JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

MUARO JAMBI – Siswa prakerin SMK N 8 Muaro Jambi dan SMK PP Negeri Jambi kembali menerima materi ilmu dari narasumber Joko Supriyanto, SP. pada Rabu, 21 September 2022. Pada kesempatan ini materi yang diterima siswa prakerin yaitu Pembiakan Tanaman Secara Vegetatif. Penyampaian materi dilakukan di ruang rapat IP2TP Sungai Tiga BPTP Jambi. Materi disampaikan secara ringkas sebagai pengantar sebelum dilakukannya praktik pembiakan tanaman secara vegetatif.

Praktik pembiakan tanaman secara vegetatif yang dilakukan adalah teknik menyambung tanaman duku. Kegiatan praktik ini dilakukan pada Rabu, 28 September 2022 di rumah pembibitan IP2TP Sungai Tiga dengan dipandu oleh teknisi Yondrizal.

Tahapan awal yang dilakukan siswa prakerin adalah mengambil entres duku. Kemudian siswa prakerin diajarkan cara memilih bibit duku yang dapat dijadikan batang bawah untuk disambung. Calon batang bawah yang terpilih kemudian dipotong dan disambungkan dengan entres, setelah itu diikat dan ditutup menggunakan sungkup plastik untuk menjaga kelembaban. Setelah teknisi mencontohkan cara penyambungan, dilanjutkan dengan siswa prakerin yang mempraktikan cara menyambung. Siswa prakerin cukup antusias untuk mencoba menyambung tanaman. 

Keberhasilan penyambungan yang dilakukan akan terlihat setelah 20 hari. Jika penyambungan dilakukan dengan benar maka setelah 20 hari akan muncul tunas baru pada batang entres. Faktor yang cukup berpengaruh pada keberhasilan penyambungan diantaranya kondisi batang bawah dan batang atas, ketepatan waktu penyambungan, iklim dan keterampilan dalam penyambungan serta pemeliharaan setelah penyambungan. (AS)