• Font size:
  • Decrease
  • Reset
  • Increase

Berita Terkini

KEJAR SERTIFIKASI, PENELITI BPTP JAMBI IKUTI ASISTENSI PERBAIKAN DESKRIPSI PATEN

“Asistensi ini bertujuan mempertemukan inventor dan pemeriksa paten secara langsung, agar proses bisa berjalan lebih cepat.” demikian disampaikan kepala BPATP Dr. Ir. Retno Sri Hartati Mulyandari, M.Si. dalam sambutannya pada pertemuan Asistensi Perbaikan Deskripsi Paten yang dilaksanakan di Aula lantai 8 Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia, 16-17 Maret 2017. 

Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi untuk jangka waktu tertentu melaksanakan sendiri invensi tersebut atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakannya.   Adanya pertemuan asistensi perbaikan deskripsi paten diharapkan bisa terjadi akselerasi penerbitan sertifikasi paten. Asistensi ini juga diharapkan dapat langsung menjadikan draft paten final yang siap disertifikasi.

Pertemuan diikuti oleh inventor dari 23 invensi lingkup Balitbangtan Kementerian Pertanian termasuk peneliti BPTP Balitbangtan Jambi, Dr. Araz Meilin, SP,M.Si dan pemeriksa paten. Dalam kesempatan tersebut, Kasubdit Pemeriksaan Paten, Ditjen Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia Dr. Mercy Marvel, SH, MSi dalam arahannya menyampaikan bahwa dalam pengusulan paten sangat dibutuhkan proaktif calon inventor yang mengajukan paten. “Inventor yang tidak aktif, permohonannya bisa ditutup.” tegasnya.   

Maksimal 2 minggu setelah inventor mengikuti asistensi teknis ini, harus sudah menyampaikan perbaikan ke kantor paten melalui loket yang dilengkapi dengan file CD hasil perbaikan dari pemeriksa paten.  Dibutuhkan waktu dua minggu juga oleh pemeriksa sejak menerima perbaikan dari loket untuk memutuskan hasil paten.  Diharapkan satu bulan kedepan sudah ada keputusan akhir tentang sertifikat paten.  “Hasilkan riset dengan teknologi-teknologi yang sederhana saja, tapi membuahkan manfaat yang besar dan bisa menghasilkan paten dan suatu paten tidak harus selalu dilahirkan dari teknologi yang mahal” tambahnya.  Semoga akan lebih banyak lagi paten yang di usulkan oleh setiap inventor dari hasil invensinya.

Switch mode views:

Style Sitting

Fonts

Layouts

Direction

Template Widths

px  %

px  %