JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

MUARO JAMBI - Tingkat serangan penyakit kanker batang duku di Provinsi Jambi semakin merata hampir di semua kabupaten penghasil duku, tak terkecuali di sentra duku Desa Kota Karang Kecamatan Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi. BPTP Jambi sebagai instansi penghasil teknologi berperan aktif bersama pemerinah desa dan kabupaten dalam mendiseminasikan teknologi yang dapat mengendalikan penyakit kanker batang duku tersebut.

Rabu, 6 Oktober 2021 dilakukan peliputan kegiatan ini oleh TVRI Jambi di lokasi demplot kegiatan hilirisasi teknologi pengendalian penyakit duku di Desa Kota Karang. Acara peliputan dihadiri Kepala Desa Kota Karang, Ghofur, S.Pi., Camat Kumpeh Sobri, S.E., Petani Kooperator Yunus dan Ibrahim, Kabid Hortikultura DTPH Kabupaten Muaro Jambi Candra beserta staf, Peneliti BPTP Jambi Hendri Purnama, S.P., M.Si dan Dr. Desi Hernita, S.P., M.P., Koordinator POPT Kabupaten Muaro Jambi dan POPT Desa Kota Karang serta petani sekitar lokasi demplot.

Penyakit kanker batang duku disebabkan oleh jamur Phytoptoora palmivora. Penyakit ini mulai menyerang pertanaman duku di Kecamatan Kumpeh pada tahun 2010 dengan tingkat serangan sangat rendah dan saat ini tingkat serangan meningkat menjadi sedang. Hal ini disebabkan karena upaya pengendalian belum dilakukan secara maksimal.

Hendri Purnama, S.P., M.P selaku penanggung jawab kegiatan hilirisasi teknologi pengendalian penyakit duku menyampaikan beberapa metode yang telah dilakukan oleh BPTP Jambi dalam pengendalian penyakit duku yaitu:

  • Sanitasi kebun;
  • Aplikasi bubur bordo;
  • Aplikasi fungisida sistemik pada tanaman dengan gejala serangan berat;
  • Aplikasi pemupukan sesuai umur dan fase pertumbuhan tanaman;
  • Pembersihan ranting-ranting yang kering akibat serangan penyakit; serta
  • Eradikasi pada tanaman yang tingkat serangannya 90-100%.

Pengendalian penyakit kanker batang duku ini dilakukan BPTP Jambi bekerja sama dengan Dinas TPH Kabupaten Muaro Jambi. Dinas TPH Kabupaten Muaro Jambi menyediakan bahan baku bubur bordo berupa terusi dan kapur tohor untuk petani disekitar dan pemerintah Desa akan menyediakan sarana pupuk.

BPTP Jambi selalu siap melakukan pendampingan dengan aplikasi teknologi spesifik lokasi, demikian disampaikan Kepala BPTP Jambi Dr. Salwati, S.P., M.Si pada saat monitoring kegiatan ini tanggal 7 Oktober 2021. Duku sehat merupakan harapan seluruh petani dan kita semua. Selamatkan duku Jambi dan semoga lestari. (DH)