JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

MUARO JAMBI - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi menindaklanjuti road map dan time table pelaksanaan kegiatan Hilirisasi Inovasi Produk Nanas Tangkit (IPNT) ke Desa Tangkit Baru, Senin 11 Oktober 2021. Dalam kegiatan ini dilakukan pemantauan kesiapan keseluruhan area display untuk memasuki proses tahap perakitan rangka dan signet nama kawasan agrowisata.

Selain itu dilakukan sambung komunikasi dengan pemerintahan Desa yaitu melalui Kepala Desa Tangkit Baru dengan visitasi Kepala BPTP Jambi Dr. Salwati, S.P., M.Si. yang merupakan pejabat baru menggantikan pejabat sebelumnya. Hal ini penting untuk memperkuat road map yang ada dan memperkuat koordinasi yang telah dilakukan sebelumnya bersama pihak desa setempat. Hadir pada kesempatan ini adalah Kepala Desa Tangkit Baru, Sekretaris Desa, Kepala BPTP Jambi dan Tim Hilirisasi IPNT.

Pada sambutannya, Kepala BPTP Jambi mengulas kembali tujuan umum dari pelaksanaan kegiatan Hilirisasi Inovasi Produk Pertanian Provinsi Jambi termasuk didalamnya adalah kegiatan Hilirisasi Inovasi Produk Nanas Tangkit. Sejauh ini peran yang yang telah dilakukan merupakan sumbangsih dari Litbang Pertanian Kementerian Pertanian dalam memacu tercapainya upaya hilirisasi produk pertanian secara umum dan bersamaan dengan hal tersebut dilakukan penguatan diseminasi teknologi pertanian berdasarkan komoditas spesifik lokasi.

Diharapkan kemitraan yang terjalin dapat menunjang pembangunan pertanian di Kabupaten Muaro Jambi dan Provinsi Jambi pada umumnya. Khusus untuk nanas Tangkit Baru, BPTP Jambi berkomitmen untuk terus menjaga keberlanjutan kegiatan yang terintegrasi dengan program desa setempat. Saat ini BPTP Jambi fokus mendampingi terlaksananya inisiasi agrowisata nanas tangkit dan pengembangannya secara bertahap yang merupakan trigger untuk mewujudkan proses hilirisasi produk segar dan produk turunannya.

Bersamaan dengan penyampaian tersebut, Kepala Desa Tagkit Baru sangat berterima kasih  atas kunjungan Ibu Kepala BPTP Jambi ke Desa Tangkit Baru wa bil khusus dalam hal visitasi dan pemantauan progres kegiatan yang ada di desa tersebut. Kepala Desa menyampaikan komitmennya bersama perangkat Desa yang ada untuk terus memfasilitasi keperluan kegiatan Hilirisasi IPNT hingga mencapai target fisik pada Tahun 2021 dan akan siap merencanakan manajemen pengelolaannya untuk masa yang akan datang.

Untuk memperkuat data dan informasi secara menyeluruh terkait pendampingan kegiatan Hilirisasi IPNT, juga dilakukan keberlanjutan serap data dan informasi terkait respon pengembangan kegiatan dari beberapa informan kunci yang terlibat langsung dalam kegiatan pendampingan produk spesifik lokasi nanas Tangkit Baru ini. Data dan informasi yang diperoleh diharapkan dapat melengkapi gambaran umum yang lebih detail dan komplit  berkenaan dengan komoditas nanas tangkit. Selanjutnya, data dan informasi yang diperoleh akan dijadikan bahan untuk melengkapi buku Index Geografis (IG) Nanas Tangkit Baru.

Kegiatan ini dilakukan di kediaman petani kooperator pada kegiatan bioindustri nanas tangkit pada masanya. Hingga saat ini, petani mitra BPTP Jambi tetap konsisten melanjutkan rekomendasi teknologi budidaya nanas tangkit yang telah didiseminasikan sejak tahun 2015 lalu. Hadir pada kesempatan ini beberapa petani kooperator yang telah memberikan dedikasinya dalam mempertahankan aplikasi budidaya nanas tangkit dengan teknologi Litbangtan.

Pada kesempatan ini BPTP Jambi menyerahkan perangkat alat dan bahan kegiatan yang diharapkan terus menjadi penyemangat dalam menjalankan aktivitas pertanian nanas Tangkit Baru. Kunjungan Kepala BPTP Jambi berakhir ke visitasi lokasi area display yang terintegrasi dengan kawasan agrowisata nanas Tangkit Baru. (DN)