JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Peneliti Muda

Unit Kerja : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi
Pendidikan : S3, UGM Yogyakarta
Jabatan : Peneliti Muda
Bidang Penelitian : Sistem Usaha Pertanian
E-mail : erwan.wahyudi@gmail.com

 

 

 

 

 

 

 

 

Profil Lengkap :

Dr. Erwan wahyudi, SP.,M.Si. mendapatkan gelar Sarjana Pertanian (program studi Agronomi) pada tahun 2000 dari Universitas Mulawarman (UNMUL). Pendidikan S2 (Magister Manajemen agribisnis) diperoleh di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada tahun 2006. Masuk BPTP Jambi tahun 2008 dan bergabung dengan kelompok pengkaji Sosial Ekonomi Pertanian (Sosek). Awal bergabung dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi banyak melakukan / membantu peneliti senior dalam melakukan pengkajian di bidang Sosial Ekonomi Pertanian. 

Jenjang fungsional peneliti Muda diperoleh pada tahun 2014 dalam bidang Sistem Usaha Pertanian. Pada tahun 2008 hingga 2010 pernah bergabung dengan tim Prima Tani Kabupaten Bungo. Pada tahun 2014 bergabung dengan Tim dalam Kegiatan pengkajian dan pengembangan penangkar dalam upaya penyediaan benih kedelai berkualitas di perdesaan di Provinsi Jambi dan Sekretariatan UPSUS serta Kegiatan Identifikasi Calon Lokasi, Koordinasi, Bimbingan dan Dukungan Teknologi UPSUS PJK dan Komoditas Utama Kementan.

Pelatihan yang pernah diikuti antara lain “Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dalam Bahasa Inggris” di MMA UGM Yogyakarta tahun 2012, ” Pelatihan Penulisan dan Editing Karya Tulis Ilmiah di Yogyakarta tahun 2012, “Peningkatan Wawasan Dan Kemampuan Analisis” pada tahun yang sama. Saat ini membantu dalam kegiatan Pengembangan Model Usahatani Integrasi Sapi-Sawit pada Perkebunan Rakyat Menuju Pertanian Bioindustri Berkelanjutan dan Kegiatan Pendampingan Kawasan Kedelai Nasional di Kabupaten Tebo serta Kajian Budidaya Tanaman Padi Lokal Ekonomis Tinggi Adaptif Dengan Teknologi Input Kimia Rendah.

Publikasi :

Judul Skripsi/Thesis/Disertasi:

" Analisis Produksi, Pendapatan, Ketahanan Pangan dan Keberlanjutan Usahatani Padi Di Sekitar Tambang  Batubara Kabupaten Kutai Kartanegara"

Beberapa karya tulis ilmiah yang telah dipublikasi, antara lain;

  1. Strategi Pemasaran Virgin Coconut Oil Pada CV. Pusat Pengolahan Kelapa Terpadu Yogyakarta Pada Tahun 2010
  2. Prospek Pengembangan Sistem Integrasi Tanaman-Ternak di Sulawesi Selatan di Prosiding Seminar Nasional Unja Tahun 2010
  3. Prospek Serta Tantangan Industri Hilir Kelapa Sawit di Indonesia di Buletin Lembuswana Tahun 2010
  4. Peningkatan Produksi Padi Melalui System of Rice Intensification (SRI) di Buletin Lembuswana Tahun 2012
  5. Pertanian Berkelanjutan Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan di Buletin Lembuswana Tahun 2013
  6. Faktor-Faktor Produksi Yang Mempengaruhi Hasil Usahatani Padi di Sekitar Areal Tambang Batubara di Kabupaten Kutai Kartanegara di Jurnal Vegeta Tahun 2013
  7. Peluang Usaha Hasil Usahatani Virgin Coconut Oil di Indonesia di Prosiding Seminar Nasional Aceh Tahun 2014
  8. Peningkatan Produksi Melalui Pendampingan SLPTT Kedelai di Kabupaten Tanjung Jabung Timur di Prosiding Seminar Nasional Aceh Tahun 2014
  9. Analisis Konsumsi Rumahtangga Petani Duku di Kumpeh Kabupaten Muara Jambi. Prosiding Seminar Nasional Balitbu tahun 2014
  10. Usahatani Konservasi Dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat  Produktivitas Lahan di Buletin Lembuswana Tahun 2015
  11. Peluang Agribisnis Budidaya Buah Naga di Buletin Lembuswana Tahun 2015

 

 

Write comment (0 Comments)

 
Unit Kerja : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi
Pendidikan : S3, IPB Bogor
Jabatan : Peneliti Muda
Bidang Penelitian : Budidaya Tanaman
E-mail : desi_hernita@litbang.pertanian.go.id atau desi_hernita@yahoo.com

 

 

 

 

 

 

 

 

Profil Lengkap :

Dr. Desi Hernita, S.P, M.P. mendapatkan gelar Sarjana Pertanian (program studi Agronomi) pada tahun 1995 dari Universitas Jambi (Unja). Pendidikan S2 (Agronomi) diperoleh di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada tahun 2002 dan tahun 2012 menyelesaikan pendidikan S3 pada program studi Agronomi dan Hortikultura di Institut Pertanian Bogor. Bekerja sebagai staf peneliti di  BPTP Jambi tahun 1997 dan membantu kegiatan penelitian di bidang budidaya tanaman pangan dan hortikultura serta membantu penyusunan program dan laporan tahunan.

Jenjang fungsional peneliti pertama diperoleh pada tahun 2003 dalam bidang Budidaya Pertanian. Tahun 2009 sampai sekarang bergabung dalam Organisasi Profesi Perhimpunan Hortikultura Indonesia (Perhorti) dan sejak tahun 2013 bergabung dengan tim penelitian Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisional Dinas Kesehatan Provinsi Jambi.  Sejak tahun 2013 menjadi penanggung jawab kegiatan Pendampingan Kawasan Agribisnis Hortikultura. Sejak Tahun 2014 diberi kepercayaan sebagai Koordinator Kerjasama dan pada tahun yang sama juga menjadi pelaksana harian Komisi Daerah Sumber Daya Genetik  (Komda-SDG) Provinsi Jambi untuk bidang SDG Tanaman.

Pelatihan yang pernah diikuti antara lain: Analisa Data Penelitian Pertanian (Tahun 2012), Penulisan Jurnal Terakreditasi Nasional/Internasional, Bogor (Tahun 2012), dan Pelatihan Analisis Statistika, Bogor (2010).

Publikasi:

Judul Disertasi:

“ Penetapan Rekomendasi Pemupukan  N, P dan K Tanaman Duku (lansium  domesticum) Berdasarkan Analisis Daun”

Beberapa karya tulis ilmiah yang telah dipublikasi, antara lain:

  1. The Effect Of Potassium Fertilization on Fruit Yield and Quality of Duku (Lansium domesticum), Prosiding International Tropical Horticultural Conference (Tahun 2014).
  2. Analisis Efisiensi Penggunaan Radiasi Surya pada Tanaman Kentang (Solanum tuberosum L) Varietas Granola, Prosiding Seminar Nasional Insinas (Tahun 2014).
  3. Penentuan Satus  Hara  dan Rekomendasi Pemupukan Nitrogen Tanaman Duku (Lansium domesticum) Berdasarkan Analisis  Daun, Prosiding Seminar Nasional  Perhorti (Tahun 2013).
  4. Penentuan Status Hara Nitrogen pada Bibit Duku, Jurnal Hortikultura, Volume 22 No.1 hlm. 29-36, Tahun 2012.
  5. Penetapan Rekomendasi Pemupukan N, P dan K Tanaman Duku Berdasarkan Analisis Daun, Jurnal Hortikultura, Volume 22 No.4 hlm. 376 -384, Tahun 2012.

 

Write comment (0 Comments)
  Unit Kerja : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi
Pendidikan : S2,IPB
Jabatan : Peneliti Muda
Bidang Penelitian : Teknologi Pascapanen
E-mail : desy.nofriati@gmail.com

 

 

 

 

 

 

 

 

Profil Lengkap :

Desy Nofriati, SP,M.Si. mendapatkan gelar Sarjana Pertanian (program studi Sosial Ekonomi Pertanian) pada tahun 2002 dari Universitas Jambi (UNJA). Pendidikan S2 (Teknologi Pascapanen) diperoleh di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun 2005. Masuk BPTP Jambi tahun 2011 dan bergabung dengan kelompok pengkaji Mekanisasi dan Teknologi Hasil Pertanian (MTHP). Awal bergabung dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi banyak melakukan / membantu peneliti senior dalam melakukan pengkajian di bidang Teknologi Pascapanen. 

Jenjang fungsional peneliti muda diperoleh pada tahun 2014  dalam bidang Teknologi Pascapanen dan pada tahun yang sama pernah mengemban tugas sebagai penanggung jawab kegiatan manajemen mendukung kegiatan utama BPTP Jambi yaitu pengelola Database Sumber Daya Pertanian. Pada tahun 2012 hingga 2015 selalu terlibat dalam kegiatan pengkajian Pascapanen lingkup BPTP Jambi.

Pelatihan yang pernah diikuti antara lain “Teknis Perencanaan Bagi Petugas Lingkup Kementerian” di Bogor Tahun 2012, “Teknis Substantif Reformasi Birokrasi” di Jambi Tahun 2013, “Analisa Data Pengkajian,Penelitian, Petanian dan Penulisan Karya Ilmiah” di Bekasi Tahun 2013 dan juga pernah mengikuti “Teknis Rancangan Penelitian Program MP3EI LIPI” di Batam Tahun 2014. Saat ini membatu dalam kegiatan  Pengembangan Tanaman Nanas Menuju Pertanian Bioindustri Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan di Provinsi Jambi,  Penerapan Inovasi Pascapanen Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Dan Menekan Susut Hasil Padi Di Provinsi Jambi (1. Teknologi pengeringan padi berkualitas, 2. Teknologi perontokan padi yang efisien), Kajian Potensi Hasil Beberapa Tanaman Padi Lokal (Sawah dan Ladang) dan Pendampingan Pengembangan Kawasan Perkebunan (Karet) Nasional di 2 lokasi.  

 Publikasi

Judul Skripsi/Thesis/Disertasi:

Kajian Sistem Pengemasan Bunga Mawar Potong (Rosa Hybrida)  Selama Penyimpanan Untuk Memperpanjang Masa Pajangan

Beberapa karya tulis ilmiah yang telah dipublikasi, antara lain;

  1. Kajian Penggunaan pulsing dan Kemasan Pada Bunga Mawar Potong  (Rosa hybrida) Untuk Memperpanjang Masa Pajangan
  2.  Kajian Teknologi Pascapanen Sawi (Brassica juncea,L)  Dalam Upaya Mengurangi Kerusakan dan Mengoptimalkan Hasil Pemanfaatan Pekarangan
  3. Kajian Teknologi Pascapanen Buah Pepaya (Carica Papaya L.)   Dalam Upaya Mengurangi Kerusakan Selama Penyimpanan
  4. Prospek Pemanfaatan Kulit Buah Manggis Menjadi Minuman Herbal Sebagai Upaya Peningkatan Nilai Tambah Produk (Studi Kasus di Provinsi Jambi)
  5. Kajian Pengawetan Manisan Kering Buah Nenas (Ananas comosus  L. Merr) Selama Masa  Penyimpanan
  6. Kajian Pascapanen  Dan  Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Dalam Menunjang Keanekaragaman Pangan Yang Berbasis Pangan Lokal
  7. Kajian Penanganan Pascapanen Padi  untuk Mengurangi  Susut Mutu Beras
  8. Penataan Pekarangan Untuk Meningkatkan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Dan Pendapatan Masyarakat  (Studi Kasus Krpl Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi)
  9. Kajian  Teknologi Pascapanen  Tomat (Lycopersicum esculentum) Untuk Mengoptimalkan Hasil Pemanfaatan Lahan Sub Optimal
  10. Optimalisasi Peran Mitra Salimah Dalam Pengembangan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari Di Provinsi Jambi
  11. Kajian Laju Respirasi Buah Pisang (Musa Paradisiaca L)  Selama Masa Penyimpanan

 

Write comment (0 Comments)
  Unit Kerja : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi
Pendidikan : S2, Kedokteran Hewan UGM Yogyakarta
Jabatan : Peneliti Muda
Bidang Penelitian : Ilmu Peternakan dan Peternakan
E-mail : drh.sari@litbang.pertanian.go.id atau drh.sari.bptpjambi@gmail.com

 

 

 

 

 

 

 

 

Profil Lengkap

drh. Sari Yanti Hayanti mendapat gelar sarjana Kedokteran Hewan pada tahun 2008 dari Universitas Gadjah Mada. Gelar Profesi Dokter Hewan didapatkan pada tahun 2009 dari Universitas Gadjah Mada. Masuk  BPTP Jambi pada tahun 2011 dan bergabung dengan kelompok pengkaji Sumberdaya. Awal bergabung dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi banyak melakukan / membantu peneliti senior dalam melakukan pengkajian di bidang peternakan.

Jenjang fungsional peneliti Muda diperoleh pada tahun 2016 dalam bidang Ilmu Peternakan dan Peternakan. Sejak tahun 2012-2017 terlibat dalam kegiatan Program Pendampingan Daging Sapi dan Kerbau dan tahun 2014 hingga sekarang terlibat dalam kegiatan Sumber Daya Genetik Provinsi Jambi.   

Publikasi

Judul Skripsi:

"Pengaruh Pemberian Perasan Bawang Putih (Allium sativum. l) Terhadap Kadar Trigliserida Ayam Broiler"

Beberapa karya tulis ilmiah yang telah dipublikasi, antara lain ;

  1. Sebaran Bangsa Sapi Potong di Provinsi Jambi. Di presentasikan pada seminar nasional dalam rangka Dies Natalis Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya ke 51 Tahun 2014.
  2. Kemampuan Peternak dalam Memahami Sifat Kualitatif Itik Kerinci.
  3. Potensi dan Pengembangan Kerbau Mendukung Kecukupan Daging di Provinsi Jambi. Di presentasikan pada Seminar Regional Inovasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokasi untuk Wilayah Kalimantan Tahun 2014.
  4. Opinion Factor of Bull Family Selecting on Insemination Area in Bungo and Tebo Regency. 
  5. Jenis Rumput dan Frekuensi Pemberian Pada Ternak di Kawasan Inseminasi Buatan (IB) Kabupaten Bungo dan Tebo Provinsi Jambi. Prosiding Ekspose dan Seminar Nasional Inovasi Pertanian Ramah Lingkungan  “Akselerasi Inovasi Pertanian Ramah Lingkungan”.  Makassar pada tanggal 19 - 21 Juni 2013. ISBN 978-979-96759-7-2.
Write comment (0 Comments)
Unit Kerja : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi
Pendidikan : S1, Universitas Jambi
Jabatan : Peneliti Muda
Bidang Penelitian : Sistem UsahaPertanian
E-mail : endangbptpjambi@gmail.com

 

 

 

 

 

 

 

 

Profil Lengkap :

Tahun 1997 telah menyelesaikan S1 Fakultas Peternakan Program studi Produksi Ternak di Universitas Jambi. Masa kerja dari tahun 1999 hingga sekarang. Sebagai Peneliti di BPTP Jambi.

Publikasi :

 

Write comment (0 Comments)