JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

DANAU TELUK - Dalam rangka mengamankan hasil panen padi di Kelompok Tani Harapan Maju, Kelurahan Tanjung Raden, Kecamatan Danau Teluk, Kota Jambi, pada Senin (25/9) telah diselenggarakan Gerakan Pengendalian (Gerdal) OPT Padi pada lahan padi seluas 45 ha. Tim BPTP Balitbangtan Jambi yang terdiri dari Kepala BPTP Balitbangtan Jambi, Dr. Ir. Mohammad Takdir Mulyadi, MM beserta peneliti hama dan penyakit Dr. Araz Meilin ikut aktif mengikuti sejak awal persiapan acara (rapat koordinasi). Kegiatan dilaksanakan oleh UPTD BPTPH Provinsi Jambi bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kota Jambi yang diawali dengan sambutan oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Jambi, Ir. Damiri yang menekankan bahwa penanggulangan OPT jangan hanya mengandalkan pengendalian secara kimiawi, selanjutnya sambutan dari Dandim 0415 Batanghari yang diwakilkan oleh Kasdim O415, Mayor Deni, sambutan Kadistan Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi, Ir. H. Mausul Akhmad menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan gerdal adalah memberdayakan dan meningkatkan kepedulian serta partisipasi dan peran aktif TNI dan masyarakat tani dalam mengendalikan OPT di sentra produksi padi.

Kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan berkelanjutan bersama TNI sehingga serangan OPT dapat ditekan dan sasaran produksi dapat dicapai. Sambutan dan pencanangan kegiatan dilakukan oleh Asisten II Kota Jambi, Ir. Agus Sunaryo yang mengharapkan bahwa kegiatan ini dapat memotivasi petani dalam meminimalisir kehilangan hasil dan pendapatan petani. Pencanangan kegiatan gerdal OPT Padi dilanjutkan dengan gerakan pengendalian yang diikuti oleh 300 peserta yang juga dihadiri oleh BMKG, Bapeltan, Kepala dinas terkait, Babinsa, PPL, Camat, para Lurah, dan petani.

Gerakan pengendalian OPT padi dilakukan terhadap OPT walang sangit, tikus dan burung. Teknologi yang diterapkan adalah penggunaan perangkap untuk pengendalian hama walang sangit, penggunaan emposan untuk pengendalian tikus dan penggunaan jaring untuk pengendalian burung. Penggunaan teknologi ini dapat menekan OPT dan kehilangan hasil padi.