JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BENGKULU - Bantuan pupuk dari Direktorat Jendral Serealia Kementerian Pertanian untuk peningkatan produksi padi di Provinsi Bengkulu berupa benih dan pupuk. Bantuan pupuk NPK 15:15:15 dengan jumlah total 450.700 ton yang dibagikan pada Kabupaten Lebong 36.500 ton, Bengkulu Tengah 134.500 ton, Seluma 73.900 ton, Bengkulu Selatan 80.000 ton dan Kaur 125.800 ton. Penyaluran pupuk sudah dilaksanakan pada September 2021 dan sudah sampai ketitik bagi di kelompok tani penerima bantuan.

Untuk memastikan petani menerima pupuk sesuai dengan spesifikasi pengadaan, maka pada 7-10 Oktober 2021 dilakukan pengambilan sampel pupuk di titik bagi yaitu di kabupaten Bengkulu Tengah, Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur. Pengambilan sampel dilakukan oleh Jon Hendri, S.P., M.Si. yang merupakan Petugas Pengambil Contoh (PPC) Pupuk yang sudah bersertifikat dari BPTP Jambi, didampingi petugas dari kabupaten penerima dan pihak penyedia pupuk dari PT. Bina Agrosiwi Mandiri. Sampel pupuk yang sudah diambil selanjutnya dilakukan analisis pada laboratorium Balittanah. Dokumen hasil analisis menjadi persyaratan mutu pengadaan pupuk.

Metode pengambilan sampel pupuk mengacu pada SNI 19-0428-1998 tentang petunjuk pengambilan contoh padatan. PPC Pupuk harus memahami regulasi dan karakteristik produk, serta tentunya sudah disertifikasi oleh lembaga sertifikasi yang telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Semoga pengambilan sampel yang telah dilakukan oleh PPC dari BPTP Jambi, bisa menjadi dokumen pengawasan pengadaan pupuk yang berguna. (JH)