JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

KOTA JAMBI - Beberapa komoditas pertanian Jambi memiliki potensi untuk ekspor ke luar negeri. Komoditas tersebut antara lain karet, kepala sawit, kelapa dalam, pinang, kulit manis dan kopi. Dominasi sektor perkebunan sangat menonjol untuk komoditas tersebut. Mendukung hal ini dilakukan rapat koordinasi di ruang pertemuan Setda Provinsi Jambi, Senin, 27 Desember 2021. Hadir pada kesempatan ini seluruh SKPD dan UPT Kementan terkait, Kepolisian, Pelindo, BI, bea cukai dan satgas Gratieks.

Acara akan dilakukan secara daring yang terkait langsung dengan ekspor komoditas pertanian langsung di Makassar oleh Mentan dan Kapolri pada tanggal 30 Desember 2021, dengan 33 pintu ekspor seluruh Indonesia. Mendukung acara ini, akan dilakukan juga ekspor beberapa komoditas pertanian dari Pelabuhan Talang Duku, Muaro Jambi. Akan hadir dalam acara ini antara lain Bapak Gubernur Jambi, jajaran Forkompinda, Bupati dan Walikota, serta undangan lainnya.

Pembagian tugas dalam mensukseskan acara ini dilakukan Biro Ekonomi dengan melibatkan instansi terkait. Eksistensi BPTP Balitbangtan Jambi dalam mendukung kegiatan Gratieks lebih kepada dukungan di kegiatan hulu, berupa aplikasi teknologi pertanian spesifik lokasi sehingga produksi meningkat dan memenuhi kualitas ekspor. Semoga ekspor komoditas pertanian Jambi akan lebih bervariasi dari subsektor lainnya serta meningkat dari waktu ke waktu.