JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Meraih juara satu pemilihan pustawan berprestasi terbaik tingkat Provinsi Jambi, menghantarkan Romanti Sitanggang, A.Ma, pustakawan BPTP Balitbangtan Jambi, mengikuti ajang tingkat nasional yang dilaksanakan pada tanggal 13 hingga 19 Agustus 2017 di Jakarta. Pemilihan pustakawan  berprestasi ini bukanlah tanpa proses, tes demi tes dijalani sebagai penyaringan awal tingkat daerah. Sebanyak 3 (tiga) tahapan seleksi dilalui antara lain; tes kognitif, tes wawancara, dan  presentasi karya unggulan, yang dilaksanakan pada 20 dan 21 Juli 2017 di Jambi. Makalah yang berjudul “Pendayagunaan Informasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokasi Melalui Perpustakaan Digital BPTP Balitbangtan Jambi” berhasil menghantarkan beliau menuju Jakarta untuk bersaing bersama 29 orang pustakawan terbaik dari seluruh Indonesia. Makalah ini berisi upaya pustakawan dalam mendekatkan informasi teknis spesifik lokasi kepada pengguna atau pemustaka terutama petugas lapangan dan para petani, dengan memberdayakan perpustakaan digital BPTP Balitbangtan Jambi.

Pustakawan yang berasal dari Kementerian Pertanian sendiri ada 3 orang  yaitu; Pustakawan BPTP Jambi, Pustakawan BPTP Kalimantan Tengah, dan  Pustakawan SMK Pertanian Nusa Tenggara Barat. Peserta didominasi dari pustakawan Perguruan Tinggi 12 orang, pustakawan Perpustakaan dan Arsip Daerah 11 orang, pustakawan Perpustakaan Khusus 4 orang, dan pustakawan Perpustakaan Sekolah 2 orang.

Di Jakarta seluruh peserta kembali di seleksi. Bahan presentasi dibuatkan baru dengan tema: Studi kasus di perpustakaan masing-masing, terkait dengan pengembangan koleksi, organisasi informasi, layanan dan kepustakawanan, meliputi potret, masalah dan solusi.

Setelah selesai lomba, peserta mendengarkan pidato  kenegaraan  Presiden Republik Indonesia dalam rangka memperingati HUT RI ke-72 di gedung MPR, Upacara detik-detik Proklamasi dan bagi Juara I sampai dengan Juara harapan III berhak untuk mengunjungi  Istana Merdeka.

Pustakawan BPTP Balitbangtan Jambi belum dapat meraih juara Nasional, tetapi paling tidak sudah membawa nama BPTP Balibangtan Jambi ke tingkat Provinsi dan Nasional. Semoga di hari yang akan datang lebih baik lagi.

“Teruslah berlari mengejar mimpimu, adalah kata mutiara yang memacu semangat saya” ujar Romanti saat diwawancara tim website BPTP Balitbangtan Jambi. “Kalau bukan saya siapa lagi, kalo tidak sekarang kapan lagi” tambahnya seraya menutup perbincangan. Mari kita bersatu memajukan BPTP Balitbangtan Jambi  tercinta...Merdeka!!