JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kiki Suheiti, S.TP, M.Eng

  Unit Kerja : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi
Pendidikan : S2, Asian Institute of Technology (AIT)
Jabatan : Peneliti Muda
Bidang Penelitian : Teknologi dan Mekanisasi Pertanian 
E-mail : suheiti_k@litbang.pertanian.go.id

 

 

 

 

 

 

 

 

Profil Lengkap :

Kiki Suheiti, S.TP, M.Eng. mendapatkan gelar Sarjana Teknologi Pertanian (program studi Teknik Pertanian) pada tahun 2003 dari Universitas Sumatera Utara (USU). Pendidikan S2 (Agricultural Systems and Engineering) diperoleh di Asian Institute of Technology (AIT) Thailand pada tahun 2014. Masuk BPTP Jambi tahun 2005 dan bergabung dengan kelompok pengkaji Mekanisasi dan Teknologi Hasil Pertanian (MTHP). Awal bergabung dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi banyak melakukan / membantu peneliti senior dalam melakukan pengkajian di bidang mekanisasi dan teknologi hasil pertanian. 

Jenjang fungsional peneliti pertama diperoleh pada tahun 2008 dalam bidang Teknologi dan Mekanisasi Pertanian dan pada tahun yang sama diberikan kepercayaan untuk menjadi penanggung jawab dalam kegiatan Mina Padi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang merupakan kegiatan FEATI. Pada tahun 2007 hingga 2009 pernah bergabung dengan tim Prima Tani Kota Jambi. Pada tahun 2010 hingga 2012 bergabung dalam tim Monev kegiatan FEATI BPTP Jambi.

Pelatihan yang pernah diikuti antara lain; "Governance and Food Safety in International Food Chains" di Wageningen, Netherlands tahun 2016, “Agriculture in Transition” di Wageningen, Netherlands tahun 2015. “Pengoperasian dan Perawatan Alsintan Untuk BPTP” di BBP Mektan, Serpong tahun 2014. Saat ini membantu dalam kegiatan Pengembangan Model Usahatani Integrasi Sapi-Sawit pada Perkebunan Rakyat Menuju Pertanian Bioindustri Berkelanjutan di Kabupaten Sarolangun.

Publikasi :

Judul Thesis:

Energy Balance and Financial Analysis of Rice Production Mechanization in Jambi Province, Indonesia.

Beberapa karya tulis ilmiah yang telah dipublikasi, antara lain:

  1. Alat dan Mesin Pertanian Tepat Guna Untuk Tanaman Padi Dalam Mendukung Program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN). Prosiding Seminar Nasional Mekanisasi Pertanian Bogor tahun 2008.
  2. Peningkatan Mutu Sayuran Melalui Sertifikasi Prima 3 Pada Kawasan Prima Tani Paal Merah Kota Jambi. Prosiding Semnas Palu tahun 2009.
  3. Kajian Rumah Plastik Pengering Kopra Kasus Desa Siaw Kab. Tanjung Jabung Timur. Prosiding KNK 7 Manado Seminar tahun 2010.
  4. Peluang Inovasi Teknologi Pascapanen Untuk Meningkatkan Mutu Sayur Di Kota Jambi (Studi Kasus Kawasan Prima Tani Kota Jambi. Prosiding Semnas Papua tahun 2010.
  5. Kajian Alat Pendadih Latek Sederhana (Kasus Desa Perdamaian Singkut V Kab. Sarolangun). Prosiding Seminar Nasional Mekanisasi Pertanian tahun 2010.