JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kecipir untuk kesehatan dan kecantikanKecipir (Psophocarpus tetragonolobus) merupakan tanaman merambat yang biasa dimanfaatkan sebagai sayuran. Selain merambat, tumbuhan ini juga membelit dan membentuk semak menahun. Dalam budidaya kecipir, biasanya tumbuhan ini diberi penyangga.

Batangnya silidris, beruas-ruas, jarang mengayu, panjangnya hingga 4 meter, berakar banyak dengan akar samping yang panjang, menjalar datar dekat permukaan tanah dan sebagian diantaranya menebal membentuk umbi. Di Indonesia, kecipir umumnya ditanam untuk diambil buahnya yang muda, yang beserta cusuk dan daun-daun yang muda biasanya direbus untuk dijadikan bahan kuliner. Para ahli berbeda pendapat mengenai asal usul kecipir terutama karena tidak didapati jenis liarnya, semua merupakan jenis yang telah dibudidayakan.

Banyak orang belum mengenal lebih dekat tanaman Kecipir ini. Padahal tanaman yang juga disebut winged beans ini memiliki banyak khasiat. Berikut kami rangkum manfaat kecipir untuk kesehatan dan kecantikan: 

1. Cegah penuaan dini

Tanaman kecipri merupakan obat alami untuk mencegah penuaan dini. Tanaman ini mengandung vitamin A dan C yang berperan sebagai antioksidan bagi kulit sehingga mampu mencegah timbulnya keriput.

2. Cocok untuk diet

Manfaat lainnya tanaman Kecipir bagi kesehatan ialah tanaman ini sangat cocok untuk diet. Kecipir memiliki kandungan protein sangat tinggi namun rendah lemak, tidak heran beberapa negara seperti Filipina mengolah tanaman ini sebagai makanan sehat.

3. Kaya vitamin C

Kecipir merupakan salah satu tanaman yang dapat diandalkan sebagai sumber alternatif  untuk mendapatkan vitamin C. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi dalam tanaman ini mampu menggenjot sistem kekebalan tubuh.

4. Sumber Asam folat

Manfaat dahsyat lainnya dari tanaman kecipir bagi kesehatan tubuh ialah tanaman ini mengandung asam folat yang sangat tinggi. Asam folat merupakan senyawa penting yang mampu mencegah cacat pada janin.

5. Penguat tulang

Bukan hanya susu yang dapat diandalkan untuk memperkuat dan menyehatkan tulang. Tanaman kecipir pun bisa diandalkan guna meningkatkan kesehatan tulang sekaligus mencegah osteoporosis karena tanaman ini kaya akan kalsium.

6. Manfaat lain

Selain manfaat diatas, ada berbagai manfaat lain yang didapat dari Kecipir ini. Buah tua Kecipir dapat dimanfaatkan bijinya untuk diolah menjadi minyak. Sedangkan daunnya dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati radang pada telinga.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat Kecipir, tentu akan menjadikan minat terhadap tanaman ini semakin bertambah. Dulu, orang akan berkata “Ah.. untuk apa memasak Kecipir, lebih bergizi sayur yang itu, ini,..”dan lain-lain. Tetapi, saat ini bisa saja orang akan banyak mencari-cari pasar yang menjual sayuran yang satu ini. Karena banyaknya manfaat yang terkandung dan sayuran yang satu ini bisa saja menjadi sayuran yang berharga mahal.

Sumber: khasiatsehat.com