JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

TEBO - BPTP Jambi melakukan panen kedelai varietas Detap 1 dimana outputnya adalah menghasilkan benih FS (label putih). Kegiatan dilakukan di salah satu penangkar benih kedelai yaitu kelompok tani Sumber Sari yang diketuai oleh pak Parmanto di desa Mekarsasi, Kecamatan Rimbo Ulu, Kabupaten Tebo dengan luas panen sebanyak 2 ha.

Hasil ubinan yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Tebo, didapatkan rata rata hasil kedelai 1.8 ton/ha. Panen dilakukan pada 16 September 2022 dihadiri oleh Kepala BPTP Balitbangtan Jambi, KSPP, Penjab kegiatan dan tim, Petugas BPSPT, petani, Ketua dan pengurus kelompok tani serta petani milenial perwakilan dari Desa Suo Suo kecamatan Sumay yang juga merupakan penangkar kedelai binaan UPBS BPTP Jambi.

Menurut Parmanto performa VUB kedelai Detap 1 sangat baik, pertumbuhan bagus, polong besar dan tahan pecah polong serta cocok di lokasi pertanaman yang ada, karena di lokasi ini umur panen adalah 77 hari yang mana mendekati umur panen yang tercantum di deskripsi varietas Detap 1 yaitu 78 hari. Dengan polong yang besar dan performa yang bagus, kemungkinan VUB Detap akan mengeser varietas Anjasmoro yang sudah lama mendominasi pertanaman dan permintaan konsumen di wilayah ini. Karena varietas Detap 1 ini merupakan turunan dari varietas Anjasmoro.

Peluang untuk pengembangan varietas ini sangat memungkinkan terutama di wilayah kabupaten Tebo. Tentunya dengan dukungan dari stakeholder terkait. Menurut pak Parmanto dalam musim tanam berikutnya benih hasil panen ini akan kembali diperbanyak dan disebar ke petani lainnya di Kab Tebo dan wilayah lainnya.

Rencana tahun 2023 diharapkan kedelai akan tetap menjadi andalan Kabupaten Tebo. Selain peningkatan produksi dan luasan lahan, kegiatan perbenihan diharapkan akan bisa di dorong semaksimal mungkin. (LI)