JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pembibitan Tebu Dataran Tinggi Kerinci (Poj 2878 Agribun Kerinci) Menggunakan Polybag

User Rating: 2 / 5

Star ActiveStar ActiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Tanaman tebu merupakan salah satu komoditas unggulan nasional setelah padi, jagung, kedelai dan ternak. Salah satu penyebab penurunan produktivitas tebu adalah permasalahan pada penggunaan bibit, karena bibit tebu yang digunakan petani kurang bermutu (Iskandar, 2005). Di daerah pulau Jawa, pengembangan tanaman tebu dengan penggunaan benih unggul tebu sistem bud chips terus digalakkan pada tingkat penangkar Kebun Benih Datar (KBD) dan petani pengembang untuk memenuhi permintaan bibit dalam mendukung program perluasan areal tanaman tebu baru. Keunggulan benih bud chips adalah benih lebih seragam, lebih sehat, daya tumbuh di lapang lebih baik dan ketersediaan bisa tepat waktu.

Di Kabupaten Kerinci pembibitan sistem bud chips belum bisa dilaksanakan karena membutuhkan sarana dan prasarana (alat bud chipper, hot water treatment, tray, kawat penyangga benih, bak plastik) serta pemeliharaan yang intensif. Idealnya pembibitan sistem bud chips dilaksanakan pada kebun pembibitan yang berdekatan dengan perkantoran yang sudah tersedia sarana pengairan sprinkler dan listrik. 

Biasanya pengembangan atau perluasan areal tanaman tebu di tingkat petani hanya menggunakan anakan yang tumbuh disekitar tanaman induk. Namun untuk pengembangan secara luas dan skala yang besar tidak memungkin karena membutuhkan tenaga dan anakan yang banyak serta pertumbuhannya tidak seragam. Untuk program pengembangan dan perluasan tanaman tebu sudah menggunakan anakan sistem bagal mata dua dari KBD Disbunnak yang ditanam langsung dilapangan. Informasi selanjutnya silahkan klik disini.