• Font size:
  • Decrease
  • Reset
  • Increase

Laboratorium Tanah




Laboratorium Tanah dan Tanaman BPTP berperan dalam memberikan jasa analisis tanah dan tanaman bagi lingkup intern BPTP Jambi. Fungsi utama dari laboratorium adalah tempat untuk melakukan praktik atau penerapan atas teori, penelitian dan pengembangan keilmuan bidang pertanian, sehingga menjadi unsur penting dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan pengkajian, khususnya di bidang ilmu tanah dan tanaman. Laboratorium juga bisa meminjamkan alat penelitian kepada peneliti dan pengkaji di BPTP Jambi untuk melakukan survei di lapangan khususnya survei tanah seperti bor tanah gambut, bor tanah mineral, GPS, dan ring sampel tanah dan juga menyewakan untuk umum.
 
Kegiatan yang dilakukan dalam lingkup pengelolaan laboratorium meliputi persiapan sampel sampai analisis tanah dan gas rumah kaca (CO2 dan CH4). Penggunaan laboratorium untuk melayani penelitian  yang dilakukan peneliti BPTP Jambi maupun dari pihak lain seperti Instansi pemerintah, petani, mahasiswa dan perusahaan.

Laboratorium Tanah dan Tanaman ini didukung sumber daya manusia yang terdiri dari 1 orang S2 Ilmu Tanah, 1 orang S1 Ilmu Tanah dan 1 orang teknisi. Salah satu SDM telah mengikuti magang di Laboratorium Balittanah Bogor dan in house training yang diselenggarakan oleh Balittanah Bogor dan BB Biogen.

Laboratorium BPTP Jambi melayani analisis tanah dan gas rumah kaca untuk umum  juga melayani konsultasi penentuan  dosis pupuk untuk padi sawah, rawa dan tanah mineral spesifik lokasi menggunakan PUTK, PUTS dan PUTR. Adapun analisis rutin yang dilakukan oleh laboratorium tanah dan tanaman BPTP Jambi seperti tabel berikut:

HARGA ANALISIS TANAH, TANAMAN DAN GAS

No.

Jenis Analisis

Harga (Rp)

1.

Persiapan contoh tanah

10.000

2.

Tekstur 3 fraksi metode hydrometer (pasir, debu dan liat)

35.000

3.

pH H2O dan KCl 1 M

12.000

4.

C-organik

35.000

5.

Kation dapat ditukar K

45.000

6.

Kation dapat ditukar  Na

45.000

7.

Kemasaman dapat ditukar (Al dan H-dd)

28.000

8.

Persiapan contoh pupuk organik

20.000

9.

pH H2O dan KCl 1 M pupuk organik

18.000

10

Pengukuran kosentrasi gas CO2

20.000

11.

Pengukuran konsentrasi gas CH4

10.000

12.

Pengukuran kadar air padi, jagung dan kedelai

5000


Switch mode views:

Style Sitting

Fonts

Layouts

Direction

Template Widths

px  %

px  %