JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Sosialisasi FP2S
Dalam rangka meningkatkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat dan pembiayaan lainnya sektor pertanian, Kementerian Pertanian akan memberdayakan eks Penyelia Mitra Tani (PMT) Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) untuk direkrut menjadi tenaga Fasilitator Pembiayaan Petani Swadaya (FP2S). FP2S adalah tenaga swadaya yang mendampingi petani/kelompok tani/gapoktan/pelaku usaha pertanian untuk bisa akses pelayanan perbankan/lembaga keuangan. Landasan Hukum pelaksnaan FP2S adalah  Nota Kesepahaman (MoU) antara Gubernur Bank Indonesia (BI) dengan Menteri Pertanian RI tentang Kerjasama Dalam Rangka Peningkatan Kapasitas dan Pemberdayaan Sektor Pertanian Nomor : 17/2A/NK/GBI/2015  dan  Nomor : 11/MoU/HK.230/M/12/2015 Tanggal 2 Desember 2015.

Terkait dengan hal tersebut pada tanggal 8 Agustus 2017 telah dilaksanakan sosialisasi FP2S di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi. Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh peserta para PMT PUAP Provinsi Jambi Tahun 2016 dan sebagai narasumber Ir. Syafrial (BPTP Balitbangtan Jambi). Tenaga FP2S nantinya akan melaksanakan tugas di lapangan sebagai berikut : (1) Melakukan pendampingan dan memberikan advokasi pembiayaan usaha tani/KUR dan membantu membuat  laporan keuangan yang baik, (2) Melaksanakan identifikasi dan pendataan usaha petani/poktan/ gapoktan untuk menjadi calon nasabah / debitur perbankan, (3) Mendorong peningkatan penyaluran kredit/pembiayaan dari perbankan /lembaga keuangan  sektor pertanian, (4) Mengembangkan sistem informasi nasabah pertanian sebagai data calon nasabah perbankan / lembaga keuangan lainnya, dan (5) Melakukan sosialisasi kepada petani/poktan/gapoktan untuk akses Program Kredit Usaha Rakyat melalui kegiatan Temu  Fasilitasi  Pembiayaan  Pertanian di tingkat kabupaten.

Dalam rangkaian pelaksanaan sosialisasi ini sekaligus juga dilakukan pendaftaran sebagai tenaga FP2S dengan mengisi formulir yang telah disediakan. Dari 38 orang tenaga PMT PUAP Provinsi Jambi Tahun 2016, yang mendaftar sebagai tenaga FP2S adalah sebanyak 33 orang. Sebelum melaksanakan tugas di tingkat lapangan akan diberikan pembekalan terhadap tenaga FP2S melalui kegiatan pelatihan.