Written by Ir. Marlina Susy Rangkuti Hits: 303

MUARO JAMBI - Penyuluh BPTP Jambi menghadiri undangan Rapat Programa Penyuluhan Pertanian Tahun 2022 di aula UPTD Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian Provinsi Jambi Jl. Raya Jambi – Palembang Km. 16 Desa Sebapo Kec. Mestong Kab. Muaro Jambi pada Selasa, 4 Januari 2022. Selain Penyuluh BPTP Jambi, rapat programa juga dihadiri oleh Penyuluh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan serta Dinas Perkebunan Provinsi Jambi. Programa penyuluhan pertanian merupakan rencana tertulis yang disusun secara sistematis untuk memberikan arah dan pedoman sebagai alat pengendali pencapaian tujuan penyuluhan. Programa penyuluhan disusun oleh tim penyusun yang terdiri dari kelompok fungsional Penyuluh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi bersama-sama bidang yang menangani program/perencanaan dari dinas/instansi lingkup pertanian Provinsi Jambi.

Rangkaian acara, diawali oleh sambutan Kepala UPTD Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian Provinsi Jambi Ir. A. Eferianda Utama, MM, yang dalam sambutannya menyatakan bahwa penyusunan programa merupakan kegiatan rutin yang berisikan gambaran umum kegiatan di lapangan yang dituangkan dalam programa penyuluhan, yang idealnya dimulai dari penyusunan programa tingkat kecamatan. Programa penyuluhan yang dihasilkan diharapkan dapat memberikan acuan bagi penyuluh pertanian di Provinsi Jambi dalam menyusun rencana kerja tahunan penyuluh pertanian, serta menjadi arah dan pengendali dalam pencapaian penyelenggaraan penyuluh pertanian. Kepala UPTD menekankan agar programa dapat dibaca oleh stakeholder, dapat menjadi acuan dalam gerakan membangun pertanian di Provinsi Jambi.

Pada kesempatan rapat, Kepala Seksi Penyuluhan mengharapkan agar programa penyuluhan segera dapat difinalkan. Kasi Penyuluhan Ika Kurniasih, SP.,M.Si juga menyampaikan hasil temuan tim pemeriksa inspektorat berupa saran terkait diperlukannya pendampingan dari pejabat daerah/Asisten II dalam penyusunan programa, agar programa yang dihasilkan diapresiasi oleh instansi terkait dengan menjadikan programa sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan pada instansinya. Koordinator Penyuluh Provinsi Jambi Ir. Masniari Saragih menambahkan bahwa programa penyuluhan pertanian akan menjadi besar dan lengkap bila didukung oleh sumber data/bahan yang diperoleh dari lapangan melalui kegiatan pengumpulan data lapangan, sehingga kegiatan evaluasi pelaksanaan kegiatan secara langsung dapat dilaksanakan yang nantinya menjadi dasar dalam penyusunan programa penyuluhan.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan penayangan dan perbaikan data akhir yang akan dimuat dalam Programa Penyuluhan Pertanian dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan, Dinas Perkebunan dan BPTP Jambi, yang dimotori oleh Koordinator Penyuluh Provinsi Jambi. Rangkaian acara terakhir yakni penyerahan SK Pembentukan Tim Penyusun Programa Penyuluhan Provinsi Jambi Tahun 2022 kepada seluruh penyuluh. Acara ditutup dengan penyampaian agenda kegiatan PERHIPTANI (Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia) Provinsi Jambi serta kegiatan lain yang mendukung peningkatan koordinasi antara penyuluh Provinsi Jambi. (MSR)