JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

DESA SOLOK, 22/09/2017. Telah dilakukan panen bawang merah varietas Bima Brebes kegiatan BPTP Jambi “Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Cabe Merah dan Bawang Merah di Lahan Marginal Provinsi Jambi. Pada kesempatan itu juga dilakukan Temu Lapang dengan mengundang 4 kelompok tani dengan 30 orang anggota kelompok tani, beserta PPL dan PHP. Panen bawang merah dan temu lapang turut dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Muara Jambi dalam hal ini diwakili oleh Kasi. Hortikultura, Kepala BPP Kecamatan Kumpeh Ulu, Bapak A. Indra Jaya, Sekdes Kumpeh Ulu, BABINSA, dan PPL/PHP setempat.

Pemanenan bawang merah varietas Bima Brebes, dilakukan oleh Kepala BPTP Balitbangtan Jambi diwakili oleh Kasubag. TU, B. Heryanto, S.IP, serta didampingi perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Muara Jambi, Kepala BPP, BABINSA, dan Sekdes Kumpeh Ulu. Ada dua varietas bawang merah yang dicobakan yaitu Bima Brebes seluas 0,5 ha dan Bauji 0,25 ha. Kedua varietas ini memiliki daya adaptasi yang baik untuk wilayah ini, namun dari hasil pengamatan  di lapangan bahwa varietas Bima Brebes lebih rentan terserang penyakit layu Fusarium dibanding Bauji. Untuk itu pengendalian di lapangan harus lebih intensif sehingga penyakit layu Fusarium ini bisa diatasi. Nasril, SP (Koordinator PHP) menambahkan penyakit layu Fusarium atau Moler, ini tidak perlu dikhawatirkan oleh petani, asalkan cara budidaya bawang merah ini sesuai petunjuk, misalnya pengolahan tanahnya harus sempurna, penyiraman harus lebih pagi untuk menghilangkan embun pada daun bawang, pengamatan hama, dan pengendalian hama dan penyakit tepat dosis dan tepat waktu. 

Setelah dilakukan pemanenan bawang merah Bima Brebes, dilakukan temu lapang yang dihadiri oleh anggota kelompok tani. Mereka sangat antusias dengan ujicoba kedua varietas bawang merah ini. Harapan mereka adalah  supaya mereka bisa mendapatkan kedua varietas bawang merah ini, dan bisa mengembangkan pada lahan usahatani sendiri. Memang tujuan kegiatan yang dilakukan oleh BPTP Balitbangtan Jambi dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas  bawang merah yang dicobakan adalah tersedianya bibit varietas Bima Brebes dan Bauji ditingkat petani. Hasil bawang merah yang dicobakan tentunya bukan untuk di konsumsi, namun hasilnya nantinya akan ditanam dan dikembangkan di wilayah ini. Ir.Ramli, Koordinator Penyuluh, Desa Solok mengharapkan, nantinya dengan teknologi yang diujicobakan di desa ini  dapat diterapkan oleh semua petani. Diharapkan Kecamatan Kumpeh Ulu menjadi sentra bawang merah di Kabupaten Muara Jambi, dan tentunya tidak terlepas dari koordinasi dan pendampingan Penyuluh Lapangan, PHP, Dinas Teknis dan  BPTP Balitbangtan Jambi.