• Font size:
  • Decrease
  • Reset
  • Increase

Visitor Plot


Visitor Plot merupakan petak percontohan teknologi dari hasil kegiatan pengkajian dan penelitian yang telah dilakukan oleh BPTP Jambi untuk dapat diperlihatkan kepada masyarakat, petani, mahasiswa, para penyuluh lapangan, pemerintah daerah, serta pengguna lainnya atau stakeholder.


 

Lokasi kegiatan dilaksanakan dikawasan kantor BPTP Jambi KM 16 Jalan Raya Jambi - Palembang Desa Pondok Meja, kecamatan Mestong, Kabupaten Muara Jambi. Kegiatan yang dilakukan terdiri atas : 1). Demonstrasi Teknologi pembibitan komoditas buah-buahan (duku dan durian), 2). Demonstrasi teknologi pembibitan karet klon unggul, 3). Demonstrasi teknologi budidaya ternak kambing, 4). Demonstrasi teknologi budidaya tanaman sayuran, 5). Budidaya tanaman palawija. 6). Teknologi penggemukan sapi, 7). Teknologi pembuatan pupuk organik. Selain itu dilakukan kegiatan sosialisasi, pendampingan teknologi dan pelatihan.

Pelatihan yang telah dilakukan diantaranya: 1). Pembinaan dan praktek lapang tentang teknologi yang didemonstrasikan di areal visitor plot kepada 6 Siswa dari SMK Agro Merangin, 2). Pendampingan teknologi kepada petani dan PPL tentang budidaya tanaman durian dan jeruk dataran rendah di Kabupaten Batanghari, 3). Shooting untuk didiseminasikan tenang teknologi pembibitan karet dan pupuk pembuatan pupuk organik cair yang selanjutnya akan digunakan sebagai bahan desiminasi melalui media elektronik, 4). Pelatihan tentang pembenihan tanaman sayuran dan buah - buahan tropika di Subang, 5). Kunjungan kelompok tani dari Kecamatan Jambi Kecil untuk konsultasi belajar tentang teknologi pembibitan buah-buahan dan pembuatan pupuk organik, dan 6). Kunjungan kelompok tani dari Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari sebanyak 20 Petani dalam rangka konsultasi dan belajar, dan praktek lapang tentang teknologi pembibitan karet klon unggul.

Selain sebagai display Visitorplot BPTP Jambi juga menjual komoditas yang diperlukan oleh masyarakat seperti dibawah ini.

No.
Komoditas
Jumlah Persediaan
Harga (Rp)
1.
Bibit Karet Klon PB 260 (Polybag)
1500 Polybag
6000/Polybag
2.
Bibit Karet Klon PB 260 (Stum)
2000 Stum
300/Stum
3.
Durian Tembaga (6 Bulan)
100 Batang
20000/Batang
4.
Durian
100 Batang
20000/Batang
5.
Durian Otong
100 Batang
20000/Batang
6.
Duku Kumpeh (2 bulan)
100 Batang
20000/Batang
7.
Buah Naga Merah
50 Buah
10000/kg

 

Switch mode views:

Style Sitting

Fonts

Layouts

Direction

Template Widths

px  %

px  %