Written by Jon Hendri, S.P., M.Si., Dr. Desi Hernita, S.P., M.P. Hits: 143

KOTA JAMBI – Rabu, 15 Desember 2021 bertempat di ruang rapat Kepala BPTP Jambi dilakukan rapat kerja sama antara BPTP Jambi, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Kerinci, UPTD Balai Pengawasan dan Sertifikasi Perbenihan Tanaman DTPHP Provinsi Jambi, membahas kegiatan uji observasi keunggulan untuk pelepasan cabai lokal dari Kabupaten Kerinci yaitu Loker Telun Berasap dan Ahang Adro, dan juga rencana pendaftaran bawang merah Baki Adro.

Rapat dihadiri oleh Kepala BPTP Jambi Dr. Salwati, Kepala UPTD BPSPT Jambi Ir. Erlina Sari, dan Kadis DTPH Kerinci yang diwakili Kabid Hortikultura Frantos, SP. dan semua tim uji observasi dan keunggulan varietas cabai dan bawang lokal Kerinci. Poin penting dari rapat ini disepakati untuk melanjutkan uji observasi keunggulan cabai lokal kerinci untuk selanjutnya dilakukan pembuatan proposal untuk pelepasan cabai dan bawang merah lokal dari Kabupaten Kerinci, perlu dilakukan pengamatan yang lebih detail terhadap sampel tanaman di lapangan dan menghasilkan data yang akan dituangkan kedalam proposal untuk pendaftaran varietas lokal menjadi varietas unggul nasional.

Kegiatan uji observasi keunggulan dan uji kebenaran untuk cabai lokal Kerinci akan dilakukan sampai dengan tahun 2022 sampai diperoleh data yang akurat, karena itu perlu dilakukan kunjungan lapangan dari tim BPTP Jambi dan BPSPT Jambi. Monitoring tanaman di lapangan harus dilakukan lebih intensif sehingga didapatkan ciri spesifik dan keunggulan dari tanaman cabai yang akan didaftarkan sebagai varietas unggul. Untuk bawang merah Baki Adro secepatnya dibentuk tim pembuatan proposal.

Pertemuan ini juga membahas tentang pengembangan benih bawang putih Jangkiriah adro yang sudah mendapat SK Pendaftaran sebagai varietas unggul nasional. Untuk itu pemerintah daerah Kabupaten Kerinci harus melakukan penyiapan bibit dan melakukan pengembangan pertanaman bawang putih Jangkiriah Adro. Selain itu juga perlu dilakukan promosi dan pencarian dana untuk pertanaman dan pembibitan bawang putih ini, juga perlu dilakukan pelabelan bibit sebelum ditanam. (JH&DH)