JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Tekan Susut Panen Padi dengan Indo Combine Harvester

Pencapaian swasembada beras bukanlah hal yang mudah untuk diwujudkan. Teknologi pertanian adalah hal penting yang harus dipersiapkan dengan matang. Peranan mekanisasi dalam hal ini tidak bisa diabaikan. Selain dapat mengurangi kehilangan hasil akibat susut panen (lossess), mekanisasi mampu meningkatkan mutu gabah dan beras yang dihasilkan. Pada akhirnya, keuntungan yang diterima petani akan menjadi tinggi.

Masalah susut panen (lossess) nasional kini dapat diatasi dengan diluncurkannya mesin panen yang sesuai dengan kondisi sawah di Indonesia. Badan Litbang Pertanian telah mengembangkan inovasi mesin panen padi Indo Combine Harvester yang mampu menekan jumlah susut hasil hingga mencapai di bawah 2%.

Mesin panen yang biasa digunakan untuk mengurangi losses, selama ini didapatkan dengan cara impor. Namun, mesin pemanen yang beredar di pasaran memiliki gaya tekan ke tanah yang terlalu berat sehingga sering terbenam pada tanah sawah Indonesia yang umumnya basah.Combine harvester kreasi BBPMP bersifat spesifik lokasi dan dirancang khusus untuk kondisi tanah di Indonesia yang umumnya berupa lahan sawah irigasi. Gaya tekan combine harvester yang umum beredar di pasaran sekitar 0,20 kg/cm2. Sedangkan gaya tekan Indo Combine Harvester milik Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBPMP) hanya sebesar 0,13 kg/cm2.

Spesifikasi Indo Combine Harvester, silahkan klik disini.

Sumber : BB Mektan