JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 
Kegiatan Verifikasi Bahan dan Ujian dengan Sistem CAT
Kegiatan Verifikasi Bahan dan Ujian dengan Sistem CAT

Pelaksanaan ujian Seleksi CPNS Kementerian Pertanian Tahun 2017 Wilayah Provinsi  Jambi  yang dilaksanakan sejak hari Rabu tanggal 11 Oktober 2017  telah berakhir kemarin tanggal 17 Oktober 2017. Ujian berlangsung di Kantor Unit Pelaksana Teknis Badan Kepegawaian Negara  Jambi dari pukul 08.00 s.d. 17.30 WIB.  Jumlah peserta ujian seleksi untuk Jenjang S1 dan S2 sebanyak 1.538 orang. Peserta tersebut merupakan peserta yang diinyatakan lulus verifikasi dokumen secara online.  Pelaksanaan ujian seleksi CPNS Kementerian Pertanian di Provinsi Jambi dikoordinasikan oleh panitia pusat dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia di Provinsi Jambi dan sebagai Penjab Lapangan Dra. Lia Meiliandari dari Setjen Kementan bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara. Panitia pusat Kementerian Pertanian RI dibantu oleh anggota lainnya yang berasal dari  dari UPT Kementerian Pertanian di Jambi  (BPTP, BPP dan Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Jambi).

Peserta ujian yang sudah lulus verifikasi secara online tersebut akan diizinkan mengikuti seleksi ujian/test apabila memenuhi persyaratan ujian Standar Kompetensi Dasar (SKD) yaitu: 1)  Menepati jadwal ujian,  2) Memakai seragam kemeja putih, celana/rok hitam, sepatu pantofel,  3) Membawa Kartu Ujian yang ditempel pasfoto ukuran 4x6 (latar belakang merah), 4) Menunjukkan  dokumen asli berupa:  Ijazah, Transkrip dan  KTP (batas kelahiran: Agustus 1982). Apabila memenuhi persyaratan dasar, selanjutnya peserta akan memperoleh nomor PIN registrasi, sebagai dasar untuk mengikuti test/ujian dengan system CAT (Computer Assisted Test).  Sebelum saatnya ujian,  peserta dapat memperhatikan tutorial langkah-langkah mengoperasikan system CAT. Sistem CAT dirancang untuk memudahkan peserta dalam menjawab soal ujian karena peserta hanya menekan/mengklik tombol mouse dalam menjawab soal ujian (tanpa menggunalan alat tulis lainnya). Hasil/nilai ujian masing-masing peserta test dapat diketahui secara langsung setelah menyelesaikan ujian atau batas waktu ujian berakhir.

Materi ujian/test yang diujikan terdiri dari 3 macam yaitu : Wawasan Kebangsaan (TWK)/Passing Grade=75, Inteligensi Umum  (TIU)/Passing Grade=  80, dan Karakeristik Pribadi (TKP)/Passing Grade = 143.  Hal ini mensyaratkan bahwa perolehan nilai yang tinggi tidak menjamin kelulusan ujian, karena harus melewati batas minimal/passing grade masing-masing materi yang diujikan. Sedangkan untuk peserta ujian yang berpredikat cumlaude serta  dissabilitas, perolehan nilai kelulusan didasarkan kepada urutan rangking perolehan total nilai keseluruhan (nilai minimal 289).  Selama 7 hari itu,  pelaksanan ujian berlangsung dengan lancar tanpa menghadapi hambatan hingga acara seleksi CPNS Kementerian Pertanian Wilayah Jambi selesai dilaksanakan.

Peserta ujian yang lulus dalam seleksi ujian / test CPNS Kementerian Pertanian Republik Indonesia Tahun 2017 Wilayah Provinsi Jambi dengan System CAT (Computer Assisted Test) berjumlah 129 orang, yang selanjutnya diikutsertakan dalam seleksi berikutnya, yaitu Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) yang akan memperebutkan 475 kursi CPNS lingkup Kementerian Pertanian Republik Indonesia.