JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

MUARO JAMBI - Dalam rangka mendiseminasikan teknologi yang telah dihasilkan Badan Litbang Pertanian sampai ke pengguna, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi menyelenggarakan kegiatan Hilirisasi Teknologi Badan Litbang Pertanian Mendukung Agroeduwisata di IP2TP Sungai Tiga, Kamis (30/12).

Membuka acara, Kepala BPTP Jambi Dr. Salwati menjelaskan bahwa BPTP Jambi adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Badan Litbang Pertanian Kementan yang terdapat di seluruh provinsi di Indonesia termasuk Provinsi Jambi. BPTP bertugas melaksanakan pengkajian, perakitan, pengembangan dan diseminasi teknologi pertanian tepat guna spesifik lokasi. Di setiap BPTP terdapat Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) yang berfungsi mendukung semua aktivitas penelitian, pengkajian dan pengembangan teknologi pertanian yang hasilnya dapat digunakan dan berdampak luas pada masyarakat.

Untuk mendukung fungsinya, IP2TP Sungai Tiga didukung dengan fasilitas dan SDM unggulan. Sarana dan prasarana yang tersedia antara lain laboratorium terpadu (Lab Tanah, Lab Pasca Panen, Lab Hama dan Penyakit, dan Lab Kultur Jaringan) yang digunakan untuk melakukan pengujian lebih lanjut sehingga didapatkan data secara angka dari tujuan melakukan analisis. Kepala Balai mengharapkan masyarakat dan stakeholder dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia di IP2TP untuk mendukung kegiatan usaha taninya.

Selanjutnya terdapat Taman Agroinovasi untuk memperkenalkan inovasi teknologi pemanfaatan lahan pekarangan baik secara konvensional langsung di lahan maupun menggunakan pot dan hidroponik untuk lahan yang terbatas. Ada juga peternakan sapi dan kambing yang telah menerapkan teknologi budidaya tepat guna dan pengolahan limbah ternak menjadi kompos (zero waste) yang dapat dimanfaatkan kembali ke tanaman (integrasi ternak dan tanaman) sehingga dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia.

Dijelaskan Kepala BPTP Jambi bahwa inovasi teknologi pertanian Badan Litbang Pertanian yang dihilirkan oleh BPTP Jambi ke pengguna telah dikaji terlebih dahulu sehingga sudah spesifik dan sesuai dengan kondisi agroekosistem di Provinsi Jambi. Konsep hilirisasi teknologi pertanian di IP2TP Sungai Tiga diintegrasikan dengan konsep wisata (agroeduwisata) sehingga diharapkan dapat lebih menarik dan menjangkau pengguna yang lebih luas.

Di IP2TP Sungai Tiga juga terdapat koleksi Sumber Daya Genetik (SDG) Provinsi Jambi dan pembibitan komoditi perkebunan dan hortikultura. Beberapa fasilititas lainnya seperti yang dijelaskan Kepala IP2TP antara lain Caffe AIC, Saung Panorama, Pre Nursery (kopi), Saung Edukasi dan Kolam AIRi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan stakeholder.

Materi dalam kegiatan ini disampaikan oleh Ir. M. Anggoro Kasih, S.P. yang merupakan Direktur Bumdes Suka Makmur di Desa Ibru Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi. Peserta adalah Kelompok Tani Guyub Akar Cepu, Karang Taruna Desa Pondok Meja, TK Al Ikhlas, dan Kelompok Belajar Mawar Merah.

Melalui kegiatan ini diharapkan inovasi teknologi yang dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian dapat dihilirkan secara meluas langsung ke pengguna dan diperoleh umpan balik untuk mendukung IP2TP yang lebih baik ke depan.