JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

KOTA JAMBI - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestari melalui Balai Pengelolaan Hutan Produksi Wilayah IV Jambi menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Potensi Pengembangan Usaha Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Provinsi Jambi. Bertempat di Abadi Suite-Jambi, peserta terdiri dari berbagai instansi; Unit KPHP Wilayah Jambi, Instansi Pemerintah Daerah dan Pusat, Universitas serta LSM. BPTP Balitbangtan Jambi merupakan salah satu UPT Kementerian Pertanian RI di Provinsi Jambi yang turut menghadiri acara tersebut pada tanggal 9-11 Oktober 2017.

Acara dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestari Kemen LHK RI, Dr. Ir. Ida Bagus Putera Parthama, M.Sc.  Pada kesempatan ini beliau menyampaikan bahwa pertemuan seluruh stakeholder Lingkup Provinsi Jambi di acara sosialisasi potensi pengembangan usaha KPH diseluruh wilayah KPHP (Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi) Provinsi Jambi sangat penting dalam rangka memaparkan dan memperkenalkan substansi, potensi KPHP dan pengembangannya serta peluang yang bisa dikerjasamakan dengan Stakeholder yang ada di Provinsi Jambi. Pengelolaan hutan dalam konsep KPH harus dilakukan sehingga hutan lestari dan masyarakat sejahtera dapat terwujud, hutan yang lestari diharapkan dapat memberikan manfaat secara ekologi, ekonomi dan sosial bagi pihak yang berkepentingan dengan sektor kehutanan.  

Pengembangan KPHP wilayah Provinsi Jambi dapat bersinergi dalam pelaksanaannya dengan BPTP Balitbangtan Jambi. Hal ini dimungkinkan karena pintu masuk untuk bekerjasama dan bersinergi dalam pemanfaatan hutan produksi terbuka lebar dengan adanya Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor P.81/MENLHK/SETJEN/KUM.1/10/2016 tentang Kerjasama Penggunaan dan Pemanfaatan Kawasan Hutan untuk Mendukung Ketahanan Pangan. Berdasarkan peraturan tersebut ada beberapa komoditi yang dapat dikembangkan di wilayah KPHP seperti padi, jagung dan tebu serta hewan ternak (sapi). Tentunya secara teknis pelaksanaan akan diatur dalam ketentuan lebih lanjut. Penyelenggaraan pengelolaan hutan guna mewujudkan masyarakat sejahtera memerlukan dukungan dari semua pihak dalam menjalankan program atau kegiatannya ditingkat tapak. Sejatinya, BPTP Balitbangtan Jambi selalu siap untuk bersinergi dan bekerjasama dengan stakeholder yang ada dalam lingkup Provinsi Jambi.