JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

KOTA JAMBI - Menindaklanjuti pelantikan pejabat esselon 3 dan 4 lingkup Badan Litbang Pertanian pada Senin (13/9/2021) lalu yang diantaranya termasuk Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Jambi, maka pada Rabu (22/9) bertempat di Aula Agroinovasi BPTP Jambi diselenggarakan acara Serah Terima Jabatan dan Lepas Sambut Kepala BPTP Jambi dari Dr. Rustam kepada Dr. Salwati.

Dalam sambutannya Kepala Badan Litbang Pertanian yang diwakili Kepala BBP Mektan Dr. Ir. Agung Prabowo, M.Eng. menyampaikan bahwa Kepala Badan Litbang Pertanian sedang mendampingi Menteri Pertanian dalam acara Pertemuan Menteri Pertanian Negara G20 di Italia yang pada kesempatan tersebut Indonesia terpilih sebagai Ketua Agriculture Working Group G20 tahun 2022.

Kepercayaan ini diraih Indonesia karena grafik pertanian Indonesia justru mengalami kenaikan di masa pandemi Covid-19 yang mengindikasikan bahwa sektor pertanian Indonesia selalu konsisten dalam mendorong sistem pertanian dunia yang berkelanjutan dan tangguh. Untuk itu Kepala BBP Mektan berharap agar semua lini/sektor dapat terus mendorong terbangunnya sistem pertanian yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat.

Lebih lanjut disampaikan bahwa BPTP yang berada di 34 Provinsi di seluruh Indonesia adalah ujung tombak Kementerian Pertanian dalam menghilirkan semua teknologi yang dihasilkan Kementerian Pertanian (Badan Litbang Pertanian). Untuk itu diharapkan BPTP Jambi mampu secara komprehensif melihat seluruh potensi sumber daya yang dimiliki oleh Provinsi Jambi agar bisa ditampilkan dan ditingkatkan untuk kesejahteraan masyarakat khususnya petani.

Dijelaskan ada 4 komponen teknologi yang harus dihilirkan oleh BPTP yaitu: 1) Technoware yang terdiri dari software dan hardware, 2) Humanware, yaitu sumber daya manusia yang akan menerima adopsi teknologi, 3) Infoware yaitu informasi yang dibutuhkan dalam memanfaatkan teknologi tersebut, dan 4) Organware, yaitu kelembagaan yang diharapkan mampu melakukan pengelolaan dan manajemen terhadap teknologi yang telah dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian. Melalui acara ini beliau berharap diperoleh hasil yang dapat dikerjakan bersama stakeholder lainnya untuk memajukan pertanian di Provinsi jambi.

Dr. Rustam yang saat ini menjabat sebagai Kepala BPTP Sumatera Barat menyampaikan apresiasi karena telah ditempatkan di BPTP Jambi dalam kondisi sistem manajemen yang sudah terbentuk dan staf yang kompeten sehingga memperlancar dalam pelaksanaan tugas di Jambi, termasuk juga kondisi yang kondusif ketika berinteraksi dengan instansi mitra, dan stakeholder lainnya.

Salah satu capaian di bidang pertanian yang baru-baru ini diperoleh oleh Provinsi Jambi adalah 2 penghargaan Abdi Bakti Tani untuk peningkatan produksi padi dan nilai ekspor komoditi pertanian yang merupakan wujud kerja bersama seluruh komponen yang ada di Provinsi Jambi. Mengakhiri sambutannya beliau meminta maaf atas kekhilafan dan kesalahan selama bertugas di BPTP Jambi dan berharap agar interaksi selama ini dapat memberikan kesan positif.

Dalam sambutannya Kepala BPTP Jambi Dr. Salwati menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama dan sama kerja yang telah dilakukan oleh seluruh stakeholder dengan BPTP Jambi sampai saat ini dan berharap hubungan kerja dan silaturahmi kedepannya akan semakin kuat, baik dan berkembang khususnya mendukung pembangunan pertanian spesifik lokasi di Provinsi Jambi. Beliau berharap agar diberikan arahan dan kerja sama sehingga kendala utama dan titik ungkit inovasi teknologi pertanian di jambi bisa lebih nyata.

Mengakhiri sambutannya beliau memberikan apresiasi kepada Dr. Rustam yang pada masa kepemimpinannya BPTP Jambi bisa tampil lebih baik dengan prestrasi-prestasi yang mumpuni. Kedepan diharapkan pola kepemimpinan beliau dapat diteruskan dengan lebih baik lagi.

Acara ini juga diisi dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan Kepala BPTP Jambi, penandatanganan berita acara serah terima jabatan DWP BPTP Jambi dan penyerahan cendera mata dari BPTP Jambi kepada Dr. Rustam.

Acara serah terima jabatan ini dilaksanakan secara hybrid (pertemuan fisik dan virtual melalui Zoom Meeting), dihadiri oleh Kepala Balitbangtan yang diwakili oleh Kepala BBP Mektan, Kepala BPTP Jambi, Kepala BPTP Sumatera Barat, Gubernur Jambi yang diwakili Asisten 3, kepala dinas terkait lingkup Provinsi Jambi dan kabupaten/kota se-Provinsi Jambi, stakeholder terkait lainnya, dan staf BPTP Jambi. (ps)