JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Siap Penuhi Kebutuhan Benih Jagung Hibrida, BPTP Balitbangtan Jambi Panen Perdana Jagung Hibrida Bima 20 Uri

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 
Panen Perdana Jagung Hibrida Bima 20 URI Di Desa Sri Agung
Panen Perdana Jagung Hibrida Bima 20 URI Di Desa Sri Agung

Minggu (14/5) bertempat di Desa Sri Agung Kecamatan Batang Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat dilakukan panen perdana benih jagung hibrida BIMA 20 URI di lahan Kelompok Tani Desa Sri Agung. Panen perdana dilakukan oleh Kepala BPTP Jambi bersama perwakilan Dinas Pertanian Hortikultura Peternakan Provinsi Jambi dan Dinas Pertanian Hortikultura Peternakan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Camat Batang Asam dan Perwakilan dari PT. Pertani.

Dalam temu lapang,  Kepala BPTP Jambi Mohammad Takdir Mulyadi menyampaikan sudah banyak inovasi teknologi yang diberikan terkait penyediaan benih hibrida dan merupakan pengetahuan yang harus dikembangkan lebih besar lagi agar produksi benih hibrida BIMA 20 URI dapat tercapai sesuai dengan harapan. Lebih lanjut, Kepala BPTP Jambi, menyatakan dengan ada jagung bima 20 Uri yang dikelola oleh kelompok tani maka ketergantungan bibit oleh petani tidak ada lagi. Bahkan dapat disebarluaskan untuk pemenuhan kebutuhan petani lainnya. Tahun ini diharapkan 40 % benih di siapkan/diproleh dari jagung varietas dalam negeri, dan pada tahun 2018 kebutuhan benih akan dipenuhi 80% dari benih varietas anak bangsa serta pada tahun 2019 sudah 100 % benih dari produksi anak bangsa, ini kesempatan yang sangat baik bagi petani.

Pada kesempatan tersebut, Perwakilan PT. Pertani berkeinginan  untuk maju bersama pihak-pihak terkait. Jagung Bima 20 URI artinya  Jagung Bima 20 untuk rakyat Indonesia. Perlu dibuat strategi promosi pemasaran yang menarik agar harganya sesuai dan siap bermitra dengan penangkar serta harga yang saling menguntungkan.

Jagung Bima 20 URI mempunyai potensi hasil 12,8 ton/Ha. Keunggulan lainnya adalah umur tanaman lebih kurang 102 hari, seragam, tahan rebah, tahan kekeringan, agak tahan penyakit bulai, karat daun dan hawar daun, juga dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak sapi karena daun jagung BIMA 20 URI tetap hijau (stay green) walaupun jagung telah umur masak panen.