JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Dewi Novalinda, SP

  Unit Kerja : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi
Pendidikan : S1, Universitas Muhammadiyah
Jabatan : Peneliti Pertama
Bidang Penelitian : Teknologi Pasca Penen
E-mail : dw.novalinda@gmail.com

 

 

 

 

 

 

 

 

Profil Lengkap :

Dewi Novalinda, SP di lahirkan pada tanggal 1 Nopember 1974, mendapatkan gelar Sarjana Pertanian (Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Program Studi Pangan dan gizi) pada tahun 1999 dari Universitas Muhammadiyah Palembang. Pada tahun 2003 diterima sebagai Pegawai Negeri Sipil dan di tempatkan di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian ( BPTP) Jambi dan bergabung dengan kelompok pengkaji Mekanisasi danTeknologi HasilPertanian (MTHP). Awal bergabung dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi banyak melakukan / membantu peneliti senior dalam melakukan pengkajian di bidang Pascapanen dan Pengolahan hasil pertanian sampai sekarang.

Jenjang  fungsional peneliti pertama diperoleh pada tanggal 1 Januari tahun 2011 bidang kepakaran Teknologi Pascapanen, pada Tahun 2006 aktif pada kegiatan KLINIK PERTANIAN di Kabupaten Kerinci, tahun 2007 hingga 2009 aktif pada kegiatan PRIMATANI, Pada tahun 2008 aktif dalam kegiatan PUAP sampai dengan sekarang, pada tahun 2009 sampai 2012 sebagai Tim Teknis pada kegiatan FEATI.

Tahun 2012 dan 2013 diberikan kepercayaan untuk menjadi penanggung jawab Pada kegiatan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) di Kabupaten Merangin, dan aktif di beberapa kegiatan Balai sampai sekarang.

Judul Skripsi : Pengaruh Anti oksidan dan Jenis Pisang Terhadap Citarasa Keripik Pisang

Pelatihan, Diklat, Workshop dan Raker yang pernah diikuti :

  1. Pelatihan Peningkatan Kualitas Penyuluhan Dalam Percepatan alih Teknologi Petanian, 10 – 16 Desember  2006 di Cipayung
  2. Diklat Fungsional peneliti pertama, 7- 27 Juni 2009 di Cibinong
  3. Workshop On Application Of Postharvest Tecnology For Accelerating Local And Export Marketing Of Rambutan tahun 2010 di Bogor.
  4. Rapat Kerja Balai Besar Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) tahun 2011 di Bogor
  5. Temu Koordinasi Peneliti, Perekayasa, Penyuluh Lingkup Badan Litbang Pertanian dengan tema “Konsolidasi Managemen Litkajibang Luh-rap Mempercepat Opera-sionalisasi Program Terobosan Inovasi Pertanian” yang diselenggarakan di Grand Elite Hotel - Medan pada tanggal 21-23 Februari 2013.

Publikasi :

  1. Citarasa Keripik Pisang Pada Beberapa Perlakuan Antioksidan, Prosiding Inovasi Hasil Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian tahun 2011
  2. Pemanfaatan Gadung Sebagai Sumber Pangan Lokal dalam Rangka Mendukung Diversifikasi Pangan di Lahan Kering Provinsi Jambi 

  3. Potensi Pengembanagn Teknologi Pengolahan Sayuran Ramah Lingkungan Melalui Pemberdayaan Petani di Kabupaten Merangin