JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Ir. Syafrial

Unit Kerja : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi
Pendidikan : S1, Universitas Andalas
Jabatan : Penyuluh Pertama Madya
Bidang Penelitian : Pakan dan Nutrisi Ternak
E-mail :

syafrialjambi@gmail.com

 

 

 

 

 

 

 

 

Profil Lengkap :

Ir. Syafrial mendapatkan gelar Sarjana Peternakan (program studi Nutrisi dan Makanan Ternak) pada tahun 1985 dari Universitas Andalas (UNAND) Padang. Mulai bekerja sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 1986 di Balai Informasi Pertanian (BIP) Timor Timur. Pada tahun 1987 diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil dan tenaga fungsional Penyuluh/Ajun Penyuluh Pertanian Madya yang tergabung kedalam kelompok Penyuluh Pertanian Spesialis (PPS) di Balai Informasi Pertanian (BIP) Timor Timur. Selama bekerja di Balai Informasi Pertanian Timor Timur telah ikut berkontribusi untuk kemajuan pembangunan pertanian di daerah ini dengan melaksanakan tugas dalam penyusunan materi penyuluhan pertanian dalam berbagai  bentuk (media tercetak, terekam, dan elektronik) untuk didiseminasikan kepada para penyuluh dan petani serta stakeholder lainnya di Provinsi Timor Timur, disamping itu juga terlibat secara langsung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan sebagai pelatih pada berbagai kegiatan pelatihan bagi penyuluh dan kursus tani. Setelah bertugas selama 9 tahun di Provinsi Timor Timur, pada tahun 1995 mendapat alih tugas ke Balai Informasi Pertanian (BIP) Jambi (pada tahun 1996 berobah nama menjadi Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Jambi dan tahun 2002 menjadi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi), dan tergabung kedalam kelompok Pengkaji Budidaya Pertanian sampai sekarang. Dalam melaksanakan tugas kegiatan pengkajian maupun diseminasi di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi, telah terlibat dalam berbagai kegiatan pengkajian dan  dipercaya sebagai penanggungjawab beberapa kegiatan, diantaranya : Pengkajian Sistem Usahatani Penggemukan Sapi Potong (1997), Model Pengembangan Pertanian Perdesaan Melalui Inovasi (m-P3MI) tahun 2013, Koordinator Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) tahun 2008 – sekarang, dan  Advokasi kegiatan FEATI ke Stakeholder (2011 – 2012). Sebelum jabatan sekarang, beberapa tugas yang telah pernah diemban diantaranya adalah sebagai Ketua Kelompok Pengkaji Budidaya Pertanian pada tahun 2003 s/d 2006, dan Koordinator Penyuluh BPTP Jambi (2014 – sekarang). Jenjang Fungsional Penyuluh Pertanian Muda diperoleh pada Oktober 1997 dan Penyuluh Pertanian Madya pada April 2000.

Sebagai fungsional penyuluh, sering diminta dan ditugaskan BPTP Jambi sebagai narasumber pada berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh dinas dan instansi terkait dibidang pertanian baik di kabupaten/kota maupun provinsi. Juga sering mengikuti seminar/pertemuan ilmiah, pelatihan, raker, dan workshop, serta telah menghasilkan beberapa karya tulis ilmiah yang dimuat pada beberapa prosiding. Beberapa karya tulis ilmiah yang telah dipublikasikan, antara lain : Kajian Pemberian Pakan Konsentrat Pada penggemukan Sapi Potong, Kontribusi Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan Terhadap Petani Padi, dan Kinerja   Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan di Kota Jambi. Untuk mendalami ilmu penyuluhan, pada tahun 2012 memperoleh kesempatan mengikuti Training Agricultural Extensión Practices di “Asian Institute of Technology (AIT)” Bangkok – Thailand. 

Kegiatan Seminar/Pertemuan Ilmiah, Raker, Workshop, dan Pelatihan diantaranya: (a) Ekspose Hasil-Hasil Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian Mendukung Pekan Nasional Pertemuan Kontak Tani Nelayan (PENAS) XIII, Tenggarong Kalimantan Timur, (b) Ekspose Hasil-Hasil Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian Mendukung Pekan Nasional Pertemuan Kontak Tani Nelayan (PENAS) XIV  Malang Jawa Timur, (c) Training of Master Trainer (TOMT) Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan, (d) Pelatihan Training of Trainer Metodologi Pengkajian Penyuluhan dan Evaluasi Kinerja Diseminasi Hasil Litkaji Bagi Penyuluh Pertanian, (e) Training Agricultural Extensión Practices di “Asian Institute of Technology (AIT) Thailand, dan (f) Pelatihan Teknis Sertifikasi Profesi Penyuluhan Pertanian.