JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

KOTA JAMBI - Dalam rangka meningkatkan kompetensi peneliti lingkup Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) dalam melakukan analisis keberlanjutan program, BB Pengkajian mengadakan workshop Analisis Penelitian menggunakan Software Matrix of Cross Impact Multiplication Applied to a Classification (Mic Mac).

Workshop diikuti oleh satu orang peneliti Sosial Ekonomi (Sosek) dari 34 BPTP, seluruh peneliti Sosek BBP2TP dan beberapa peneliti dari kelompok peneliti lainnya dari BBP2TP. Kepala BBP2TP dalam sambutannya menyampaikan harapan semoga workshop ini bisa bermanfaat bukan hanya bagi peneliti Sosek namun juga bagi peneliti lainnya. Peserta juga diharapkan dapat menularkan kembali kepada peneliti lainnya di BPTP masing-masing. Narasumber dari workshop ini adalah Dr. Tatan Sukwika, M.Si. dari Pusat Sains. Acara dimulai dengan pembukaan oleh Kepala BBP2TP, dilanjutkan materi Analisis Mic Mac dilanjutkan dengan praktik Analisis Mic Mac hingga berakhir pada pukul 15.30 WIB.

Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengukur keberlanjutan, salah satunya Mic Mac. Mic Mac digunakan untuk penelitian dasar yaitu melakukan identifikasi permasalahan agar penelitian lebih efektif. Hasil analisis Mic Mac ini menjadi titik tolak bagi analisis yang lebih dalam, tentang faktor “apa” yang menentukan suatu sistem berada dalam keberlanjutan atau tidak. Faktor-faktor yang diidentifikasi dengan Mic Mac membantu para analis untuk melihat variabel-variabel kunci dan variable-variabel lain yang bisa membuat sistem stabil atau tidak.

Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini, peserta dapat melakukan analisis secara lebih terperinci pada kasus yang berbeda dengan hasil dan pembahasan yang berbeda. (DSG)