JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

SUNGAI TIGA – Rabu (13/9), dalam rangka perlindungan sumber daya genetik lokal, maka Badan Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) dan BPTP Balitbangtan Jambi sejak tahun 2013 telah melaksanakan kegiatan Pengelolaan Sumber Daya Genetik Lokal. Sebagai bentuk komitmen BPTP Jambi  dalam mendukung hal tersebut, bertempat di Aula Agro Inovasi BPTP Jambi Sei. Tiga, digelar sosialisasi hasil penelitian BB Biogen dan pendaftaran varietas lokal Provinsi Jambi. Acara ini turut mengundang stakeholder yang berasal dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jambi, Universitas Jambi, Universitas Batanghari, Balai Benih Hortikultura Prov. Jambi.

Kepala BPTP Balitbangtan Jambi, Dr. Moh. Takdir Mulyadi, dalam arahannya mengatakan bahwa Provinsi Jambi mempunyai  beberapa varietas lokal yang dapat dikembangkan antara lain; Duku Kumpeh, Pamelo Lidung, Jeruk Keprok Pulau Tengah, Durian Maung, Manggis Burung, Tembusu, Jelutung , beebrapa Anggrek lokal dan ini merupakan tantangan bagi stakeholder untuk mendaftarkan varietas lokal tersebut agar keamanan hayatinya terjamin.  “Saat ini BPTP Balitbangtan Jambi tengah mengembangkan perbenihan Bawang Putih sekaligus berupaya untuk mendaftarkan varietas Bawang Putih lokal Kerinci” tambah Kepala Balai.

Hadir sebagai nara sumber adalah: Dr. Ridwan Rahmat, M.Agr, mewakili Kepala BB Biogen menyampaikan materi “Inovasi teknologi mendukung Program Pertanian Nasional Berbasis Bioteknologi dan Sumber daya Genetik Pertanian” dan Ir. Zulyaden Murad dari UPTD BPSPT Provinsi Jambi menyampaikan “Program dan Hasil-hasil UPTD BPSPT Jambi dalam Rangka Pendaftaran/ Pelepasan Varietas Lokal” . Penanggungjawab kegiatan SDG BPTP Balitbangtan Jambi, Eva Salvia, SP juga menyampaikan hasil-hasil inventarisasi dan karakterisasi yang telah dilakukan BPTP Balitbangtan Jambi selama 2013 hingga 2016.

Salah satu poin penting yang disampaikan Dr. Ridwan Rahmat , M Agr adalah dengan penggunaan bioteknologi in vitro dan molekuler dengan tepat akan bermanfaat dan lebih hemat waktu dan biaya. Ir. Zulyaden Murad juga mengemukakan beberapa permasalah yang dihadapi saat ini dalam pengembangan sektor pertanian terkait pengembangan SDG (varietas) antara lain keterbatasan SDM, tanaman hortikultura belum merupakan komoditas utama di Provinsi Jambi serta belum optimalnya sinergitas percepatan pembangunan daerah. Eva Salvia, SP menyampaikan pula mengenai agenda BPTP Balitbangtan Jambi dalam tahun 2017 terkait pengembangan SDG lokal, yakni pendaftaran beberapa varietas antara lain; Cabai Batang Hitam, Bawang Putih Sigunung, Kentang Lolo, Tebu POJ 2878 Agribun Kerinci.