JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Tebu Kerinci, Kentang Lolo Dan Beras Payo Banjir Peminat Di Penas XV

Pameran BPTP Jambi Menyuguhkan Bahan Tanam Dan Olahan Hasil SDG Jambi Pada Penas XV
Pameran BPTP Jambi Menyuguhkan
Bahan Tanam Dan Olahan Hasil SDG
Jambi Pada Penas XV

Pekan Nasional (PENAS) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XV telah sukses dihelat pada 6 hingga 11 Mei 2017, di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Diikuti sekitar 35.000 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia. BPTP Balitbangtan Jambi turut mendukung suksesnya Penas tersebut dengan mengintroduksi dan mengenalkan tanaman Sumber Daya Genetik (SDG) asal Provinsi Jambi dalam bentuk bahan tanaman dan olahan yang didiseminasikan di Kegiatan Gelar Teknologi, Pameran SDG dan Stand Pameran Badan Litbang Pertanian.


Bahan tanam berupa lebih dari 35 rumpun tebu klon POJ 2878 Agribun Kerinci, 100 batang tebu yang siap panen dan hasil olahan tebu berupa gula merah didisplay dengan menarik di Lokasi Gelar Teknologi dan Center Point pameran SDG. Sedangkan Beras Payo dan Kentang Lolo yang juga berasal dari Kab. Kerinci didisplay dengan kemasan menarik di Lokasi stand pameran Badan Litbang Pertanian beserta produk-produk unggulan lain milik Badan Litbang.

Antusiasme tinggi peserta Penas terlihat pada saat kunjungan ke lokasi pertanaman Tebu yang ditanam di lokasi Gelar Teknologi khusus tanaman perkebunan. Tebu POJ 2878 Agribun Kerinci siap panen dengan performa batang yang tinggi dan besar mendorong banyak pengunjung untuk ingin membudidayakannya. Tebu POJ 2878 Agribun Kerinci yang tumbuh baik di dataran tinggi ini, sudah dapat dibudidayakan di dataran rendah dan dekat dengan laut, sehingga cocok ditanam di wilayah Aceh. Produk olahan berupa gula merah tebu yang dipajang juga mampu menyedot minat pengunjung pameran. Tak ketinggalan produk lain yang dipamerkan adalah Beras Payo yang merupakan beras pulen  dan  Kentang Lolo yang keduanya berasal dari Kab. Kerinci juga diminati pengunjung. Target di tahun 2017 ini, Kentang Lolo segera didaftarkan sebagai Varietas Unggul.