JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 
Aktivitas Pertemuan
Aktivitas Pertemuan

JAMBI - Selasa (5/9), bertempat di BPTP Balitbangtan Jambi Kota Baru dilaksanakan pertemuan dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Jambi dalam rangka penyampaian hasil workshop dan sinergis kegiatan penyuluhan. Pertemuan diikuti oleh Ka. TU, Kasie. KSPP, PPK dan penyuluh BPTP Balitbangtan Jambi, kemudian dari Dinas TPHP hadir Kabid. PSP dan Penyuluhan, Kasie. Penyuluhan, serta penyuluh Dinas TPHP dan Disbun Provinsi Jambi. Membuka acara, Kepala Balai yang diwakili B. Heryanto, SIP menyambut baik terlaksananya pertemuan ini sehingga kedepan diharapkan tercipta sinergi yang lebih baik antara BPTP Balitbangtan Jambi dan Dinas TPHP Provinsi Jambi khususnya dalam kegiatan penyuluhan. Penyuluh memiliki peranan yang sangat penting dalam mendiseminasikan hasil-hasil teknologi pertanian yang dihasilkan Badan Litbang sehingga dapat diaplikasikan oleh petani di lapangan.

Hasil workshop penyuluhan 2017 disampaikan oleh Ir. Muzirman, M.Si, (penyuluh) dan Dr. Lutfi Izhar (Kasie KSPP). Poin yang disampaikan yaitu dinamika perubahan Tusi BPTP dan kelembagaan penyuluhan, sinergi riset dan penyuluhan serta sinkronisasi kegiatan penyuluhan Balitbangtan dan BPPSDMP. Sesuai Permentan No. 19/Permentan/OT.020/5/2017 salah satu Tusi BPTP adalah pelaksanaan diseminasi teknologi pertanian tepat guna spesifik lokasi dan bimbingan teknis materi penyuluhan. Sehingga tugas penyuluh di BPTP adalah melakukan bimbingan teknis materi penyuluhan dan diseminasi hasil pengkajian teknologi pertanian tepat guna spesifik lokasi. Menindaklanjuti hal tersebut maka BPTP berkoordinasi dengan institusi penyuluhan di provinsi dan Kabupaten/kota.

Dari hasil diskusi diperoleh beberapa rumusan yaitu BPTP membantu penyusunan programa penyuluhan provinsi, melakukan identifikasi dan koordinasi dalam menyusun materi penyuluhan, penyuluh mendampingi kegiatan perbenihan APBNP, BPTP ikut berkontribusi dalam mengisi materi cyber extention dan sinergi kegiatan penyuluhan antara BPTP Balitbangtan Jambi dan Dinas TPHP lebih ditingkatkan secara tertulis dan formal.