JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

TEBO - Cabai merupakan salah satu komoditas unggul strategis sub sektor tanaman hortikultura. Begitu pula tanaman cabai di Rimbo Ulu, Kabupaten Tebo yang sudah ada sejak tahun 1992. Cabai ditanam turun temurun sampai saat ini di Kelompok Tani Mekar sari (Ketua Kelompok, Pak Parmanto).

Pola tanam dilakukan secara tumpang sari dan monokultur. Penanaman selain turun temurun, cabai ini juga tahan terhadap serangan penyakit keriting yang mematikan. Pestisida nabati selalu diberikan melalui pemberian daun pepaya, daun sirsak dan tembakau yang difermentasi. Pemberian dipertanaman dilakukan sesuai intensitas serangan.

Pupuk yang digunakan juga pupuk organik dan pengairan melalui irigasi dript. Perbandingan tanaman dengan varietas lainnya telah dilakukan dan varietas lokal ini memberikan hasil dan performa  lebih baik. Pertemuan, kunjungan lapang dan diskusi dilakukan oleh LO Kabupaten Tebo, Penjab Kegiatan UPBS kedelai, serta Teknisi BPTP Jambi, didampingi Kepala BPP Bapak Firdaus dan Ketua Kelompok Tani.

Saat kunjungan lapang, Pak Parmanto berharap cabai yang ditanam turun temurun ini bisa dikaji lebih mendalam, dikarakterisasi, dianalisis atau bahkan dijadikan sebagai varietas unggul lokal bahkan nasional, sehingga bisa tersebar secara nasional. Hal ini sesuai arahan Kepala BPTP Balitbangtan Jambi Dr. Salwati, S.P., M.Si. yang mengarahkan agar tim SDG  bisa menggeliat kembali dan mengakselerasi, sehingga capaian VUB khas Jambi akan semakin banyak terdaftar dan dilepas secara nasional. (LI)