JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Ahang Adro dan Loker Telun Berasap Varietas Cabai Lokal Kerinci

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Cabai merah (Capsicum annuum L.) merupakan salah satu dari enam jenis komoditas sayuran segar yang diekspor Indonesia ke beberapa negara seperti malaysia dan singapura. Besarnya minat masyarakat dunia terhadap komoditi cabai merah karena penggunaanya yang relatif sering dalam kehidupan sehari-hari sebagai bumbu dapur atau rempah-rempah penambah cita rasa makanan.

Meningkatnya permintaan cabai dari tahun ke tahun dan keuntungan yang didapatkan, mendorong para petani untuk membudidayakan cabai. Secara tidak langsung permintaan terhadap kebutuhan benih cabai varietas unggul akan semakin meningkat. Untuk mendapatkan hasil produksi yang optimal petani lebih memilih menggunakan benih cabai bervarietas unggul. Peningkatan konsumsi cabai merah harus diikuti dengan peningkatan produksi cabai merah. Produksi cabai merah dipengaruhi oleh luas panen dan produktivitas cabai merah.

Produktivitas cabai merah sangat ditentukan oleh kondisi agroekologi dan kemampuan adaptif dari suatu kultivar. Varietas yang unggul pada suatu daerah belum tentu unggul pada daerah lain, karena keunggulan varietas tersebut mungkin dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti keadaan unsur hara di dalam tanah. Oleh sebab itu, petani cabai di Provinsi Jambi khususnya Kabupaten Kerinci lebih memilih menggunakan varietas lokal yang telah lama berkembang di Kerinci.

Cabai merah lokal yang banyak dibudidayakan oleh petani di Kabupaten Kerinci, antara lain: Cabai Ahang Adro dan Cabai Loker Telun Berasap. Informasi selanjutnya silahkan klik disini.