JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

MUARO JAMBI - Sebanyak 12 orang siswa prakerin SMK PP Negeri Jambi dan SMK N 8 Muaro Jambi pada hari Kamis, 15 September 2022 menerima materi pembekalan tentang Budidaya Kelapa Sawit yang disampaikan langsung oleh narasumber Yong Farmanta SP., M.Si. selaku Plt. Kasub Bag Tata Usaha sekaligus praktisi budidaya kelapa sawit.

Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas ekspor Indonesia. Sebesar 91% ekspor kelapa sawit dari Indonesia berasal dari pulau Sumatera. Hampir seluruh provinsi di pulau Sumatera terdapat perkebunan kelapa sawit.

Tanaman kelapa sawit merupakan tanaman yang butuh waktu lama untuk menghasilkan, maka pemilihan benih yang tepat dan pemeliharaan menjadi kunci penting. Bibit yang tumbuh dengan baik akan menjadi cikal bakal tanaman yang tumbuh dengan baik pula.

Benih yang digunakan haruslah benih yang dibeli dari produsen benih kelapa sawit yang telah terdaftar dan merupakan benih yang bersertifikat. Selain itu pemeliharaan bibit kelapa sawit juga harus sangat diperhatikan. Masa pembibitan kelapa sawit dibagi menjadi pre-nursery dan main-nursery. Tanaman sawit dipindah tanam ke lahan saat berusia 1 tahun dengan pola tanam mata lima.

Selain menjelaskan tentang budidaya kelapa sawit, narasumber juga menjelaskan bagaimana budidaya kelapa sawit ini merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Kelapa sawit merupakan investsi jangka panjang yang cukup menjanjikan. Dengan pemeliharaan yang tepat tanaman kelapa sawit mampu menghasilkan TBS (Tandan Buah Segar) hingga 12 tandan dalam satu pohon dengan berat satu tandan mencapai 25kg.

Di tengah materi, narasumber memberikan ice breaking agar siswa semangat dalam mendengarkan materi yang disampaikan. Diakhir kegiatan siswa diberikan kesempatan untuk bertanya kepada narasumber. (AS)