 sebagai penanggung jawab kegiatan Pemupukan pada Tanaman Karet (FEATI). Pada tahun 2007 – 2009 menjadi anggota Tim peneliti Primatani Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Pada tahun 2009 mendapat kesempatan melanjutkan S3 (Klimatologi Terapan)  di Institut Pertanian Bogor, dan memperoleh gelar Doktor pada tahun 2012. Pada tahun 2012 sampai sekarang (2015) bergabung dengan kegiatan ICCTF BPTP Jambi dan diberi kepercayaan sebagai Penanggung Jawab Lokasi. Pada tahun 2013 menjadi penanggung jawab kegiatan pendampingan Kalender Tanam (Katam) terpadu padi sawah, jagung, dan kedelai di Provinsi Jambi hingga sekarang (2015). Pada tahun 2013 – 2014 terlibat dalam kegiatan Model Akselerasi Pembangunan Pertanian Ramah Lingkungan Lestari (MAP2RL2). Pada tahun 2014 melakukan kegiatan kerjasama dengan Insinas Ristek dengan judul Pengembangan Teknologi Adaptasi Perubahan Iklim pada Tanaman Kentang melalui Perakitan Model Simulasi dalam Menentukan Hasil Umbi. Pada tahun yang sama (2014) sampai sekarang juga mendapatkan kegiatan kerjasama dengan SmartD badan Litbang Pertanian melalui kegiatan KKP3SL dengan judul kegiatan Adaptasi Perubahan Iklim Melalui Disain simulasi Tanaman Padi di Lahan Rawa Provinsi Jambi. Pada tahun 2015 ini juga mendapat kesempatan untuk bergabung dengan KKP3N badan Litbang Pertanian dalam melakukan kegiatan dengan judul pengelolaan lahan Rawa Lebak secara berkelanjutan. Pada tahun 2015 ini juga bergabung sebagai anggota tim kegiatan Bioindustri.

Pelatihan dan workshop yang pernah diikut antara lain “Statistik untuk penelitian di IPB, Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Internasional, dan Analisis Data Penelitian Pertanian.

Publikasi :

Disertasi

Simulation Model Application to Predict Impact of Climate Change on Potato Productivity in Indonesia.

Beberapa karya tulis ilmiah yang telah dipublikasi, antara lain;

1. Pengaruh Pemberian Amelioran Pada Perkebunan Kelapa Sawit Di Lahan Gambut Provinsi Jambi Terhadap Emisi C02.

2. Respon Tanaman Kelapa Sawit Di Lahan Gambut Terhadap Berbagai Amelioran (Studi Kasus Desa Arang-Arang Provinsi Jambi)

Switch mode views:

Style Sitting

Fonts

Layouts

Direction

Template Widths

px  %

px  %