JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Dr. Sigid Handoko, SP, M.Si

  Unit Kerja : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi
Pendidikan : S3, IPB Bogor
Jabatan : Peneliti Pertama
Bidang Penelitian : Fitopatologi
E-mail : shandoko92@gmail.com

 

 

 

 

 

 

 

 

Profil Lengkap

Dr. Sigid Handoko, S.P., M.Si., mendapatkan gelar Sarjana Pertanian (S.P.) Program Studi Ilmu Penyakit Tumbuhan pada 1998 dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Masuk menjadi staf BPTP Jambi pada 1999, dan bergabung dengan Kelompok Pengkaji Sumber Daya Pertanian. Pada 2006 memperoleh kesempatan melanjutkan Pendidikan S-2 (M.Si.) ke Institut Pertanian Bogor, Program Studi Entomologi/Fitopatologi lulus pada 2008. Selanjutnya pada 2010 kembali melanjutkan pendidikan S-3 (Dr.) ke Universitas Gadjah Mada, Program Studi Fitopatologi lulus pada 2014. Selama bekerja di BPTP Jambi banyak melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pendampingan, dan pengkajian teknologi pertanian dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian RI.

Jenjang fungsional Peneliti Pertama diperoleh pada 2005 dalam bidang Fitopatologi. Setelah menyelesaikan Tugas Belajar, pada 2015 kembali akan menekuni bidang ilmu yang sesuai, dan meniti karier dalam jabatan fungsional.

Publikasi

Judul Tesis 

"Pemanfaatan Kompos Bioaktif  untuk Meningkatkan Pertumbuhan dan Ketahanan Padi Gogo Terhadap Penyakit Blas di Lapangan"

Judul Disertasi:

“Kajian Epidemi Penyakit Kanker Batang Duku di Provinsi Jambi”    

"Study On Epidemic Of Stem Canker On Duku In Jambi Province ".   

Beberapa karya tulis ilmiah yang telah dipublikasi, antara lain:

  1. Penggunaan Kompos Bioaktif untuk Meningkatkan Ketahanan Padi Gogo Terhadap Penyakit Blas, Prosiding Seminar Nasional Pengelolaan Organisme Pengganggu Tanaman Ramah Lingkungan, PFI Komda Purwokerto dan fak.Pertanian Universitas Jenderal Sudirman Purwokerto, tahun 2010.
  2. Peranan Unsur Cuaca Terhadap Perkembangan Penyakit Kanker Batang Duku Di Jambi, Jurnal Budidaya, Fak. Pertanian,  Universitas Pattimura, tahun 2013.
  3. Identifikasi Patogen Utama Penyakit Kanker Batang Duku Di Provinsi Jambi-Unpublished.
  4. Peranan Populasi Mikroba Antagonis Tanah dan Jamur Mikoriza Terhadap Perkembangan Penyakit Kanker Batang Duku Di Jambi, Prosiding Seminar Nasional Buah Tropika Nusantara II, Balitbangtan-Balitbu Tropika, tahun 2015.