JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

“Ada yang salah dalam sistem pengelolaan dan tata niaga pangan” demikian  disampaikan Bupati Kerinci,  H. Adi Rozal pada pembukaan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-45 Tingkat Provinsi Jambi yang bertempat di Stasiun Terminal Agribisnis (STA) Kayu Aro, Minggu (23/7). “Jambi merupakan salah satu sumber pangan di Indonesia. Namun hal tersebut belum sama sekali berdampak terhadap kesejahteraan dan ketahanan keluarga petani dan nelayan” tukasnya.

Tahun 2017 ini Kabupaten Kerinci didaulat menjadi tuan rumah “pesta petani dan nelayan” atau dikenal sebagai Hari Krida Pertanian (HKP) ke-45 Tingkat Provinsi Jambi. Acara ini dimulai sejak tanggal 23 hingga 25 Juli 2017. HKP ke-45 kali  ini mengusung tema “Dengan Semangat Hari Krida Pertanian Kita Tingkatkan Produksi dan Daya Saing Produk Pertanian Mewujudkan JAMBI TUNTAS 2021”.

Ketua Panitia HKP ke-45 Tahun 2017, yaitu  Plt. Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi, dilokasi Stasiun Terminal Agribisnis (STA) mengemukakan bahwa rangkaian acara yang nantinya menjadi ajang pertemuan bagi petani, nelayan, penyuluh serta SKPD Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk bersyukur, berbangga, dan intropeksi diri atas dharma bakti dalam pembangunan pertanian. “Peringatan Hari Krida Pertanian ke-45 Tingkat Provinsi Jambi  ini dapat menjadi momentum dalam menyelesaikan permasalahan kesejahteraan petani dan nelayan di daerah dalam menyokong Ketahanan Pangan Nasional” tambahnya.

Untuk menjalin silaturahmi dan saling berbagi ilmu pertanian pada acara ini juga dilakukan perlombaan olah raga dan keterampilan sebagai ajang kegiatan untuk menumbuh kembangkan jiwa sportifitas dan keakraban sesama petani, nelayan dan penyuluh. Diantaranya; asah terampil, tebak varietas padi, jagung dan kedele, identifikasi hijauan ternak, tarik tambang, balap karung, membedakan jenis kelamin ikan, mie goreng tepung cassava dan lomba cita rasa jenis kopi. BPTP Balitbangtan Jambi yang juga menjadi salah satu panitia dalam kesempatan ini berperan sebagai juri dalam perlombaan-perlombaan tersebut.

Pada kesempatan turut hadir Sekda Kabupaten Kerinci, unsur OPD Lingkup Pertanian Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi, DPRD Kerinci, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Jambi, para penyuluh, dan berbagai komunitas yang tergabung dalam rumpun pertanian atau Gapoktan se-Jambi.

Di akhir acara pembukaan HKP ke-45 ini, Bupati Kerinci bersama Sekda Kabupaten Kerinci, Plt, Kepala Dinas Tanman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi, Ketua KTNA Provinsi Jambi, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Kerinci secara bergiliran memukul gong satu (1) kali yang menandakan Pancasila dan Rukun Islam serta pelepasan balon berwarna hijau sebanyak 45 buah yang menandakan Hari Krida Pertanian yang ke-45 , sedangkan warna hijau sendiri menandakan kesuburan pertanian.