JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Teknologi Largo Super Lahan Kering Masam pada Lahan Peremajaan Kelapa Sawit

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Larikan Gogo (Largo) Super adalah teknologi budidaya terpadu padi lahan kering (gogo) berbasis tanam jajar legowo 2:1 dengan menerapkan beragam komponen teknologi hasil Balitbangtan dan mekanisasi pertanian. Komponen teknologi yang diterapkan adalah sebagai berikut:

  1. Varietas Unggul Baru (VUB) padi gogo dengan potensi hasil tinggi: Inpago 8, 9, 10, 11,12, Rindang 1, Rindang 2, Situ Patenggang, Jatiluhur dan Batutegi
  2. Aplikasi biodekomposer Agrodeco saat pengolahan tanah
  3. Aplikasi pupuk hayati (seed treatment) Agrice-plus pada benih sebelum semai
  4. Aplikasi pupuk cair biosilika BioSinta pada saat pertanaman
  5. Pemupukan berimbang berdasarkan status hara tanah (penggunaan PUTK)
  6. Pengendalian OPT dengan pestisida nabati Bioprotector dan pestisida anorganik harus berdasarkan ambang kendali
  7. Penggunaan alsintan (atabela dan combine harvester)
  8. Untuk lahan kering masam di Jambi ditambah penggunaan Batuan fosfat alam yang dapat meningkatkan efisiensi pupuk fosfat dan efek residunya dapat memperbaiki hara tanah masam.

Pemilihan Lokasi: Pengembangan sistem produksi padi gogo dilakukan di lokasi di dataran rendah (lahan terbuka dan tegakan). Penentuan lokasi dilakukan berdasarkan kriteria curah hujan menurut klasifikasi Oldeman (1975). Padi gogo dapat tumbuh dengan baik pada wilayah dengan rata-rata curah hujan ≥ 100 mm/bulan (di dataran rendah 400 m dpl). Padi gogo dapat dibudidayakan secara mono kultur atau tumpang sari dengan tanaman semusim maupun di antara tanaman tahunan dengan intensitas naungan maksimum 50 %. Penanaman dilakukan pada awal musim hujan. Informasi selengkapnya silakan disimak disini.