JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Indo Jarwo Transplanter, Solusi Hemat Bagi Petani

Kebutuhan akan mekanisasi pertanian  akhir-akhir ini semakin meningkat seiring dengan besarnya kendala yang dihadapi sektor pertanian, antara lain ; kelangkaan tenaga kerja yang disebabkan menurunnya minat generasi muda pada usaha sektor pertanian.  Jika hal ini tidak segera diatasi maka dikhawatirkan usaha pemerintah untuk mencapai target swasembada beras nasional, akan terganggu.

Metode tanam padi jajar legowo saat ini tengah menjadi tren di kalangan para petani. Betapa tidak, dengan rekomendasi penanaman jajar legowo 2:1 populasi tanaman mencapai 213.300 tanaman/hektar atau 33,31% lebih banyak dibandingkan metode tanam tegel 25cm x 25cm yang hanya mencapai populasi 160.000/ha.

Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian  merancang mesin tanam padi jajar legowo 2:1 yang diberi nama Indo Jarwo Transplanter 2:1. Mesin ini mempunyai keistimewaan antara lain; mempunyai kemampuan setara dengan 20 tenaga kerja untuk menanam 1 ha bibit padi. Sehingga mesin ini mampu menekan biaya tanam sekaligus mempercepat waktu tanam. (Diolah dari berbagai sumber). Perbandingan antara biaya dan kecepatan waktu tanam tenaga manual dan mesin transplanter serta spesifikasi, silahkan klik disini.

Sumber : BB Mektan