JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Peneliti Madya

Syafri Edi, SP

Unit Kerja : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi
Pendidikan : S1, Univ. Mahaputra Muhd. Yamin
Jabatan : Peneliti Madya
Bidang Penelitian : Budidaya Tanaman
E-mail : edisyafri@gmail.com

 

 

 

 

 

 

 

 

Profil Lengkap :

Tahun 1989 telah menyelesaikan S1 Fakultas Pertanian Program studi Budidaya Pertanian di Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok. Masa kerja dari tahun 1998 hingga sekarang. Selain sebagai Peneliti juga sebagai Koordinator kegiatan BPTP Jambi diwilayah Kota Jambi.

Mulai bekerja sebagai tenaga honorer tahun 1982 di Balai Penelitian Tanaman Pangan (Balittan) Sukarami Sumatera Barat tergabung pada kelompok peneliti Teknologi Pertanian. Pada tahun 1995 Balittan Sukarami berobah menjadi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat dan tergabung pada kelompok peneliti Budidaya Pertanian. Tahun 1996-1997 diperbantukan ke Loka Pengkajian Teknologi Pertanian (LPTP) Bengkulu. Kemudian tahun 1998 diangkat sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Loka Pengkajian Teknologi Pertanian (LPTP) Pontianak Kalimantan Barat tergabung pada kelompok peneliti Budidaya Pertanian, tahun 1999 ditetapkan sebagai ketua Kelji Budidaya LPTP Pontianak. Sejak bulan Juni 2000 pindah tugas ke Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi tergabung pada kelompok Peneliti Budidaya sampai sekarang. Tahun 2005-2007 ditetapkan sebagai sekretaris Kelji Budidaya dan 2007-2009 ditetapkan sebagai ketua Kelji Budidaya.

Jenjang Peneliti Bidang Budidaya Pertanian sebagai Asisten Peneliti Madya terhitung mulai tanggal 1 Nofember 2001, Ajun Peneliti Madya 1 Oktober 2004, Peneliti Madya 1 Oktober 2008. Terhitung tanggal 1 Oktober 2013 dinaikan pangkatnya menjadi Pembina Tingkat I golongan ruang IV/b,  jabatan Peneliti Madya dengan masa kerja 25 tahun 9 bulan. Disamping sebagai anggota di beberapa kegiatan juga sebagai penanggung jawab kegiatan diantaranya : tanaman sela diantara tanaman durian belum berproduksi, tanama pangan, tanaman hortikultura, Manajer Primatani Kota Jambi, Pemberdayaan Petani Melalui Teknologi Dan Informasi Pertanian (P3TIP), Koordinator Kawasan Rumah Pangan Lestari di Provinsi Jambi, Percepatan Perluasan dan Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari Melalui Kerjasama Dengan Mitra (TNI-AD dan Salimah).

Sebagai fungsional peneliti, sering diminta dan ditugaskan BPTP Jambi sebagai narasumber tingkat kelompoktani, dinas dan instansi terkait dibidang pertanian baik di kabupaten/kota, provinsi maupun tingkat nasional. Juga sering mengikuti Seminar/pertemuan ilmiah, raker, workshop dan telah menghasilkan puluhan karya tulis ilmiah yang dimuat pada beberapa prosiding dan jurnal regional maupun nasional.

Pelatihan, Seminar/pertemuan Nasional, Raker dan Workshop yang pernak diikuti, diantaranya : Komputer dan statistik, Penulisan ilmiah populer, Metode survey PRA/RRA, Penulisan naskah ilmiah, Pengendalian Hama Terpadu dan Pengelolaan Tanaman Terpadu, dan Penulisan hasil-hasil penelitian. 

Publikasi :

  1. Adaptasi Beberapa Galur Harapan Padi Sawah Pasang Surut Pada Lahan Sulfat Masam Potensial.
  2. Pertumbuhan dan Hasil Jagung Pada Beberapa Paket Pemupukan Di Lahan Podzolik Merah Kuning.
  3. Sistem Usahatani Kentang Dilahan Kering Dataran Tinggi Kabupaten Kerinci.
  4. Teknologi Tumpangsari Cabe Merah Pada Gawangan Tanaman Kopi Arabika Di Kabupaten Kerinci.
  5. Peningkatan Produktivitas Tanaman Kentang Dengan Pemupukan Berimbang Di Kabupaten Kerinci.
  6. Kajian Tanaman Padi Gogo Diantara Gawangan Durian Dan Pisang.
  7. Perbaikan Teknologi Budidaya Kentang di Kabupaten Kerinci.
  8. Pengaruh Sumber Bibit Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Kentang di Kabupaten Kerinci Jambi.
  9. Penampilan Sifat Agronomis Beberapa Galur Harapan dan Varietas Jagung Pada Lahan Sulfat Masam Di Kuala Tungkal Tanjung Jabung Barata.
  10. Struktur biaya usahatani kentang di Kabupaten Kerinci.
  11. Pengaruh Teknologi Budidaya Terhadap Produksi dan Analisis Usahatani Cabai Merah Ditingkat Petani Kerinci.
  12. Perbaikan Komponen Teknologi Budidaya dan Analisis Usahatani Ubi Jalar Pada Lahan Kering Dataran Tinggi Kerinci.
  13. Kajian Kelayakan Budidaya Kentang Di Kawasan Prima Tani Kabupetan Kerinci Mendukung Agribisnis Kentang di Provinsi Jambi.
  14. Analisis Usahatani Delapan Jenis Sayuran Dominan Yang Dibudidayakan di Kelurahan Paal Merah Kota Jambi.
  15. Pengaruh Pemupukan Berimbang Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Kentang (solanum tuberosum L.) Varietas Granola.
  16. Kajian Kelayakan Budidaya Kentang Di Kawasan Prima Tani Kabupaten Kerinci Mendukung Agribisnis Kentang Di Provinsi Jambi.
  17. Penerapan Paket Teknologi Budidaya dan Waktu Panen Cabai Pada Dataran Tinggi Kerinci.
  18. Inovasi Teknologi Budidaya Dalam Rangka Pengembangan Usahatani Jagung di Provinsi Jambi.
  19. Keragaan Usahatani Kentang Monokultur dan Gawangan Kayu Manis Melalui Perbaikan Teknologi Budidaya.
  20. Kajian Kelayakan Rakitan Teknologi Usahatani Kentang Lahan Kering Dataran Tinggi Kerinci Provinsi Jambi.
  21. Peluang Inovasi Teknologi Pasca Panen Untuk Meningkatkan Mutu Sayur (Studi Kasus Kawasan Prima Tani Kota Jambi).
  22. Uji Adaptasi Beberapa Galur Harapan dan Varietas Jagung Komposit Di Lahan Kering.
  23. Kinerja Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) 2009 Di Kota Jambi.
  24. Kajian Budidaya Beberapa Varietas Dan Sumber Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Bawang Merah.
  25. Penampilan Sifat Agronomis Beberapa Galur Harapan Dan Varietas Jagung Di Lahan Kering.
  26. Kajian Kelayakan Sistem Usahatani Terpadu Tanaman Semusim Di Dataran Tinggi Kerinci.
  27. Penerapan Teknologi Budidaya Cabai Spesifik Lokasi Lahan Pasang Surut
  28. Kajian Budidaya Dan Analisis Usahatani Cabai Paket Introduksi Dan Paket Petani Pada Lahan Pasang Surut  Di Provinsi Jambi.
  29. Kajian Paket Teknologi Budidaya Kacang Panjang Dilahan Kering Dataran Rendah.
  30. Penampilan Varietas Dan Galur Harapan Padi Gogo Pada Daerah Aliran Sungai Batang Asai Sarolangun Jambi.
  31. Inovasi Teknologi Budidaya Mendukung Program Kawasan Rumah Pangan Lestari Mitra Dengan Tni-Ad Di Provinsi Jambi.
  32. Inovasi Teknologi Budidaya Tanaman Buah Pada Lahan Pekarangan Mendukung Program Kawasan Rumah Pangan Lestari Di Provinsi Jambi.
  33. Penampilan Sifat Agronomis Beberapa Galur Harapan Dan Varietas Jagung Di Lahan Kering.

 

Ir. Nur Asni, MS

Unit Kerja : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi
Pendidikan : S2, IPB Bogor
Jabatan : Peneliti Madya
Bidang Penelitian : Teknologi Pasca Panen
E-mail : nurasni_58@yahoo.com

 

 

 

 

 

 

 

 

Profil Lengkap :

Ir. Nur Asni, MS dilahirkan pada tanggal 15 Agustus 1958 di Padang. Pada tahun 1970 tamat SD 47 Padang, tahun 1973 lulus dari SMP I Padang dan tahun 1976 lulus dari SMA II Padang. Tahun 1982 memperoleh gelar Sarjana Pertanian Jurusan Agronomi bidang Teknologi Benih pada Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang.

Dari tahun 1983 sampai tahun 1990 bekerja sebagai staf peneliti di Balai Penelitian Tanaman Pangan (Balittan) Sukarami kelompok peneliti (Kelti) Pemuliaan Tanaman. Disamping itu juga sebagai Dosen pada Fakultas Pertanian Universitas Mahaputera Muhammad Yamin (UMMY) Solok. Pendidikan S2 (Teknologi Pascapanen) diperoleh di Institut Pertanian Bogor pada tahun 1993.  Pada tahun 1994 sampai tahun 2000 kembali aktif di BPTP Sumatera Barat (exs Balittan Sukarami) dan sebagai Dosen di Fakultas Pertanian UMMY Solok. Pada tahun 2000 pindah dari BPTP Sumatera Barat ke BPTP Jambi, dan sampai sekarang aktif sebagai ketua Kelompok Pengkaji Mekanisasi dan Teknologi Hasil Pertanian (Kelji MTHP) dan Koordinator Laboratorium Pascapanen BPTP Jambi, dan menjadi Penanggung Jawab kegiatan MTHP (bidang pascapanen) sampai sekarang.

Jenjang fungsional peneliti pertama kali diperoleh pada tanggal 1 Agustus 1996 dengan jabatan Asisten Peneliti Madya bidang Pemuliaan Tanaman. Pada tanggal 1 September 1999 jabatan fungsional naik menjadi Ajun Peneliti Muda, dan menjadi Ajun Peneliti Madya pada tanggal 1 April 2003. Pada tanggal 7 Desember 2005 keluar SK Menteri Pertanian  tentang penyesuaian nama dan jenjang jabatan peneliti, termasuk Ajun Peneliti Madya menjadi Peneliti Muda. Sejalan dengan itu bidang kepakaran juga diusulkan untuk diganti dari Pemuliaan Tanaman menjadi Teknologi Pascapanen sesuai dengan bidang pendidikan S2 dan kegiatan yang dilaksanakan di BPTP. Peneliti madya setara dengan Golongan IV/a diperoleh pada tanggal 1 April 2008 dan Peneliti Madya setara Golongan IV/b diperoleh pada tanggal 1 April 2014. 

Pelatihan, workshop dan raker yang pernah diikuti pada tiga tahun terakhir antara lain :

  1. Workshop Pemantapan Kegiatan m-P3MI, yang diadakan di New Grand Park Hotel- Surabaya pada tanggal 28-31 Maret 2012.
  2. Hari Pangan sedunia (HPS), yang diselenggarakan di Temanggung Tilung Palang-karaya Kalimantan Tengah pada tanggal 17-21 Oktober 2012. HPS kali ini mengangkat tema “Agroindustri Berbasis Kemitraan Petani Menuju Kemandirian Pangan” dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Boediono.
  3. Workshop Pendampingan M-P3MI, yang diselenggarakan di Hotel Jaya Raya - Cisarua pada tanggal 21-23 Oktober 2012 di  Hotel Jaya Raya Cisarua Bogor.
  4. Temu Koordinasi Peneliti, Perekayasa, Penyuluh Lingkup Badan Litbang Pertanian dengan tema “Konsolidasi Managemen Litkajibang Luh-rap Mempercepat Opera-sionalisasi Program Terobosan Inovasi Pertanian” yang diselenggarakan di Grand Elite Hotel - Medan pada tanggal 21-23 Februari 2013.
  5. Rapat Kerja Balai Besar Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) dengan tema “Konsolidasi Manajemen Litkajibang diklatluhrap Mendu-kung Penuntasan Program Pengkajian dan Diseminasi Pertanian Spesifik Lokasi 2014” yang dilaksanakan di Hotel Griptha-Kudus pada tanggal 20-24 Maret 2013.
  6. Workshop Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian dengan tema “Pengembangan Sumberdaya Manusia dan Revitalisasi Kebun Percobaan Lingkup Balai Besar Pengkajian” yang diselenggarakan di Hotel Santika - Bangka Belitung, pada tanggal 17-20 April 2013.
  7. Workshop Tengah Tahun “Evaluasi Dan Konsolidasi Kegiatan Pendampingan Program Strategis Kementrian Pertanian dan Program Terobosan Litbang Lingkup Balai Besar Pengkajian” yang diselenggarakan di Royal Safari Garden - Cisarua pada tanggal 26-28 Agustus 2013

Karya tulis ilmiah yang telah dipublikasi antara lain :

  1. Perbaikan Cara dan Umur Panen Untuk Memperpanjang Masa Simpan Buah Duku Kumpeh. Diterbitkan pada Prosiding Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian Dan Pengkajian Teknologi Pertanian. Palembang 9-10 Juli 2007. Buku I BBP2TP. ISBN : 978-979-1415-0-05-7.
  2. Teknologi Penggoreng Vakum Pada Pengelolaan Keripik Nangka Untuk Menun-jang Agroindustri di Provinsi Jambi. Diterbitkan pada Prosiding Seminar Nasional Hasil-Hasil Pene-litian Dan Pengkajian Teknologi Pertanian. Palembang 9-10 Juli 2007. Buku I BBP2TP. ISBN : 978-979-1415-0-05-7
  3. Pengolahan Kopra Berkualitas Dengan Rumah Pengering Plastik. Diterbitkan pada Prosiding Lokakarya  Nasional “Lokakarya Percepatan Penerapan Iptek dan Inovasi Teknologi Mendukung Ketahanan Pangan dan Revitalisasi pembangunan Pertanian”. BPTP Jambi. BBP2TP. Jambi 11-12 Desember 2007. ISBN. 978-979-98128-9-6
  4. Pengolahan Minyak Kelapa Berkualitas Dengan Metoda Pendiaman Santan. Diterbitkan pada Prosiding Lokakarya Nasional “Lokakarya Percepatan Penerapan Iptek dan Inovasi Teknologi Mendukung Ketahanan Pangan dan Revitalisasi Pembangunan Pertanian. BPTP Jambi. BBP2TP. Jambi 11-12 Desember 2007. ISBN. 978-979-98128-9-6
  5. Jenis Kemasan dan Cara Pengawetan Untuk Mempertahankan Kualitas dan Daya Simpan Buah Duku Kumpeh Selama Transportasi. Diterbitkan pada Prosiding Seminar  “Inovasi Teknologi Peningkatan Produksi Pertanian Spesifik Lokasi” Tahun 2009. Kerjasama BPTP Lampung dengan Fakultas Pertanian Universitas Lampung. BBP2TP. ISBN : 978-979-25-3201-2.
  6. Peningkatan Kualitas dan Nilai Tambah Produk Olahan Kelapa  Untuk Mendukung Agroindustri di Provinsi Jambi. Diterbitkan pada Prosiding Konperensi Nasional Kelapa VII. Akselerasi Revitalisasi Agribisnis Perkelapaan Nasional. Buku I. Manado 26-27 Mei 2010. Balitka dan Palma Lain. ISBN : 978-979-8451-78-2.
  7. Kajian Rumah Plastik Pengering Kopra : Kasus Desa Siaw, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Diterbitkan pada Prosiding Konperensi Nasional Kelapa VII. Akselerasi Revitalisasi Agribisnis Perkelapaan Nasional. Buku I. Manado 26-27 Mei 2010. Balai Penelitian Tanaman Kelapa dan Palma Lain. ISBN : 978-979-8451-78-2.
  8. Demonstrasi Teknologi Pengolahan Susu Kedelai Berkualitas Untuk Pemberdaya an Petani di Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi  (Studi Kasus Pada Program FEATI BPTP Jambi). Diterbitkan pada Prosiding Seminar Nasional Pengkajian Dan Diseminasi Inovasi Pertanian Mendukung Program Strategis Kementrian Pertanian. Buku 1. Cisarua, 9-11 Desember 2010. BBP2TP. ISBN : 978-979-1415-64-4.
  9. Identifikasi Dan Analisa Mutu Lateks Asalan (Slab) Di Provinsi Jambi. Diterbitkan pada Prosiding Seminar Nasional Pengkajian Dan Diseminasi Inovasi Pertanian Mendukung Program Strategis Kementrian Pertanian. Buku 4. Cisarua, 9-11 Desember 2010. BBP2TP. ISBN : 978-979-1415-64-4.
  10. Peningkatan Kualitas Bokar Melalui Penggunaan Bahan Pembeku Asap Cair Deorub Pada Perkebunan Karet Rakyat di Provinsi Jambi. Diterbitkan pada Prosiding Seminar Nasional Pengkajian Dan Diseminasi Inovasi Pertanian Mendukung Program Strategis Kementrian Pertanian. Buku 4. Cisarua, 9-11 Desember 2010. BBP2TP. ISBN: 978-979-1415-64-4.
  11. 11. Kajian Alat Pendadih Lateks Sederhana Kasus Desa Perdamaian Singkut V Kabupaten Sarolangun. Diterbitkan pada Prosiding Seminar Nasional Mekanisasi Pertanian Peningkatan Pendayagunaan Hasil Litbang Mekanisasi Pertanian Untuk Mendukung Pembangunan Pertanian. Serpong, 15-16 Desember 2010. Kerja-sama Balai Besar Pengembangan Pertanian, Perhimpunan Teknik Pertanian. ISBN : 978-979-95196-5-8.
  12. 12. Kajian Teknologi Pengemasan Cabai Untuk Memperpanjang Umur Simpan dan Menekan Kehilangan Hasil Selama Transportasi (750 km) di Provinsi Jambi.  Diterbitkan pada Prosiding Seminar Nasional Dan Rapat Tahunan Dekan Bidang Ilmu-Ilmu Pertanian Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) Wilayah Barat. Volume II. Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya. Palembang 23-25 Mei 2011. ISBN : 978-979-8389-18-4.
  13. Kadar Air Yang Aman Untuk Penyimpanan Benih Tanaman Pangan (Jagung, Kedelai, dan Kacang Tanah). Diterbitkan pada Prosiding Seminar Nasional Dan Rapat Tahunan Dekan Bidang Ilmu-Ilmu Pertanian Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) Wilayah Barat. Volume II. Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya. Palembang 23-25 Mei 2011. ISBN : 978-979-8389-18-4.
  14. Teknologi Pembekuan Lateks Berkualitas dengan Asap cair (Deorub) Untuk Pemberdayaan Petani Karet di Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. Diterbitkan pada Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokasi. Percepatan Transfer Inovasi Teknologi Spesifik Lokasi  Untuk Pemberdayaan Petani Mendukung Ketahanan Pangan Nasional. Bogor, 19 - 20 November 2011. BBP2TP. ISBN : 978-979-1415-74.
  15. Pengolahan Lateks Dadih Berkualitas Pada Perkebunan Karet Rakyat di Provinsi Jambi. Diterbitkan pada Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokasi. Percepatan Transfer Inovasi Teknologi Spesifik Lokasi  Untuk Pemberdayaan Petani Mendukung Ketahanan Pangan Nasional. Bogor, 19 - 20 November 2011. BBP2TP. ISBN : 978-979-1415-74.
  16. Penanganan Keamanan Pangan Buah Dan Sayuran Segar Untuk Mencapai Sertifikasi Produk Prima Tiga Di Provinsi Jambi. Diterbitkan pada Prosiding Seminar Nasional Perhimpunan Hortikultura Indonesia. Buku I. Tanaman Sayuran. Kerjasama Perhimpunan Hortikultura Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Badan Litbang Pertanian. Balitsa Lembang, 23-24 November 2011. ISBN : 978-979-25-1264-9.
  17. Pengolahan Cabai Kering Dan Tepung Cabai Berkualitas Untuk Mengatasi Kelebihan Produksi Dan Menunjang Agroindustri Di Tingkat Petani Provinsi Jambi. Diterbitkan pada Prosiding Seminar Nasional Perhimpunan Hortikultura Indonesia. Buku I. Tanaman Sayuran. Kerjasama Perhimpunan Hortikultura Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Badan Litbang Pertanian. Balitsa Lembang, 23-24 November 2011. ISBN : 978-979-25-1264-9.
  18. Teknologi Pengolahan Saus Cabai Berkualitas Dan Keamanan Pangannya Ditingkat Petani Provinsi Jambi. Diterbitkan pada Prosiding Seminar Nasional Perhimpunan Hortikultura Indonesia. Buku I. Tanaman Sayuran. Kerjasama Perhimpunan Hortikultura Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Badan Litbang Pertanian. Balitsa Lembang, 23-24 November 2011. ISBN : 978-979-25-1264-9.
  19. Improvement Of Rubber Product Quality and Elimination of Smell Through the Use of Deorub Liquid Smoke as Latex Coagulant. Prosiding Inovasi Hasil Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian. Diterbitkan oleh BPTP Lampung. Kerjasama BBP2TP, dengan Pemerintah Provinsi Lampung, Fakultas Pertanian Universitas Lampung, dan Perhiptani Provinsi Lampung. Desember 2011.  ISBN : 978-979-3263-40-3.
  20. Teknologi Pengolahan Pupuk Organik Untuk Pemberdayaan Petani P3TIP Desa Salam Buku Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Prosiding Inovasi Hasil Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian. Diterbitkan oleh BPTP Lampung. Kerjasama BBP2TP dengan Pemerintah Provinsi Lampung, Fakultas Pertanian Universitas Lampung, dan Perhiptani Provinsi Lampung. Desember 2011.  ISBN : 978-979-3263-40-3.
  21.  21. Cita Rasa Keripik Pisang Pada Beberapa Perlakuan Antioksidan. Prosiding Inovasi Hasil Penelitian dan Pengkajian     Teknologi Pertanian. Diterbitkan Oleh BPTP Lampung. Kerjasama BBP2TP dengan Pemerintah Provinsi Lampung, Fakultas Pertanian Universitas Lampung, dan Perhiptani Provinsi Lampung. Desember 2011. ISBN : 978-979-3263-40-3. 
  22. Kajian Penentuan Umur Panen dan Sortasi Cabai Untuk Memperpanjang Umur Simpan dan Menekan Kehilangan Hasil Selama Transportasi (750 km) dan Pe-nyimpanan di Provinsi Jambi. Diterbitkan pada Prosiding Seminar Nasional Akselerasi Pembangunan Pertanian Dan Perdesaan Berbasis Inovasi Dan Sum-berdaya Lokal. BPTP Papua Barat. Kerjasama dengan Dinas Pertanian, Peter-nakan, dan Ketahanan Pangan Provinsi Papua Barat. Manokwari, 28 September 2012. ISBN : 978-979-1415-72-9
  23. Pengaruh Jenis Kemasan Dan Tingkat Kematangan Terhadap Susut Bobot Dan Kerusakan Fisik Buah Jeruk. Jurnal Balai Besar Penelitian  dan Pengembangan Pascapanen Pertanian (dalam proses pencetakan).

 

Ir. Jumakir

Unit Kerja : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi
Pendidikan : S1, Universitas Sriwijaya
Jabatan : Peneliti Madya
Bidang Penelitian : Budidaya Tanaman
E-mail : jumakirvilla@litbang.pertanian.go.id

 

 

 

 

 

 

 

 

Profil Lengkap : 

Ir. Jumakir di lahirkan di Palembang Sumatera Selatan pada tanggal 13 Oktober 1966. Pada tahun 1991 mendapat gelar Sarjana Pertanian jurusan Budidaya Pertanian  di Fakultas Pertanian  Universitas Sriwijaya Palembang. Pengalaman bekerja mulai tahun 1992 sampai 1994 di SWAMPS Project Badan Litbang Pertanian (Sumatera Selatan) dan 1994 sampai 2000 di Integrated Swamps Development Project  (ISDP) Badan Litbang Pertanian (Kalimantan Barat dan Jambi). Tahun 2000 bergabung dengan BPTP Jambi, saat ini jabatan fungsional yang diemban adalah Peneliti Madya bidang Budidaya Tanaman dan sebagai koordinator wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. Pengalaman pengkajian dan pengembangan yang pernah dilaksanakan diantaranya Penelitian dan Pengembangan Sistem Usahatani (SUT) di Lahan Rawa Pasang Surut. Penelitian dan Pengembangan Sistem Usahatani (SUT) di Lahan Rawa Lebak. Pengkajian Percepatan Difusi Varietas  Padi  Unggul Lahan Pasang Surut  Melalui Gelar Teknologi dan Temu  Lapang  untuk Meningkatkan Adopter 2 Kali Lipat di Provinsi Jambi.   Kajian Pengelolaan Tanaman Terpadu Kedelai Pada Lahan Kering Masam Jambi. Model Kawasan Rumah Pangan Lestari Di Kabupaten Batanghari. Peningkatan Produksi Padi Melalui Pendekatan PTT dan Genta Nadi Pada Lahan Sawah Irigasi.  UPBS Padi di Provinsi Jambi. Demarea Penggunaan Pupuk Hayati Unggulan Nasional (PHUN) Pada Tanaman Kedelai di Lahan Rawa Pasang Surut Provinsi Jambi. Model Pengembangan Pertanian Perdesaan Melalui Inovasi (M-P3MI) Berbasis Tanaman Padi  Di Kabupaten Tanjung Jabung  Barat Provinsi Jambi. Laboratorium Lapang Inovasi Pertanian (LLIP) di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Pengkajian Penggunaan Pupuk Hayati Unggulan Nasional (PHUN)  Pada Tanaman Padi di Lahan Sawah Irigasi Provinsi Jambi. Model Penyediaan Benih Padi untuk Pemenuhan Kebutuhan  Wilayahnya melalui Peningkatan Kemampuan Calon  Penangkar. Diversifikasi Tanaman Padi, Jagung dan Kedelai Pada Tanaman Kelapa Sawit di Provinsi Jambi dan Kajian Peningkatan Produktivitas Padi Melalui Inovasi Teknologi dan Varietas di Lahan Rawa Pasang Surut.

Pengalaman profesional  dijalani melalui keikutsertaan dalam seminar, pelatihan-pelatihan dalam dan luar negeri. Pelatihan jangka pendek di luar negeri yang pernah diikuti  yaitu Two  Week  Rice  Production 2, IRRI- Philippines (2002). Pelatihan dalam negeri yang pernah diikuti yaitu Pemasyarakatan Pengembangan Padi VUTB, Balitpa Sukamandi (2004), Pelatihan Produksi dan Pengelolaan Benih Sumber Padi, BB PADI Sukamandi (2011). Sosialisasi IVR (Interactive Voice Response) PHSL Pemupukan Hara Spesifik Lokasi Padi Sawah, BB PADI Sukamandi (2011). Workshop Penguatan Kapasitas Pengelola UPBS, BB PADI Sukamandi (2013). Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Badan Litbang Pertanian BBP2TP Bogor (2013). Diklat Jabatan Fungsional Peneliti Tingkat Lanjutan Gelombang III, LIPI (2013). Model Pengembangan Pertanian Perdesaan Melalui Inovasi (M-P3MI) (2014). Pembinaan SPIP Lingkup Kementerian Pertanian “SPI Handal-Pelayanan Prima-4 Target Sukses Pembangunan Pertanian Tercapai Optimal, Kementan (2014). Pelatihan Teknis Penguatan Penangkar dan Produksi Benih Padi, BB PADI Sukamandi (2015). Workshop Laboratorium Lapang Inovasi Pertanian (LLIP) (2015).

Seminar Nasional yang pernah diikuti yaitu International Seminar Technology Innovation for Increasing Rice Production and  Conserving Environment Under Global Climate Change. IRRI . Konferensi Nasional Kelapa VII Akselerasi Revitalisasi Agribisnis Perkelapaan Nasional. Seminar Ilmiah Hasil Penelitian Padi Nasional "Variabilitas dan Perubahan Iklim : Pengaruhnya Terhadap Kemandirian Pangan Nasional". Seminar Nasional "Pengkajian dan Diseminasi Inovasi Pertanian Mendukung Program Strategis Kementerian Pertanian". Seminar Nasional "Pengembangan Pertanian Terpadu Berbasis Organik Menuju Pembangunan Pertanian Berkelanjutan". Seminar Nasional Kemandirian Pangan Meningkatkan Daya Saing dan Nilai Tambah Produk Pertanian Berbasis Sumberdaya Lokal. Seminar Nasional Sumberdaya Lahan Pertanian. Seminar Nasional Hasil Penelitian Padi "Inovasi Teknologi Padi Mengantisipasi Cekaman Lingkungan Biotik dan Abiotik". Seminar Nasional “Inovasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokasi”. Seminar Nasional Inovasi Pertanian Lahan Kering, Percepatan dan Penyebarluasan Inovasi Pertanian Lahan Kering Beriklim kering dalam menghadapi Perubahan Iklim. Seminar Nasional Lahan Sub Optimal dalam Rangka Mendukung Kemandirian Pangan Nasional, Pusat Unggulan Riset Pengembangan Lahan Sub Optimal (PUR-PLSO). Seminar Nasional Perhimpunan Ilmu Pemuliaan Indonesia (PERIPI) "Peran Sumber Daya Genetik dan Pemuliaan dalam Mewujudkan Kemandirian Industri Perbenihan Nasional". Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pertanian Ramah Lingkungan Spesifik Lokasi Mendukung Pembangunan Pertanian Berkelanjutan.

Publikasi :

Beberapa karya tulis ilmiah yang telah dipublikasi, antara lain;

  1. Rice seed production of inpari 13 in supporting the provision of seed superior quality in Jambi Province (cases of farmer breeders built aiat Jambi). 2013
  2. Development superior new variety of inpara 1 and inpara  3 in tidal swamp land Province Jambi (Case study Senyerang sub District  of Tanjung Jabung Barat). 2013
  3. Kajian cara tanam padi di lahan sawah irigasi  Kab Tanjung Jabung Barat. 2013
  4. Produktivitas kedelai varietas Anjasmoro melalui pendekatan PTT pada lahan sub optimal di Prov Jambi. 2013
  5. Technology implementation  for increasing rice and soybean production with ICM  tidal swamp land  in  Jambi Province. 2014

 

Ir. Nur Imdah Minsyah

Unit Kerja : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi
Pendidikan : S1
Jabatan : Peneliti Madya
Bidang Penelitian : Sistem Usaha Pertanian
E-mail : nur_imdahm@litbang.pertanian.go.id

 

 

 

 

 

 

 

 

Profil Lengkap :

Anak kedua dari tujuh bersaudara, anak dari pasangan Ibrahim bin Deham dan H. Hosnah binti H. Nawawi. Lahir pada Tanggal 16 September 1962 di Kota Tanjung Karang (Sekarang Bandar Lampung). Pendidikan Dasar (SD Negerti No. 38) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP Negeri X) Palembang, Sekolah menengah Atas (SMA III PSKD)  Jakarta, Pendidikan Sarjana Fakultas pertanian Universitas Sriwijaya Palembang (1987).

Sejak akhir tahun 1988 - sekarang, bergabung dengan Badan Litbang Pertanian. Selama lebih kurang 13 tahun dari akhir tahun 1988 – 2000, banyak terlibat dalam kegatan-kegiatan penelitian dan pengembangan lahan rawa pasang surut dan lebak yaitu menjadi staf/peneliti/koordinator lapng dan koordinator wilayah pada Proyek Penelitian dan Pengembangan Lahan Rawa Pasang Surut dan Lebak Swamps-II, Proyek Pengembangan Lahan Rawa Terpadu (Integrated Swamps DevelopmentProject/ISDP), Proyek Pengembangan Sistem Usahapertanian Lahan Rawa Pasang Surut Sumatera Selatan, Gerakan mandiri Padi, Palawija, dan Jagung (Gema Palagung).  Wilayah kerja Proyek Swamps-II dan ISDP meliputi provinsi-provinsi yang memlilki luas (potensi) lahan rawa yang cukup luas, yaitu Sumatera Selatan, Jambi, Riau, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.

Selama terlibat dalam kegiatan penelitian dan pengembangan lahan rawa, cukup bnayak  karya-karya tulis ilmiah yang dihasilkan dan yang telah diterbitkan baik dalam bentuk proseding seminar, risalah pertemuan, jurnal yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Pertanian Tanaman Pangan (Puslitbangtan) bogor, dan lain-lain.

Sejak tahun 2000/2001 – sekarang bergabung dengan Instalasi/balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi sebagai staf peneliti. Peran yang diemban selama bergabung dengan BPTP Jambi, adalah sebagai berikut:

  1. Anggota dan penanggngung jawab kegiatan seperti kegiatan  Primatani, SL-PTT dan penanggung jawab beberapa kegiatan.
  2. Koorwil keguatan di Kabupaten Tebo 2012 - 2014
  3. Korwil Kegiatan di Kabupaten Merangin 2015-04-27
  4. Koordinator Kelompok Pengkaji Sosial Ekonomi, 2011 – sekarang

 

LIMA KARYA TULIS ILMIAH TERAKHIR

 

  1. Ketersediaan  Teknologi Usahatani Lahan Rawa Lebak dan Kendala Pengenbangannnya di Provinsi Jambi.
  2. OptimalisasiPemanfaatan Lahan sawah Irigasu Untuk Peningkatan Produksi padi di Provinsi Jambi
  3. Sistem Produksi Benih Kedelai dan Permasalahnnya di Provinsi Jambi
  4. Analisis kelayakan Usaha penangkaran Bebih Kedelai di Kabupaten Tebo dan Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi
  5. Peran Lahan Pasang Surut sebagai sentra Produksi Tanaman Pangan di Provinsi Jambi

 

Dr. Araz Meilin, SP, M.Si

Unit Kerja : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi
Pendidikan : S3, Ilmu Pertanian/Minat Ilmu Hama Tumbuhan UGM Yogyakarta
Jabatan : Peneliti Madya
Bidang Penelitian : Hama dan Penyakit Tanaman
E-mail : araz_meilin@litbang.pertanian.co.id atau araz_meilin@yahoo.com